Yamaha Byson Dulu Tenar dan Sangar, Kini Memudar dan Terkapar… Ada Apa Nih…??

2013 Yamaha-FZ1 Midnight Black
Yamaha-FZ1 Midnight Black

Masih ingat saat dulu pertama kali diperkenalkannya Yamaha Byson ke tanah air menjadi angin segar pemotor memperoleh “Mini Moge” dan indenpun  mengular, pertama kali diluncurkan di Indonesia pada bulan September 2010, Yamaha pun panen dari bonsai Mogenya ini, mereka berpesta dimana sejak kali pertama diperkenalkan di Indonesia, Yamaha Byson telah berhasil mengaspal sebanyak 23.265 unit di tahun pertama kemudian akibat penambahan kapasitas produksinya meningkat terus berlipat hingga 100ribu unit tahun 2012.

Yamaha byson FZ
Yamaha byson FZ

Ada istilah tiada pesta yang tak akan berakhir kini menurut laporan penjualan Yamaha Byson mulai turun dan cenderung mengecil, Yamaha Byson sedang mengalami saat sulit dan bisa dibilang terkapar, lalu apa tanggapan Yamaha dengan kondisi ini? adalah M Abidin, GM Aftersales & Public Relations YIMM yang mengatakan bahwa hal ini tidak lain disebabkan keinginan konsumen yang berubah trendnya dimana mereka lebih suka motor dengan power besar dibandingkan tampilan modelnya dan lebih suka motor berfairing, kini semester pertama tahun ini saja hanya mampu melego 465 unit, weladalah.

Yamaha Byson 2010
Yamaha Byson 2010

”Dari tenaga, Byson tak terlalu besar, irit sudah pasti, karena injeksi. Tapi tidak masuk pada persepsi konsumen sekarang. Masih ada pasarnya, meski tidak besar. Pemesanan yang masuk jumlahnya tidak agresif,” ujar Abidin

Abidin juga menambahkan meski permintaan turun drastis namun tidak atau belum ada wacana untuk mendiskontinyu Yamaha Byson, karena kadang konsumen menanyakan produk lawas mereka.

Yamaha Byson FI 150 2015
Yamaha Byson FI 150 2015

Well Byson yang dulu sangar kini terkapar tak berdaya melawan arus.

4 Comments

Leave a Reply