Honda Raih 57,9% Pangsa Pasar di Tahun 2012…Skutik 68% …!!!

Honda AHM 1

Menutup tahun 2012, PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil menyumbangkan 57,9% pangsa pasar di pasar sepeda motor nasional setelah berhasil menjual 4.088.888 unit sepeda motor sepanjang tahun 2012.

 Honda AHM 2

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), sepanjang tahun lalu penjualan motor di pasar domestik tercatat sebanyak 7.064.457 unit atau turun 11,8% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Di tengah kondisi pasar yang tertekan ini, pangsa pasar Honda justru meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 53,3%. Pencapaian ini semakin memperbesar selisih dengan pesaing terdekat menjadi 23,6% dibandingkan dengan tahun lalu yang berselisih pangsa pasar 14,2%.

Deputy GM Sales Division AHM Thomas Wijaya menyatakan keberhasilan Honda pada tahun lalu sangat ditentukan oleh kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap merek dan kualitas sepeda motor Honda, serta layanan yang diberikan melalui jaringannya. Kepercayaan masyarakat Indonesia adalah wujud nyata hasil kerja keras karyawan AHM dan dukungan penuh jaringan Main Dealer dan Dealer Honda serta perusahaan pembiayaan dan supplier merupakan faktor penting yang mengantarkan pencapaian ini.

“Terima kasih kepada segenap konsumen yang sudah memilih Honda sebagai alat transportasinya. Terima kasih juga atas kerja keras karyawan dan jaringan serta perusahaan pendukung Honda. Kami akan berusaha terus menemani konsumen mewujudkan mimpi, bersama-sama membangun negeri ini,” ujarnya.

BeAT-FI CBS Techno White

Pimpin pasar skutik 68%

Sepanjang tahun lalu, penopang utama penjualan Honda masih berasal dari model skuter otomatik atau skutik. Model ini berkontribusi sebesar 69,9 % terhadap total penjualan Honda pada tahun 2012 setelah terjual sebanyak 2.859.989 unit. Melalui angka penjualan ini, Honda semakin mengukuhkan diri sebagai raja motor skutik dengan pangsa pasar 68% dari total penjualan skutik nasional yang tercatat 4.208.219 unit.

Honda BeAT Series tercatat sebagai penyumbang terbesar terhadap penjualan skutik Honda dengan angka penjualan 1.466.185 unit diikuti oleh Honda Vario Series dengan 1.079.943 unit, Honda Scoopy 155.512 unit, Honda Spacy Series 155.856 unit, dan Honda PCX 2.484 unit.

Di segmen sepeda motor bebek, AHM berhasil menjual sebanyak 1.058.281 unit atau berkontribusi 25,9% terhadap total penjualan Honda. Dengan perolehan ini, pangsa pasar Honda di pasar motor bebek nasional juga meningkat dari hanya 55,4% pada tahun 2011 menjadi 57,1% pada tahun 2012. Kontribusi terbesar penjualan motor bebek Honda disumbangkan oleh tipe Honda Supra Series dengan angka penjualan sebanyak 526.294 unit diikuti oleh Honda Revo Series dengan angka penjualan sebanyak 363.599 unit dan Honda New Blade sebanyak 168.388 unit.

Di segmen sport, pencapaian AHM juga cukup menggembirakan. Sepanjang tahun lalu, tercatat berhasil menjual 170.618 unit. Model Honda New Megapro tercatat sebagai penyumbang terbesar dengan angka penjualan 122.237 unit, diikuti oleh Honda Tiger 20.872 unit, Honda CBR Series 17.635 unit, Honda CS1 4.165 unit, dan Honda CB150R StreetFire 5.709 unit.

“Setelah merilis Honda CB150R StreetFire di akhir tahun yang mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat, tahun ini kami akan melanjutkan upaya mempekuat penetrasi di segmen sport dan terus meningkatkan kepuasan konsumen di segmen matik dan bebek. Tentunya kami akan semakin memfokuskan peningkatan kepuasan pelayanan terhadap masyarakat Indonesia”.

Honda AHM 3

78 Comments

  1. Target AHM selalu tercapai, kalau tidak salah target 2012 55%. Giliran 2013 kalau tidak salah targetnya 60%. Kalau AHM sudah membuat target, yang lain harus waspada.

      • justru pekerjaan yang paling sulit dan tinggi valuenya adalah bisa membuat brand image bagus nempel di kepala konsumen dan bisa merealisasikannya ke transaksi 😀 … kalo sdm nya sudah mampu spt itu mau kerja di manapun perusahaan luar negeri pun akan laris manis tanjung kimpoi

      • @looking around
        ketika itu Honda belum punya kompetitor yang tangguh untuk melawan Honda… Y, S dan K baru masuk bukan? S dan K lebih parah karena minim supply sparepart, dan image itu terus terbentuk sampai sekarang. S dan K susah cari sparepart nya… padahal H pun sekarang sama cuma beruntung nya… produk KW H lebih banyak dari pada S dan K, dan sayangnya… pembeli produk2 S dan K malas pakai produk KW, bahkan indoparts untuk S pun jarang di lirik (kecuali terpaksa)…

        😉

      • lah sebelum honda berbenah yamaha malah sempat melampaui honda….skrg honda dah berbenah tapi masih banyak masalah…yamaha juga harus lebih berbenah dong…..orang kerja 100%..kita harus kerja 120% donk…..gtu ….kalo kata agnes..byar kita maju!

    • digarasi ane ada jupi 2004 msh perawan ting2 mesinnya, kakak ipar ane pnya vega 2000 msh moncer buat ngojekin buah tiap hari, ente klo mo bc cerdas dikit napa?

      • omong kosong,ngarang aja lho broo…produk yamaha mana ada yg tahan lama?yg lhoe simpen tuh bodinya emang yamaha tp mesinnya udah jadi mesin bajajk sawah..oversize mentok kalee

    • tetep 10 tahun pasti dah pernah ganti daleman mesin,minimal rante keteng,klo vega r 2005 saya,tahun pertama lgsg kena gigi trnmisi ke 3 nya,komstir obalk,rante keteng dah 2 kali klo ga salah,(dah di sodara,)n dah mau korter sekarang,tapi cover body mantap,klo supra x 100 saya 2004,mesin ganti rante keteng 2 kali,lom ada tanda2 korter,komstir masih bawaan,cover body dah beberapa retak2,intinya mesin awet karena perawatan n ganti oli teratur,

    • karatan dikit,bisa jadi karena delivery kehujanan n jarak jauh,tapi klo lama2 yamungkin bisa juga kayak old pikson dah banyak yg karatan sampe banyak bgt,waduh,..semoga yamaha dah perbaiki kualitas cat n rangkanya kusus nvl ini,

  2. gak honda ato yamaha sama aja ngibulnya, tu kan data distribusi ke dealer2 bkn data terjual aslinya motornya msh bnyk yg ngandon didealer, cb sf 5rb unit? Loncing tengah bln n sampe pekan ke3 des aja bnyk yg lom dpt yg pada inden malah ada dealer yg lom ada stok

    • ngapain bawa bawa nama yamaha, biar di kira netral ya 😀 …. maksud ente honda aja kali yang nyetok yah :mrgreen: sotoy kau

      • masalahnya klo ane jg bw suzuki emg ngaruh? Kan penjualan tertinggi 2 merk ini, lgan emg nyatanya gitu plototin tu dealer gak honda ato yamaha numpuk unitnya, katakan sejujurnya walo pahit.

    • lha namanya didealer rak yo gt tho? barang distok digudang.. asal stok mengalir gak masalah… lha kalo gak nyetok mosok ada yg mo beli CB 150 disuruh nunggu.. bentar ya mas terelisnya baru dilas… yang penting tengok distribusinya perperiode ..kalau stabil berarti laku tp kalau kadang 20rb bulan depan 13unit itu namanya ngejar target thok buat menuhin gudang

    • hihihi… jadi inget sama toko kecil deket kantor saya… sepiiiiiii puol kalo tiap pagi atau sore saya lewatin… ternyata omsetnya jua diatas 2 juta per hari… 😀 dipikir pikir duit dari mana hayooo? bisa jadi margin untung per itemnya sangat besar dengan cara kulakan partai besar dibanding toko lainnya yang lebih ramai tapi kulakan partai kecil dengan margin untung yang sedikit..

      • loh ahm beli komponen bukanya kulakan besar??????
        bagaimana bisa beli kulakan besar kalu brg yg kejual sedikit??????
        artinya barangnya lakunya lama sekali khan

      • kalu to ko ramai ngak mungkin tokonya beli kulakan kecil.

        toko rada sepi jual dikit untung banyak, lama-lama ditinggal pembeli

      • dipecah pecah mas bro… 😀 bisa didistributorkan ke toko lain yang lebih ngecer lagi (warung klontong)… atau di pecah di beberapa toko dengan 1 group .. bisa ikut kontraktor… bisa dijual dengan promotions package… banyak mas jalan menuju Roma… ya kalo ngecer 1 per 1 jadi dept stock dong…

  3. aneh ama yamaha sekarang, dulu keluarin mio, vega dan vixion sepertinya yamaha bisa jelas membaca kemauan pasar, sekarang keluari xeon rc gini, jadi keliatan buta pasar lagi.
    fino telat di keluarin, marketnya diambil scoopy, sekarang ragu masukin nouvo sx, nanti kalau marketnya sudah kemakan airblade baru kebakaran jenggot. salam dari pecinta yamaha

    • susah mas kalo harus ngikutin semua kepala manusia…5 orang aja dah beda…apalagi ribuan kaya sampyean…dah dr tahun brpa biker indonesia..( bkn fby aja)….minta R15 doang!….

  4. Rata2 orang d tempat ane pilih honda, krn nilai jual laginya yg tinggi trs suku cdangnya yg murah kr tersedia sampai Kw berapun..

    • saya juga ada gan,v 75,warisan bapak(dipake paman),yg asli di mesin kyknya cuma tinggal crankcase aja,blok ke atas .bandul magnet alfa punya,tangki dah bocor berapa kali,dah ganti,rangka dah diperkuat las2san,tromol masih asli di tambah daging,hampir semua dah gantian,tapi masih kuat buat ngarit paman,ya awet karena dah ganti hampir semua,hehehe

  5. Semakin laris semakin banyak ngibulnya… Trutama iklan yg ada tanda bintang kecil dilangit yg tinggi. Xixixi

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*