Jika Vinales Tetap di Suzuki Apakah Bisa Peringkat 3 Sekarang?

Saat ini Maverick Vinales berada pada peringkat tiga dunia dengan 226 poin selisih 56 poin dari Marc Marquez, sebuah pertanyaan datang dari beberapa grup media sosial dimana menyinggung bagaimana jika Vinales tetap di Suzuki apakah dia akan bisa masuk 3 besar klasemen rider saat ini..?
Andrea Iannone pos-15 dan Rins pos-17 sebuah angka yang jauh dari harapan karena diluar 10 besar. Lalu kenapa bisa merosot begini hasilnya? Berikut jawaban dari Boss Balap Suzuki, Davide Brivio, “Terus terang saja, kami membuat kesalahan dalam beberapa pilihan teknis musim ini,” katanya

“Masalah yang dialami tim Suzuki musim ini diyakini oleh Davide Brivio karena pemilihan spec mesin Suzuki 2017 dan merupakan faktor kunci atas performanya saat ini, dengan ubahan mesin versi 2017 justru menciptakan masalah lain bagi  Andrea Iannone dan Alex Rins.
Ubahan itu adalah mesin versi 2017 dirancang untuk meniadakan masalah traksi pada musim sebelumnya. Tapi perbaikan itu tidak seimbang, dan pada gilirannya justru menyebabkan masalah dalam kemampuan bermanuver, dan berbelok.
Spek tadi sudah dibawa Suzuki saat tes privat di Jerez November 2016 lalu, dengan Iannone memberikan umpan balik positif. Feeling awal itu kemudian dikonfirmasikan kembali pada bulan Februari di Sepang. Baru pada saat seri Eropa bergulir berulang kali Iannone merasakan masalah itu selama musim Eropa berlangsung, apakah itu kesalahan dalam pemilihan mesin semua menjadi jelas.”

Bagaimana dengan mesin 2016..?
Menurut Davide Brivio mesin 2016 mengalami masalah traksi saat keluar tikungan, sehingga Suzuki membuat sebuah mesin yang lebih lembut dengan beberapa karakteristik yang bisa membantu rider di area itu, namun ternyata setelah musim ini, mereka menyadari bahwa mesin ini menciptakan masalah di daerah lain, seperti saat masuk ke tikungan, menikung. Pada dasarnya, mesin ini menghilangakan manfaat ini. Hal ini menimbulkan masalah di beberapa trek dimana pengereman dan masuk ke tikungan itu sangat penting. Ini adalah salah satu masalah yang Suzuki hadapi tahun ini.

Itu artinya belum tentu Vinales dengan mesin GSX-RR versi 2017 akan bisa berada di posisi 3 besar sekarang. Sama halnya dengan kondisi Yamaha saat ini.. Mesin Yamaha M1 2016 justru lebih kencang dibanding Yamaha M1 2017. Cuman bedanya Suzuki tidak punya tim satelit buat ngebandinginnya… Any Questions..?

Winglet Baru Suzuki GSXRR
Winglet Baru Suzuki GSXRR
Winglet Baru Suzuki GSXRR
Winglet Baru Suzuki GSXRR
Winglet Baru Suzuki GSXRR
Winglet Baru Suzuki GSXRR

 

 

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page