[Cylinder durability] Diasil….SCEM….Electrofussion….Spiny Sleeve ….!!!

Ruang bakar adalah inti dari sebuah dapur pacu hehehehe..sama saja yah..maksudnya daya pacu kendaraan sumbernya dari sini… kalau bahan yang digunakan tidak handal dalam jangka panjang akan loyo dan drop tenaganya alias ngempozzz..keempat kontruksi & bahan silinder ini memang mempunyai tujuan dan bahan yang bermacam-macam…

Yamaha

DiASil Cylinder(Die Aluminium Silicon Cylinder) dimana mempunyai kelebihan:Performa tinggi,  ringan, pendinginan sempurna, tidak berisik, awet  dibuat dengan proses Die Casting (cetak)

Aplikasi: Mio J,MX,Xeon,Vixion

Suzuki


Suzuki Composite Electrochemical Material (SCEM ) blok silinder dengan liner berbahan aluminium yang diformulasi khusus (nikel fosfor-silikon-karbida)… SCEM membuat mesin melepas panas secara efisien untuk membantu menjaga suhu kerja optimum… system ini juga dipakai pada silinder Hayabusa,Suzuki TL1000S, V-Strom 650…

Jenis campuran bahan ini masuk dalam golongan Nikasil dan dipakai juga untuk mesin mobil formula 1..
aplikasi: hayate,Satria,skywave…

Kawasaki

SEC (Super Electrofussion Cylinder) dimana silinder seakan memiliki pori-pori yang dapat menahan oli pelumas didalamnya sehingga penggunaan oli tidak berlebihan,Permukaan lapisan  ini bersifat dapat menyerap dan menahan oli pelumas (porous) dimana dalam celah-celah halus inilah oli akan tinggal…karena “licin” gesekan minimal…

Aplikasi:Ninja 2 tak

Honda

Offset Silinder & Spiny sleeve

Spiny sleeve adalah lapisan yang menyerupai kulit jeruk di balik dinding silinder. Fungsinya untuk melepas panas lebih cepat… sedangkan Offset silinder desain yang mengurangi gesekan dinding silinder dengan piston(karena gaya gerakan piston cenderung tegak lurus)

Aplikasi: Vario 125,cbr 250, untuk offset cyl : revo,blade,honda integra 700

nikasil coated cylinder…

Yang jadi pertanyaan adalah …  lebih menguntungkan mana mengurangi gaya gesek atau memperkuat lapisannya…??? dimana keduanya mempunyai plus minus… atau bro sekalian sudah membuktikan kehandalannya… selama beberapa tahun…???


Related Articles

49 COMMENTS

  1. andi_liani (kaskus maniac) – 01/05/2012 02:25 PM #1
    [solved] Honda Spacy FI : mesin bergetar dan rem belakang tidak pakem Saya membeli Honda Spacy PGM-FI (Nomor mesin : JFA1E1012712 dan nomor rangka : MH1JFA115CK013796 tanggal 4 Januari 2012 melalui dealer Millenium Putra Motor Depok.
    Ada dua pokok keluhan mengenai produk ini, yaitu getaran di mesin dan rem belakang yang tidak pakem.
    Mengenai getaran di mesin, mulai terasa pada saat odometer menunjukkan angka 55km, terasa motor bergetar saat kondisi kecepatan rendah. Sebelumnya getaran ini tidak ada. Saya ingat sekali karena saat itu saya sedang mengendarai motor ini.
    Getaran mesin ini terasa mengganggu terutama jika motor sesaat akan bergerak dari kondisi diam sampai dengan kecepatan sekitar 10km/jam.
    Saat service KPB-1 tanggal 29 Februari 2012 (odometer saat itu menunjukkan 471km) saya sudah sampaikan keluhan kepada mekanik AHASS Millenium Motor mengenai keluhan getaran mesin dan rem.
    Saat itu oleh mekanik dilakukan penyetelan kerenggangan katup mesin, mengencangkan baut kom-stir, dan membersihkan rem belakang.
    Namun tidak menyelesaikan permasalahan secara tuntas.
    Getaran berkurang tapi masih terasa.
    Saat service KPB-2 tanggal 1 Mei 2012 (odometer 952km), kembali saya sampaikan keluhan getaran mesin dan rem tidak pakem ke mekanik AHASS Millenium Motor.
    Oleh mekanik, sistem CVT dibuka dan diketahui bahwa ada 2 (dua) buah roller yang kondisinya sedikit peyang/tidak murni bulat. Mekanik tersebut menduga bahwa hal ini penyebabnya. Sayang sekali saat itu stock roller di bengkel tersebut tidak ada sehingga sistem CVT hanya dibersihkan saja.
    Hal ini mengurangi getaran tapi tidak sepenuhnya menghilangkannya.
    Demikian juga mengenai rem, tidak ada penyelesaian yang memuaskan.
    Mekanik berusaha menjelaskan bahwa hal tersebut “wajar” di motor dengan sistem CVT namun saya membantahnya karena saya juga memiliki motor dengan sistem CVT dari produsen lain namun masalah getaran mesin dan rem belakang tidak pakem tidak terjadi di motor matik merk lain tersebut.
    Mohon perhatian AHM mengenai kualitas produknya ini terutama masalah rem yang merupakan alat utama keselamatan.
    —– update —–
    1 Mei 2012 : ane kirim e-mail ke CS AHM.
    3 Mei 2012 : dibalas e-mailnya dan diinformasikan bahwa AHASS terdekat akan menghubungi ane.
    4 Mei 2012 : kepala mekanik AHASS Millenium Motor menghubungi ane.
    5 Mei 2012 : motor ane serahkan ke AHASS Millenium Motor.
    6 Mei 2012 : ane periksa motor ane di AHASS Millenium Motor.
    Hasilnya :
    1. getaran sudah jauh berkurang.
    2. Rem belakang masih tidak pakem sama sekali. Kebetulan ane naik motor matik ane yg lainnya dan ane tunjukkan bagaimana pakemnya rem belakang motor matik ane yg lainnya itu (kalau ada yg bilang bahwa rem belakang wajar kalau kurang pakem – itu salah karena ane punya pembanding).
    Ane sarankan ke mekaniknya bagaimana kalau brake-shoenya dikikir atau dibuat alur (aneh juga ya, kok ane yg kasih saran :ngakaks )
    9 Mei 2012 : karena ane sibuk dan juga agar mekaniknya lebih teliti mengerjakan motor ane,jadi memang sudah janjian tgl 9 Mei 2012 baru ane cek lagi.
    Hasilnya : Oke.
    Kesimpulannya :
    1. CVT sistem dibersihkan benar2. Roller yg sedikit peyang tidak terbukti – bisa jadi salah di visual (sayang tidak ada alat ukur untuk memastikannya) – tapi, it’s okay. Sudah jauh berkurang.
    2. Brake-shoe diamplas sehingga menjadi kasar.Permintaan ane untuk dibuatkan alur di brake-shoe, ditolak oleh AHASS karena motor masih dalam masa garansi.
    So, saya rasa problem teratasi.
    Tapi, yg masih mengganjal adalah :
    – kenapa ide untuk membuat brake-shoe menjadi kasar (atau extrim sekalian – dibuat alur) datang dari ane ? :hammers
    – kenapa diawal tetep keukeuh mengatakan bahwa rem-belakang kurang pakem adalah karena sistem pengereman yg “60% depan – 40% belakang” untuk menutupi bahwa rem belakang kurang pakem adalah tidak wajar ? Setelah ane tunjukkan bahwa motor matik ane yg lainnya, rem belakangnya pakem banget, baru mau berpikir lagi ? :hammers
    Yah ……………. begitulah.
    Btw, penerimaan kepala mekanik dan mekaniknya sih oke dan sopan, cuma ane harus sedikit mendebat mind-set mereka.

    • mungkin dalam mind set mekanik, motor baru itu sempurna jadi semuanya bisa ditolerir padahal kadang terjadi juga cacad produksi mungkin kasus diatas kebetulan dapet motor yang cacad produksi.

      • beginilah konsumen… bayar pakai duit bukan daun mana mau dikasi produk cacat produksi… (tanpa melihat merk) produk apa saja deh… ngapain bela 2 in merk kalau kita galau makainya… mereka lah (para produsen) yang harus meningkatkan kualitasnya bukan kita yang konsumen yang harus memaklumi mereka…

    • supraku th 2003 dah skali ganti piston,
      overzize 0,25…
      Pdhl makenya 60-70km/j+rajin ganti oli…
      Shogun kebo th98.ku bwt alay di jalan wkt msh skolah pake knalpot racing+naek trun gunung bocengan baru skali ganti piston..
      Tp syng skrg dah tak jual bwt minanh new smash sr th 2008 mpe Skrg masih 0k…
      Pdhl dulu nich mtor sring di ajak adu balap mtor standaran di jalur pantura..,
      dulu pernah menang sma jupiter,vega dan supra sma2 standart…
      Skrg msin msh normal dan ok krna rajin ganti oli dan service tiap 6bulan skali..
      Ini hnya pngalaman saya..

      • Smash SR memang Top speednya pling top,

        pernah ku pakai yg tmen, tahun 2007, kecepatan 90 s.d 110kpj mudah diraih,

        gk tau tuh brpa top speedny klo sendirian, perkiraan sih bsa ampe 120Kpj.

  2. Ini mah punya sangkut paut sama piston juga pak RT saling ngelengkapi apalagi ngomongin durability. Ane nambahin ni pak RT sedikit tentang piston. Bahan pembuat piston kalo ditempat ane kerja dulu (kebetulan di bag.casting) ada 3. Aluminum ingot ac9a, ac8a, ac8b.

    1. Ac9a, suhu optimal casting 840 drjt C. Kriteria keras hampir mirip besi = semua jenis mesin 2 tak yamaha cth tipe : 4X8,3Xa,3Ka dll.
    2. Ac8a, suhu optimal casting 765 drjt C. Bahan yg biasa dipake di rata” cylinder = rata2 semua jenis mesin gasoline 4 tak motor mobil,termasuk diesel. Tipe” pistonnya. Honda: kvyg,kwbf,kvbf,kyza,kwn,kwca,keh,kbb dll. Yamaha: 5d9,4bp,4st dll. Kawasaki: an130,ka110 dll. Suzuki: fd110,xc321,xa681,xa601,xc231 dll. Mobil: d16d,4ja1L,4ja1,m100,4d34 dll.
    3.ac8b, suhu optimal casting 685 drjt C = yang pake cuma honda supra x125/kirana/karisma dg tipe piston kphf. Disisi piston ditambah molybdenum coated.

    Klo menurut saya tiap part saling ngedukung part lain,trmasuk piston n sylinder. Klo soal kelebihan n kekurangan blm bs jawab langsung, soale g punya semua, cuma salah satu 😀

  3. Supra100cc babeh ane tetep sehat tuh pdahal tiap hari wat angkut2 dagangan ke pasar mpe 80kg dg medan yg nanjak. Kayaknya yg pk cyl offses ga seawet itu dah.

    • supra x 100 cc memang badak beneran… tapi punya saya disayang bro.. dielus… mklum ini motor dari jaman smp…dari diboncengin… belajar motor. . sampai bisa nyetir sendiri.. sayang kalau buat angkat2

  4. tehnologi balap di terapkan ke motor harian,he he he pantes aja sekarang yg bawa motor walaupun pake bebek n metic ngebut aja di jalan, korban iklan.

  5. klo cuma dipake jalan 50 – 60 km/j mesti awet apapun teknologi yang diaplikasikan di cylindernya apalagi ganti olinya mengikuti anjuran pabrik.

  6. offset cylinder itu setau saya bukan di dinding silindernya, tapi di posisi piston pas lagi kompresi terus mendorong kebawah dgn hampir vertikal yaa ? CMIIW

    • gua aja motor smash yang katanya harganya murah belum pernah ganti piston dan ring ……? masih bilang kalau yamaha itu berkualitas…..?

  7. kalau cylindernya cb100 sama astrea prima itu type apa yah
    Soalnya gw ngerawat 2 motor ini dan gw akuin durabilitasnya jempolan

  8. idealnya sih untuk motor harian macam bebek meminimkan gesekan lebih ideal daripada memperkuat material. komponen lebih ringan mesin bisa dibuat lebih kompak, hasilnya tenaga dapet. cuma kalo untuk main kompresi lebih tinggi, & pengapian lebih maju kayaknya gak bakalan dapet durabilitasnya.

    dalam hal ini honda lebih pintar dalam mengefektifkan bahan. walau komponen dalemannya cenderung lebih ringan dibanding merk lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page

%d bloggers like this: