Walahhh ada suara aneh lagi di Vario 125 ‘wantufaif’…setelah 3000 km !!!

Hmmm setelah terbiasa dengan suara ngorok 🙂 kali ini ketika motor mencapai km 3000 ada suara aneh..”kletek-kletek” atau ‘tek-tek’ kala mesin panas dan putaran stasioner… (kalau gas dibuka ilang…) … RT coba bawa ke bengkel resmi(walau AHASS tapi kecil 900* )..dan pertama RT sempat dikasih tau kalau suara itu wajar dari kompresi yang tinggi… weeh RT gak percaya begitu saja dan ngotot minta dicek keseluruhan…

Kenapa RT gak percaya…? di tempat RT ada 4 unit Vario 125 baru…  punya temen kerja… setelah dibandingin cuma motor RT yang bunyi… semakin memperkuat dugaan ada yang aneh dengan mesinnya…

Lanjut ke cerita diatas.. motor suruh tinggal di bengkel RTpun pulang… pagi jam 8 diserahkan siang jam 2 diambil..lagi-lagi kata mekaniknya tidak ada masalah..sudah dicek.. ??? hmm akhirnya RT ngalah..dan berkesimpulan memang mekaniknya gak mampu..wong motor lain gak bunyi begitu… akhirnya RT datangin seorang kenalan mekanik  HONDA yang lebih besar,yang dirumah buka bengkel juga…kali ini memang mekanik senior pengalamannya tidak diragukan…setelah dengar suara tadi langsung bilang..tuh ada yang berubah kayaknya settingan injeksinya…dan suruh bawa ke beres besar saja yang alatnya lengkap lagian masih garansi ,karena menurut dia pernah juga ada konsumen yang mengalami keluhan serupa..cuman  yang nangani bukan dia… tapi karena letak bengkel besar itu lumayan jauh dan waktu tidak memungkinkan terpaksa servis ditunda…

Kesimpulan sementara ada yang berubah di settingan sistim injeksi… dan sampai saat ini saat memakai vario 125 ini masih ditemani suara ngorok(yang sudah terbiasa) dan suara kletek-kletek… tunggu saja hasil penanganan bengkel AHASS di artikel selanjutnya…

*tepatnya sih seperti ‘gesekan’ van belt yang mengenai besi ..cuman yakin bukan di bagian cvt-nya..suara di mesin (intake/filter udara)…dan hanya di putaran langsam… dan kadang muncul kadang ilang… pagi hari saat manasi gak ada bunyi itu,tapi ketika mesin sudah dipakai jalan dan stasioner bunyi itu muncul lagi…atau campuran bensin dan udara kacau..karena sudah servis kedua… ada saran suruh reset atau setting ulang injeksinya… 
Update: Masalah sudah terselesaikan problem solved klik disinihttp://wp.me/p1choC-5HB

Related Articles

146 COMMENTS

  1. kalau mau memastikan suara muncul dari mesin/cvt bisa dengan melepas belt dan rollernya.

    jadi mesin dinyalakan hanya dengan memasang pully depan tanpa roller.

    kalau vario lama bunyi tek2 karena rpm nggak pas yang membuat kopling dalam posisi tanggung.

  2. Kalau aku sih khas Honda, suara getar yg bersumber dari panel bodi di atas tulisan FI. Lebih keras drpd suara ngoroknya. Terpaksa jurus doubletape hijau dikeluarkan. Sekarang sudah sunyi lagi.

  3. Vario125 fiturnya banyak banget, ACG, Injeksi, SSS, Helm In, ngorok, bunyi klethek-klethek… pantesan penjualannya moncer, ngalahin Yamaha 😀

  4. wahh wah wahhh…
    gak bener tu matic mahondo..
    aku sudah ngerasa dari awal,palingan matic yang soakkk di artikel kemarin juga hondaaa…
    onetufef????pretttttt….
    mosok motor baru ud banyak keluhannn…biji mane coba,,pabrikan sekelas mahondo yang katanya ajibbb malah gak karuan parakke…

  5. Kurang Sedekah Kali Mbah… 😆
    Ngemeng² Artikel pertamax kletek²an Nih,,, :mrgreen:
    Dijamin Moncer istilahnya nih,, kletekan… 😉

  6. bagaimana kata f”Bh” atau kutang???
    fitur bletakk bletakk doorrr,ngorokk,dll,dll emang ad dalam matic mahondoo,,yang bikin MS meningkattt.

  7. walah, dah baca beberapa artikel, koq tiap kali ada masalah pada mesin (mau suara aneh lah, ini lah, itu lah) koq jawaban dari mekanik kebanyakan diseputar kompresi yang tinggi ya. ada apakah dengan kompresi tinggi ?

    • maksudnya gini yah bro…. Jika kompresi tinggi bermasalah di indonesia… kenapa pabrikan membuat motor dengan kompresi tinggi?

    • soalnya konsumen yang dulu pada minta ditambahin powernya, jadi dinaikin aja kompresinya.
      apa itu jawabannya ?

    • motor baru bro…. motor tetangga kalau baru launching jua bermasalah… (maksudnya tetangga sebelah rumah saya tuh) xixixiixii

  8. Om RT Vario-ku kemarin saya bawa ke Honda yang besar.. kata mekaniknya setingan bawaan toko rpmnya terlalu rendah 1300 trus dinaikkan menjadi 1700 dan prosesornya di setting ulang suaranya jadi agak normal.. nanti kalau kurang sip disarankan ganti busi lebih dingin. Coba aja om

    • masuk akal!!

      klo memang sembuh setelah rpm dinaikkan berarti duggaan saya (diatas) benar.
      yang bunyi hanya karenakopling dalam posisi tanggung,

      bisa jadi acuan untuk pemilik vario 125 yang lain.

      • 1700rpm??
        oalah….
        ntar jalan sendiri walau ga di gas..

        dddrrrrrrr……..

        ato abis lepas gas tp turun rpm lambat….
        geddeerrr….

        rrrrrrrrrrr…..

  9. makanya pak RT kalo punya motor baru di tumpengi dulu ngundang tetangga sebelah dan pengunjung warung seperti saya ini, di doain rame-rame agar nanti motornya barokah

  10. kemarin aq tanya ke ahm soal ngorok. ini jawabannya pak RT :

    Menanggapi pertanyaan dari Ibu Nurul Hidayati mengenai suara ngorok pada sepeda motor Honda Vario 125 PGM FI, kami informasikan bahwa Suara tersebut merupakan mekanisme kerja dari suatu mesin dan bukan merupakan cacat produk serta tidak mengganggu performa sepeda motor Honda, sehingga tidak ada komponen yang dominan dalam timbulnya suara tersebut.

    Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, terimakasih dan selamat beraktifitas kembali.

    Best Regards,

    Aprilina Ariyanti W.

    Contact Center Dept

    Honda Customer Care Division

    PT. Astra Honda Motor

    • Betul Om Santo, suara ngorok berasal dari system CVTnya, bukan dari intake manifold dari filter seperti yang didikira sebelumnya karena saya sudah mencoba copot manfol dan filternya malah suara desisnya keras banget, Saya sudah komplain ke Honda Pusat jawabananya sama..seperti diatas… oleh kepala mekanik Honda ditambah ditambah dengan kata2″jangan kuatir ada garansi 3 th atau 30.000 km”. Wah kok sederhana seperti itu … mungkin juga Honda sudah tahu dan sedang mumet mikir recall 500.000 motor padahal tambah lama tambah mahal biaya recallnya dan mempertaruhkan reputasi Honda.

      • harusnya pas pertama dapat (0-300 km) itu sudah ngorok… baru bisa dijadikan alasan bahwa suara ngorok memang normal mekanisme kerja mesinnya..
        tp kenapa baru masuki km 300 atw lbh, suara ngorok baru timbul..

        dan juga suara “kletek” setelah km3000…

        berarti ada “sesuatu” di konstruksi mesin tsb…
        entah bahan yg kwalitasnya rendah atw yg lainnya..

      • @no brand minded dari km o/dari baru juga dah ngorok bos,nih varioku,ngrok..ngrok,ga pa2 yg penting normal,tapi klo ngletek kayak punya pak rt tuh memang ga normal,punya temenku dah di klem lifter assy tensionernya,

    • minta ahass seting altitudenya bos,secara vartec 125 ni sistem injeksinya sepeti punya spx hlm in,n spacy pgm fi,klo motor di pake di ketinggian 0-2000 m dapl,pake mode 1,klo 2000-2500 pk mode 2,klo 2500-3500 mode 3,diatas 3500 m dapl ya pake mode 4,tapi umumnya diset di mode 1 setandar pabrik,,(di jawa,),klo motor injeksi honda lainya 3 tsbt ga perlu seting altitude/ketinggian,karena masih ada fitur MAP dan IATnya,sehingga tiap ketinggian bisa sesuaikan otomatis,

  11. “*tepatnya sih seperti ‘gesekan’ van belt yang mengenai besi ..cuman yakin bukan di bagian cvt-nya..suara di mesin (intake/filter udara)…dan hanya di putaran langsam… dan kadang muncul kadang ilang” -> gejalanya sama persis lho sama Vario keluaran 2007 saya, tapi kalo saya karena roller-nya udah abis n ngegesek sama rumah-nya… tapi ini kan wantufaif baru, mboh deh

  12. Karisma,supra x juga gitu pak rt,kalo dipake jalan agak lama dan mesin panas lalu berhenti ada suara tik-tik pak rt

  13. kyknya dr ini Pak RT:

    Perhatikan, dlm kondisi mesin hidup stasioner jika muncul bunyi kletek kletek… di sekitar blok silinder, kemungkinan komponen chain lifter (penyetel rantai keteng) mengalami kerusakan.
    Hal spt itu dialami vartech 125i milik saya (3800 km) dan satu yg punya orang lain (motor baru pake 2 minggu) di Cikarang.
    Meskipun penggantian komponen dan ongkos gratis (garansi) namun sparepart indent lima hari sampe seminggu.
    (postingan salah satu anggota grup Vario 125)

      • mungkin ga yah karena servisnya? kalau karbu biasanya kan setting karbu… kalau settingannya salah pasti ada effect negatif nya sedangkan kalau injeksi pastinya seting injeksi… kalau settingannya salah ada effect negatifnya jua…

      • nah tanya ke tempat servisapaajayg diubah, klo rpm idle kurangtinggi dikittinggal minta naikain.
        cara nyari rpm yang pas gini
        – pasang kabel tacometer yang ada di beres
        – nyalakan mesin
        – putar gas sedikit sampai suara yang dimaksud hilang tapi roda jangan sampai berputar.
        – lihat rpm yang tertera di tacometer
        – minta teknisi nyetel sesuai angkatersebut

        klo pake karbu sih tinggal naikin sendiri

      • klo tetangga cuma di cbr 150,cbr 250.revo at,n pcx bos kenthoet,yg ada iacvnya/idle air control valve sehingga langsam ga bisa di ubah2,sesuai setandar,klo yg lainya itu masih bisa di ubah2,

  14. makanya ane kalo mau beli motor baru biasanya nunggu paling ga 3 bulan setelah launching liat2 kali aja ada masalahn hehehe

  15. Coba rpmnya dicek pak rt udh 1700 belom kalo kurang biasanya pas idle atau langsam lampunya agak redup. Kalo belom juga cvtnya di overhaul aja kan ada paketannya tuh. Masih belom juga cek rantai ketengnya biasanya daerah situ yg suka bunyi kletek2nya. Kalo setingan injeksi berubah mending dibawa ahass yg ada diagnostic toolnya karena tiap ahass beda caranya ada yg pake kedipan mil ada yg pake diagnostic

  16. settingan injeksi yg mana pak rt? kl d vixion kan settingan injeksi cm merubah angka CO, atau merubah debit bahan bakar yg d injek kan ke mesin..msak dengan merubah itu jd ada suara aneh?? coz pngalaman tiap servis, beda mekanik, beda settingan angka CO, n g ada suara aneh2 gt (d vixion saya)..

  17. wktu itu ada yg bahasa tntang bunyi dan ngooorrook di forum milik honda di internet
    tp di apus ama admin stelah ada yg memberi saran tentang bunyi ngoroknya
    tanya kenapa

  18. podo karo beat kantorku pak RT, wis mbolak-mbalik bengkel yo masih tek-tek-tek pas stasioner. mboh apane kui.. tapi mesin masih jos ajah.. mungkin bonus iku hehehehe..

    #analisangawurbinngasal

    😀

  19. takut ketahuan bahwa sumber bunyinya berasal dari bagian yg amat sangat vital…
    yakni di bagian antara celah crankcase n crankshaft yng terlalu renggang yng mengakibatkan noise berupa suara ngorok….

    sarannya agar suara ngorok hilang ialah dorong crankshaft kearah puli kipas radiator untuk mengurangi celah antara crankcase n crankshaft, dgn syarat yaitu blm memasuki km 300 lebih…
    jika sudah… maka kerenggangan makin membesar dan sulit di perbaiki lagi…

    kenapa dihapus??
    karena “membuka kartu” bahwa bagian vital lah(crankcase/tulang tengah mesin dan crankshaft/poros engkol sebagai penggerak piston naik turun) yg menyebabkan noise(ngorok) tsb..

    dan kedua bagian tersebut adalah sangat sangat vital…
    jika rusak??
    belah mesin kosekwensinya.. sampai pretelin satu satu bagian mesin..

  20. kemungkinan besar memang suara dari rante keteng kendor pak rt,tapi bukan berarti rante ketengnya aus,tapi dari lifter assy tensioner lemah,punya temenku dah ada yg di klaim c2,gratis,cuma inden dulu barangnya,pzling lama 2 minggu,klo mau cek dulu/barang agi kosong ya LATnya,di gulung lagi yg kenceng n di setel kenceng buat neken rante keteng,klo suara hilang ya berarti dari situ,tinggal ganti beres,n gratis yg penting sarat ketentuan berlaku,hehe,buku servis,potokopi ktp ,stnk,1 lembar,n ninggal no telepon,buat di hub klo barang datang,

  21. wah kualitas ahass memang masih kurang ya?(padahal ada traeneng dari main dealer,ahm,terus ada ajang kontes mekaniknya juga,itu gara2 mekaniknya ga rajin belajar,padahal teknologi motor terus berkembang,mekanik tua pun klo ga ngikuti perkembangan teknologi yo bakal susah,contone mentang2 motor injeksi enek suara nglotok/ngletek jarene wajar,mergo kompresi gede,weleh2,klo konsumenya awam mungkin mempan tuh jurus,klo konsumenya bloger papan atas ya ga mempan lah,hehehe,

  22. SAMA BANGET PAK RT KAYA PUNYA SAYA, KALO SAYA DIIKUTI MESIN SUKA MATI SENDIRI KALO LAGI JALAN NDELOSOR KHAS MATIC
    punya saya udh mulain bunyi di 28++, belum smepet2 kbengkel gara2 kuliah melulu jadi kebengkel di km 3100, waktu itu di buka tuh kaya part lonjong2 gitu (kayanya bagian dari mesin) letaknya di kolong jok motor abis itu udh gak bunyi dah,

    TAPIIIIIII 3 hari kemudian bunyi lagi ya udh ane dtg lagi kebengkel di benerin lagiii,
    trus ane tanya kepala bengkelnya “bang ini ngapa coba begini terus, masa setiap bunyi huarus kebengkel melulu”
    trus kata dia “iya mas ini partnya emang jelek (dalem hati: klo jelek ngapa di jual nih motor), nanti kalo bunyi lagi di klaim aja mas, tadi juga sebelum nanganin motor mas ada juga vario 125, begini juga suaranya”

    Tapi sampe sekarang motor ane udh gk bunyi lagiii walopun belum klaim

    • Namanya early adopter resikonya emang gitu, jadi ‘kelinci percobaan’ pabrikan… ane nunggu semuanya beres dulu ah buat nyari pengganti Xeon… sambil nunggu Honda tralis jg…. yg mana duluan…

  23. kalau seting motor injeksi itu alat nya kaya gimana si? ada yg bilang pakai komputer gitu, tapi waktu service pertama cuma ada alat kotak item ada angka nya. tiap di gas naik tuh angka nya? apa itu alat buat seting mesin injeksi?(kaya kotak antrian di bank)

    kalau masalah ngorok si motor saya dari 300km baru keluar suara ngorok nya, pdhl waktu baru belum keluar suara nya, kletek2 juga belum keluar sampai skrg(1400km )

    • alat kotak itu buat seting langsam/idle aja bos,namny tachometer,klo seting injeksi pake laptop dai yamaha,klo honda cuma pake hids,kotak kecil,bisa reset n cek kondisi sensor2,dll bekerja normal ga,juga bisa pake scs konektor,kayak soket jumper aja,ntar di colok ke dlc konektor di motor,

      • nah tuh mulai 300km baru ngorok…
        lagi baru tidak……
        ada apa gerangan “isi” dari mesin wantufaif??

        masa baru 300km ada bagian yg sudah aus/termakan yng menyebabkan celah, dan celah tsb menyebabkan noise/suara yg lain ketika pertama kali konsumen mendapatkan motor tsb??

        ditambah suara kletek ketika stationer/langsam… memasuki 3000km…
        patut dicurigai tohh… jangan jangan ada bagian yg aus parah… lah wong barunya ga papa tohh..

        sama kasusnya pada new cbr 150 yg bersuara seperti halicopter… eh tau taunya camshaftnya sudah sempal… padahal baru 1500km…
        pie toh leeh… lehhh..

  24. waduh, blogger kok beli honda. kesannya masih pemula. tapi gak papa juga sih, biar semua jadi tahu kualitas honda yang sebenarnya.

  25. bisa mekanisme tensioner penekan dan plate penekan atas -bawah…ato pompa oli….sprt kejadian pada vrio 110….

  26. disinyalir salah satu fans boy kompetitor punya senjata br buat BC…yuk BC terus biar MS merk sblh gk mlorot…semangat!!! :-p

  27. sebernarnya solusi dari masalah ini apa?…, apa perlu motor direject?……saya mengalami nyendat2 / ngempos pada kecepatan 20-60km/jam. trus sekang kletek2 . kilometer baru 2800 km

    • sma gaaannn, tapi ane lebih sering tenaganya ilang-ilagan di 50-70 km/jam, jadi kerasa maju mundur gitu di kecepatan segitu, malu ane ama beat mio spacy kalo adu “tarik2an” setelah lampu merah, padahal gas udh polll

      • Jangan dikasih minum premium Gan, karena secara kompresi ni doi kudu minum pertamax!! ganti tu barang pake pertamax atawa shell. Pengalaman pribadi ane juga gitu, tapi setelah ganti minuman, ga ada lagi ndut-nduttan…

    • minta seting altitude mode satu ke ahass aja bos,klo ga cek busi/ganti/cek kabel coil ke busi klo terlalu nekuk ya tinggal aga di lurusin,share sesama pemakai vartech 125,semua ada solusinya bos,jgn panik,klo ahass kecil mekanike ga iso coba ke ahass besar aja,klo masih kurang puas telpon aja hc3/honda customer care center,gratis pulsa,no tlpon ada di ahass lupa,

  28. oh ya ntar pak rt bikin artikel tentang tangki bocor ga ya?wah sekedar saran buat pencegahan pak rt,kuras aja tangki rutin,biar air2 penyebab karat yang mengendap di bag bawah tangki keluar n ga menyebabkan karat krpos n tangki jadi bocor,ya paling ga 4 bulan sekali,he2 maaf ngajari,pengalaman pribadi pake motor honda yg tangkinya gampang bocor n ga pernh bocor dgn perlakuan seperti itu,

    • ganti pake tanki pulsar..
      kuras setahun sekali ga papa….

      padahal pulsar gampang bener besi rangkanya karatan… tp tangki kuat…..
      ada apa gerangan “bahan” dari tangki honda???

      apa bahan tanki untuk honda itu kwalitasnya dibawah bajaj yg notabene lebih murah…

      kenapa harga tanki tiger lebih mahal dari pulsar 200..
      dari kapasitas isi tanki, kwalitas dan ketahanan lebih bagus tangki pulsar 200..
      tanya kenapa??

      • jawaban gampang ya biar untung gede bos,hehe,juga pabrik tangki trus produksi,(karyawan ga di phk),klo pun bocor bisa di lem besi,jadi lem juga laku(penjual lem untung,pabrik lem juga untung),/klo parah juga bisa di las n dicat ulang,sehingga tukang las n tukang cet banyak order,wkwkwk.ben kabeh oleh rejeki bos,,,ngarang.com.

  29. langsung bawa ke ahass yg besar aja bro
    mhkin setelan awal di pabrik nya salah
    dan itu lumrah terjadi di setiap pabrikan motor

  30. wah itu mah biasa bro..
    soul gt gue lebih parah sob
    gue baru pakai 2700 km motor gue ngadat2 sperti kehabisan bensin
    apalagi kecepatanya diatas 50km/jam
    gue bawa ke bengkel resmi mekaniknya pd nyerah semua

  31. Vartech 125i saya sudah jalan 3800 km saat muncul bunyi kletek kletek. Bunyi itu bener muncul pas mesin stasioner, pas digas semakin menghilang. Karena cukup keras terdengar, saya masukkan ke AHASS di daerah Cikarang.
    Ternyata (bener apa kata bro Belalang Tempur), lifter assy tensioner Vartech saya udah jebol. Berhubung sparepart saat itu gak tersedia, motor terpaksa rawat inap sampai 10 hari.
    Sekarang sudah gak bunyi kletek kletek lagi, tinggal ngoroknya: gruooookkkk…

  32. Beli motor ya jgn yg pasaran, terhasut oleh omongan2, endi sek ngiret, harga second dijual msh laku tinggi, tp yen anyare wae da bermasalah la kalo da berumur 1 th ato lebih jadinya gmn….ha2x barang rongsok…

  33. Motor ane juga sama Agan-agan, KM 25++ muncul bunyi kletek-kletek pada saat mesin dipanasin dari kondisi dingin atau setelah dipake. Ane sudah klaim ke AHM 2 minggu lalu, dan barusan ditilpun ama AHAS tu barang udah dateng, namanya Lift Assy Tensioner. Wah payah juga nih honda, barang belum fix udah main lempar ke pasar aja…dulu new mega pro ane juga gitu, tapi kasus beda. Stang getar dan goyang pada kecepatan sekitar 60-70 km setelah turun dari top speed, karena ga ada solusi setelah bolak-balik AHAS, akhirnya tu motor ane jual dengan kerugian yang ga sedikit (baru 1 bulan pake), lha ini belon genep 3 bulan, WANTUFAIF aneh-aneh lagi. Jangan2 hondra trelis yang bakalan dikeluarin akhir kwartal 4 taun ini pun akan penuh masalah???, gimama nih hondahhhhh, ckckckckckckck..

  34. hAlo Bro, settingan injeksi ya kl bunyi kletek2.
    Sy jg pemakain vario 125, br jalan 500an KM, ga ad sih bunyi kletek2 kl ngorok sih ga ush di tanya lg,
    Cm mo tanya knp ini motor kl di matiin mesinnya, terdengar bunyi ‘tak’ di bagian mesinnya/bwh mesin. Seperti besi beradu. Saya pikir itu karet standar tengah hilang jd bunyi seperti itu, tp setelah di cek. Ada tuh baik2 saja. Knp lg ya ini motor

  35. Punya ane km 400 kmren bunyi kletek pas distater waktu mesin udah panas..trus iseng2 gedein setelan gasnya suara kleteknya jadi hilang….

  36. Saya baru membeli honda vario125 sekitar tgl 29 okt 2012 motor baru datang…pemakaian awal tdk ada masalah..masalah muncul setelah KM 700an..motor getar hebat saat posisi dari stop to go..service 1, hanya dibersihkan..jarak 100km kemudian getar kembali terjadi..langsung saya klaim ke honda astra pusat di semarang, itu aja susahnya minta ampun..jujur saya membandingkan motor saya yang YAMAHA mulai pelayanan smp kualitas..setelah saya “ribut2” BARU diganti..setelah jalan KM 700an..saat ini getar kembali lagi terjadi..yang saya keluhkan:
    1. pelayanan payah, saya klaim hari kamis…smp saat ini (sdh 3hari) tidak ada kabar..pdahal janjinya dihubungi..
    2. kualitas cat body, tidak jauh beda sama imitasi..kenu kuku aja udah beset2..
    3. belum 2000KM…sudah ganti busi n ganti CVT..dan saat ini lagi pengajuan CVT lagi..
    4. Kenapa tidak pernah ada recall untuk penggantian busi..katanya satu hati?? OMDO!!
    5. Tanggapan email n keluhan yang sangat lambat.

  37. Wtf sy jg kayak gitu, langsung ditangani AHASS, nginap 1 malam, esoknya selesai dan sampe saat ini tdk ada lg suara aneh itu kecuali ngrok ngroknya, blm ganti kipas krn di daerahku blm ada dan klu inden hrs nunggu sampe sebulan 🙂

  38. Wah beat fi ane jg bunyi ngorok n kletek kletek kalo jalan. Sempet takut pas bunyi kletek kletek takutnya dlm cvt ada yg lepas. Eh gak taunya karet ganjel standar tengah lepas. Jd standar tngah pas ngangkat keatas kna getaran mesin getar n bunyi kletek kletek. So ane ganjel karet ban ilang dh tu bunyi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives