Electric Supercar NIO EP9 dari China Pecahkan Lap Rekor Nurburgring

Rekor baru ditetapkan oleh pendatang baru dari China, NIO. sebuah perusahaan otomotif dari negeri titai bambu, dimana mereka telah mengklaim lap rekor baru di trek yang sangat panas di Nordschleife dengan supercar EP9-nya.
Semua rekor yang sudah kita dengar disana adalah Honda Civic Tipe R (front-wheel drive) dan AMG GT R adalah mobil rear-drive tercepat. Namun NIO EP9 mencatat Lap Time dengan 6 menit 45,900 detik, melebihi catatan waktu Radical SR8LM selama 2,1 detik dan Lamborghini Huracan Performante 6 detik dimana dengan catatan itu menjadikannya mobil produksi tercepat di Nurburgring.

Ini bukan pertama kalinya NIO membawa supercar listriknya ke Jerman untuk mencatatkan kemenangan dan torehkan Lap time terbaik. Tahun lalu, perusahaan Cina tersebut mencatat waktu putaran 7 menit 05,120 detik di sirkuit yang sama. Kondisinya tidak ideal, namun waktunya sudah cukup cepat untuk menempatkan EP9 sebuah rekor untuk mobil listrik. Upaya terakhir dilakukan dalam kondisi ideal, namun mereka tak yakin itu semua yang berubah.
Upaya rekor ini dijalankan dan dicatat oleh NIO sendiri, dan mobil tersebut disiapkan oleh perusahaan. Satu set ban ‘lengket’ ekstra, atau paket aerodinamik yang sedikit diubah dapat membuat perbedaan besar.
Meskipun begitu, rekor Nurburgring pertama ini mengundang kontroversi. Pabrikan dituduh menekan tenaga lebih dari mobil mereka. Dengan tenaga 1342 hp (1001 kW), NIO EP9 itu akan berakselerasi hingga 200 km/jam  dalam waktu 7,1 detik. Jadi disamping Lap rekor, hal ini menjadi senjata yang mutlak.
EP9 akan dibuat dengan jumlah yang sangat terbatas, dan pemesanan dibuka mulai saat ini. Perusahaan belum menetapkan produksinya, namun batch kedua dari mobil ini akan dibuat hanya 10 unit saja. Harganya mencapai 1,48 juta dolar AS.

Sumber: NIO

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*