Tips Aman Berkendara Saat Hujan Biar Selamat Sampai Tujuan Bro

Berikut ini kita akan bahas tips aman berkendara saat hujan biar selamat sampai tujuan bro. Musim hujan datang jalanan jadi licin dan genangan air dimana-mana. Waspada tingkat tinggi sangat diperlukan saat-saat ini. Inilah beberapa tips aman berkendara ala Ridertua. Cekidot.

Baca juga : Tips berkendara di malam hari.

Berikut tips aman berkendara saat hujan :

  1. Selalu pantau kondisi jalan. Jangan sembarangan melibas genangan air. Bisa jadi di dalam genangan itu ada lubang dengan kedalaman yang lumayan tinggi bisa terpesorok.
  2. Jarak pandang menjadi terbatas saat hujan. Pastikan lampu kendaraan anda berfungsi OK.
  3. Ada baiknya anda mengurangi kecepatan. Hal ini diperlukan mengingat saat hujan jalanan menjadi lebih licin. Apalagi ditambah tetesan oli yang sering kita jumpai di jalan.
  4. Jaga jarak pengereman. Hindari mengerem mendadak.
  5. Jangan berteduh di bawah jembatan flyover, underpass, bawah pohon, papan reklame bahaya Bro ! Selain mengganggu lalu lintas juga bahaya kena sambaran petir atau roboh.
  6. Jika hujan sangat deras ada baiknya anda berhenti dulu. Apalagi jika jarak pandang sangat terbatas bahkan terkadang lampu juga gak banyak ngaruh saking derasnya hujan.
  7. Jika terjebak banjir, semula mesin masih hidup lalu kemudian mati. Maka segera matikan mesin. Cabut akinya. Dan dorong mobil atau motor ke tempat yang aman.
  8. Jika mobil tak bisa dievakuasi saat banjir maka tutup ujung knalpot, cabut aki, lalu mobil didongkrak dan diganjal dengan jack stand.
  9. Jika mobil terendam banjir jangan langsung dinyalakan bisa korslet Bro. Periksa saringan udara, sistem kelistrikan, oli dan pengapiannya. Dan langsung deh bawa ke bengkel.
  10. Pakai jas hujan yang model setelan bukan ponco.
Baca juga :Ini Yang Harus Dilakukan Setelah Mobil Terendam Banjir

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page