Lampu Depan Xpander Tidak Terlalu Terang

Lampu Mitsubishi Xpander
(Foto: MLDSPOT) Lampu Mitsubishi Xpander

Soal desain jangan ditanya namun lampu depan Xpander tidak terlalu terang, Informasi ini mulai beredar setelah beberapa media melakukan tes. Dan memang namanya LMPV tidak bisa berharap lebih dari tingkat kepuasan yang maksimal dari sisi terangnya pencahayaan lampu. Karena masih menggunakan jenis halogen  model biasa, hingga tingkat terang cahayanya masih dalam batas standar. Seperti diketahui, Xpander punya desain bagian depan yang kece abiz. Banyak lampu sehingga membuat tampilan Xpander ini jadi lebih atraktif dibanding kompetitornya.

Baca juga : Konsumen Mengeluhkan Cat Xpander Belang Apa Kata Mitsubishi?
Head lamp-Mitsubishi-Xpander
Head lamp-Mitsubishi-Xpander

Macam Lampu Pada Xpander

Xpander dilengkapi oleh beragam lampu pada bagian depan. Pada bagian atas terdapat lampu LED sipit yang merupakan positioning lamp. Lampu ini akan menyala jika tuas kenop lampu diputar satu kali. Ternyata lampu ini bukan DRL (daytime running light) namun hanya lampu penanda posisi mobil ketika maghrib/petang, atau sering disebut sebagai lampu kota.

Lampu utama Xpander punya dimensi yang lumayan besar. Terbagi menjadi 2 yang atas adalah low-high beam (lampu utama dan lampu jauh) dan yang bawah lampu sein. Lampu low-high beam ini masih menggunakan satu bohlam halogen standart warna kuning. Kelebihan bohlam kuning adalah jika saat hujan atau kabut maka sinar lampu masih bisa menembus.

Posisi Lampu

Ini yang amat disayangkan. Posisi lampu depan yang berada di tengah bumper membuat sinar lampu ditengarai menjadi sebab kenapa pencahayaan jadi tidak optimal. Jarak pandang pengemudi jadi tidak bisa jauh. Mungkin juga cocoknya hanya untuk perkotaan. Kemudian dari sisi kualitas materialnya tadi yaitu lampu halogen jenis biasa pada lampu utamanya.

Pencahayaan pada fog lamp juga begitu. Fungsinya tidak maksimal jadi hanya bisa menerangi buat marka jalan saja.

Lampu Bisa Diganti

Sebagai solusi mengenai pencahayaan pada Xpander yaitu ya ganti lampu. Sekarang lampu aftersales banyak sekali macam dan ragamnya. Anda bisa mengganti lampu standar Xpander menjadi yang lebih bagus kualitasnya.
Namun disarankan sebaiknya jangan memakai jenis LED. Dan lebih baik HID atau halogen. HID memang lebih mihil.

Karena titik fokus LED belum sempurna apalagi yang aftermarket. Untuk lampu kabut boleh pakai LED. Karena jenis lampu LED bercahaya putih. Dan khawatir kurang terang saat hujan turun, bisa diantisipasi dengan menggabungkan foglamp LED 3000 sampai 4000 kelvin.

Seperti diungkapkan diatas mungkin mengejar harga dengan kualitas lampu segitu bisa dimaklumi. Namun jika ini sebuah terobosan dan tiada cela ( lampu lebih terang) akan memberikan poin plus buat Xpander dan keberadaaanya semakin kokoh. Bukan tampang saja yang keren namun lampunya juga maknyuss.
Walau belum ada komparasi dengan kompetitor secara langsung namun jika ingin menjadi raja dan kuasai pasar rivalnya seharusnya sektor lampu penerangan juga harus memuaskan. Sudah ganteng namun juga byar byar lampunya ..yo pora..?

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*