Prototype Nissan EV “Blade Glider” Berkecepatan 190 km/jam Rilis di Jepang, Masuk Indonesia


ktm indonesia

Ciba, JEPANG—Tanggal 1 April kemarin, Nissan Motor meluncurkan “Blade Glider”, di salah satu fasilitas balapan di Prefektur Chiba, yang mengangkat performa kendaraan listrik (EV) menuju level yang setara dengan mobil sport, dan memperkenalkannya kepada media pers Jepang. Di masa mendatang Nissan merencanakan untuk memamerkannya di pameran mobil dunia dan event lain-lain, juga untuk menunjukkan kemungkinan masa depan dari kendaraan listrik.
Setelah menunjukkan model konsep di Tokyo Motor Show tahun 2013, Blade Glider akan meningkatkan pengembangan teknologi seperti power train dengan ‘Williams Advanced Engineering’, merupakan grup perusahaan F1 Inggris Williams yang juga menangani balapan EV. Nissan menyelesaikan dua model prototype pada musim panas selama 16 tahun, bulan Agustus di tahun yang sama mereka mengumumkannya di Rio de Janeiro, Brazil, dan memamerkannya dan mencobanya di Olimpiade Rio. Salah satunya sudah diluncurkan di Jepang.
Modelnya mengadopsi desain beraerodinamik tinggi seperti sayap pesawat berbentuk segitiga dan penamaan penampilan mobil yang melaju seperti peluncur (glider) untuk meluncur. Meskipun terkesan kompak pada pandangan pertama, namun mobil ini ternyata dilengkapi dengan tiga tempat duduk (satu jok pengemudi dan dua bangku belakang) dengan panjang total mencapai 4,3 meter, lebar keseluruhan 1,85 meter dan ukuran yang sebanding dengan mobil berpenumpang kelas menengah. Secara model pintu yang bertype flip-up ini   saat berkendara, adalah merupakan desain yang membuatnya mudah untuk masuk dan keluar baik dari bangku pengemudi dan bangku belakang penumpangnya .

Baterai lithium-ion dengan energi output sebesar 220 kW yang terdiri dari lima modul dan dua motor in-wheel dengan output mencapai 130 kW juga dipasang. Tenaga output maksimalnya sebesar 268 tenaga kuda dan torsi maksimum 707 Nm. Berat kendaraan juga sedikit lebih berat, yaitu 1300 kg dengan pemasangan baterai ber-output tinggi. Menurut manajer asisten Nissan’s Global Product Public Relations Department, Neil Leave, performa kendaraan listrik ini adalah “ akselerasi dari 0 – 100 km/jam sekitar 5 detik dan kecepatan maksimal 190 km/jam.”

Tentang tujuan pembuatan prototype, Mr. Live mengatakan,

“EV mempunyai gambaran performa yang ramah lingkungan dan fungsional lainnya yang kuat, namun ‘Blade Glider’ adalah tantangan kami  untuk menunjukkan bahwa akselerasi dan andling yang dinamis dimungkinkan dengan EV yang akan saya jelaskan….Sya juga akan menunjukkan permintaan orang akan model   yang disukai yaitu GT-R dan Fairlady Z, dan apa yang akan terjadi jika keduanya dijalankan dengan menggunakan 100 persen  listrik”.

Namun rencana  untuk menggunakannya sebagai model dengan kemampuan ekstrim dari Nissan yang telah memupus keinginan akan mobil terkemuka di dunia EV(mobil Listrik), karena belum ada rencana untuk model komersial atau dijual massal untuk saat ini.
Mulai bulan Maret, mereka merilis gambar promosi melalui kota Monako, yang terkenal dengan balap F1 Grand Prix-nya, melalui aktris Hollywood Margot Robbie di SNS…..  Menurut Rieb, direncanakan untuk memanfaatkannya dalam momen seperti pameran mobil dan acara motor shows di Turki, Timur Tengah dan Indonesia.

Be the first to comment

Leave a Reply