Toyota Siap Ekspor Mobil Ke Australia, Bagaimana Pemerintah ?



Toyota Siap Ekspor Mobil Ke Australia, Bagaimana Pemerintah ?
Toyota Siap Ekspor Mobil Ke Australia, Bagaimana Pemerintah ?

Di saat industri otomotif Australia mulai diambang kehancuran ( dimulai sejak Ford hengkang dari Australia beberapa waktu lalu kemudian diikuti oleh beberapa produsen lainnya dan terakhir General Motors meninggalkan Negeri Kangguru tersebut )Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMNIN) mulai bersemangat untuk menambah kuota ekspor mobil Toyota ke Australia. Inilah moment yang tepat !

Toyota Indonesia menganggap, adanya FTA (Free Trade Agreement) akan menjadi peluang besar untuk bisa meningkatkan kualitas ekspor. Walau di sisi lain karyawan industri otomotif Australia terancam di PHK karena adanya FTA.

Bersama Australia, Indonesia melakukan kerjasama FTA  yang seluruhnya tertuang di dalam Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia/IACEPA).

Dalam pertemuan mendatang yang akan membahas IACEPA, sektor otomotif juga akan dimasukkan. Sebelumnya Paul Grigson Duta Besar Australia untuk Indonesia menawarkan produk tekstil seperti alas kaki dan pakaian, produk susu yaitu skim milk dan skim milk powder, produk copper cathode, dan produk baja yaitu hot rolled dan cold rolled coil pada Airlangga Hartanto Menteri Perindustrian, agar mendapat keistimewaan bea masuk sebesar nol persen.

Dan sebagai gantinya, Indonesia bisa juga memasukkan produk otomotif dan produk lainnya agar mendapat keringanan bea masuk ke Australia.

Dalam hal ekspor mobil, Indonesia memang kalah cepat dari negeri tetangga Thailand. Thailand sudah terlebih dulu menikmati manisnya buah dari ekspor otomotif itu dan hampir 90 persen mobil yang dijual di Australia adalah hasil impor dari Thailand, Jepang dan China.

Semoga ke depan Indonesia juga kecipratan rejeki dapat kuota impor otomotif Australia yang mencapai 1,18 juta per tahunnya, sungguh pasar besar yang menggoda.

1 Comment

Leave a Reply