Setelah Satu Tahun steer Vario Techno gak nyaman..handling mbliyuttt…???



Pagi-pagi dengar komplain dari istri kemudi Vartech kurang nyaman,berat sih enggak…tidak seperti saat waktu pertama beli baru…yah iyalah sudah setahun…. 🙂  wah curiga neh apa alasan istri saja untuk minta ganti motor baru :mrgreen: …………. gejalanya handling limbung saat dijalanan mulus apalagi saat belok…seperti gejala ban yang kurang angin…kayak mau jatuh rasanya… wah pening(pusing) juga… ada apa gerangan… ???

Saya flash back, medan/route motor ini jalannya juga aspal bagus dan melihat yang bawa cuma istri saya antar-jemput anak sekolah..kok sampai segitunya berefek pada motor???… saya coba investigasi…”pernah dipinjem temen gak”… tidak pernah pindah tangan, jawab istri saya… dan “pernah kejeblos lobang enggak”..eh malah istri balik nanya ke sayah… ?? intinya motor gak pernah dalam kondisi ekstrim roda masuk lobang dll…

Kemarin walau belum waktunya servis rutin saya tune up,sekalian ganti bohlamp headlight yang putus satu…dan betulin pengendalian yang “tidak nyaman”itu ..begitu nyampai ke bengkel resmi Honda  saya ceritakan /keluhkan ke mekanik… belum selesai cerita dia sudah tau…oh.. itu stelan stirnya pak yang kekencangan…!!! loh kok bisa kencang sendiri… yah  roda masuk/kejeblos lobang pak biasanya tambah mekanik tadi meyakinkan…. oh…gitu yah…!!

Singkat kata motornya dibongkar tune up dan stelan stir/kemudinya di”standartkan” lagi jadi enteng dah… plong rasanya masalah terselesaikan… Tapi sampai dirumah masih tanda tanya apakah gerangan penyebabnya??? …. ternyata POLISI TIDUR….!!! yah di tempatku setiap ngantar anak sekolah melewati jalan kampung yang walaupun mulus beraspal disitu banyak puluhan POLDUR yang gak standart tinggi amir 🙁  ..busyettt baru nyadar… apalagi depan-belakang membonceng anak…tekanan terhadap roda depan saat melewati puluhan polisi tidur tadi bertambah…secara hitungan sehari 2 kali melewati jalanan itu kali 3oo hari lebih …!! apa gak benjol lama2 :mrgreen:

Kesimpulannya:

  • Pelan2 saat melibas polisi tidur..rumah setir bisa oblak..apalagi suspensi bebek…kalau motor sport shock bisa meredam lebih baik…
  • Kalau Ada perubahan fungsi /kenyamanan motor segera konsultasi ke mekanik bengkel resmi…jangan biarkan berlarut2…

“Kalau Lobang adalah rintangan dijalan yang bentuknya cekung..maka Polisi Tidur sama saja..hanya bentukknya yang cembung= kedua2nya bisa buat ban peyang….kadang kita melibas polisi tidur dengan disertai emosi dan gak ngurangi kecepatan sambil berkata dalam hati..jalan dah halus kok dibikin susah….”



87 Comments

  1. wah betul lobang poldur… sama-sama ngeselin… saya juga pernah ganti komstrir itu kalo gak salah…
    sering masuk lobang dan jalan yang berkerikil serta batu2… dan juga lolisi tidur…

  2. asseekk, dapet artikel bermanfaat. temen q eo lagi komplen kii . . .tapi meh coba ta betulin sendiri dulu, kemaren baut komstirnya sudah ta cek, tapi belum ta kendorin, malah ta kencengin. wkakakaka . . .

    • woh gitu yah… 🙂 tapi jangan kendor2… cukup sampai stir terasa enteng.. digetok pakai obeng besar dan palu…. tune up saja sekalian cuma 30 rb 🙂 plus cuci..

  3. Bnr bgt tuh mas vartech saya udh 2 thn jg udh 2 kali kaya gt stangnya malah dlu sempet pernah kendor jg ampe stangnya getar2 ga karuan gt… Salam Kenal mas…

  4. vixion ane juga pernah gitu, berat kayak ban kempes.
    udah curiga komstir oblak… pas ke bengkel ternyata cuma setel komstir, kekencengan katanya.. abis itu OK …

  5. artikel yg mantap, sy juga punya vartech dirumah, yg pake istri juga, tapi sy pernah pinjem buat ngantor, eh malah kepeleset waktu hujan, istri marah2 karna sejak kepeleset itu vartech sy jadi oleng gitu waktu ditikungan, sudah 4 bulan kaya gitu, ditanya ke bengkel ga ada yg tau mau benerin yg mana, pas baca artikel ini sy sangat senang, akhirnya masalah sy ada solusinya, makasih banyak ya om rider tua,,ohya, sy penggemar blok ini lho, hampir tiap hari sy pasti buka blog ini, thank you..

      • om, terbitkan dong artikel mengenai cara mengganti velg vixion tapak lebar dan memasang cakram diban belakang, soalnya sy punya vixi udah setahun kepengen banget pake ban tapak lebar dan pake cakram belakang, hehe

  6. koq vario lamaku gak spt itu yah..udah 5 tahun, ane tinggal dibogor banyak jalananya berlobang +poldur gak karuan bentuknya and smp skr fine2X aja tuh…berarti produk lama kwalitinya baik drpd yg skr ???????

  7. Coba lewat komplek yg pake speedtrap yg ga standar.. efeknya kayak poldur yg berjejer 5 ..xixixi..

    Biasa dari jauh seh biasa aja kyk garis putih jejer biasa langsung hajar aja agak pelan dikit… ternyata tinggi juga..

  8. Pelan2 saat melibas polisi tidur..rumah setir bisa oblak..apalagi suspensi bebek…kalau motor sport shock bisa meredam lebih baik…
    ————————————————————————————————————————–
    kalo vixi gimana mas?? 😆

    • yah walaupun vixi khan butuh waktu.. semua motor butuh waktu untuk turun fungsinya.. 🙂 kalau sebentar2 rusak yah beli motor impot sajah 🙂

  9. mungkin pernah masuk jurang,,, ehh lobang dengan sangat keras tapi nggak mau ngaku! biasalah alasan konsumen nggak mau di salahkan..

  10. wooo, meski cekung (lubang) ato cembung (poldur) tetep sama yo efeknya….
    malah polisi tidur bisa “membunuh’ lho, bbrp hari lalu, ada yg dlosor gara2 poldur dilibas kecepatan tinggi…

    • yah tapi bedanya lobang kan jarang dan selalu berpindah lokasinya…kalau poldur relatif tetap..dan kadang poldur sengaja kita libas karena jengkel..yah toh bro :mrgreen:

  11. hemzz… Patut di curigai ney si varo di rumah…
    Emang yang kerasa bagian depan nya saja kan pak RT..???
    Trs kalo bagian belakang ngak ada rasa yang aneh pak RT

  12. itu kalo bagian depan, kalo misalkan bagian belakang yg oleng2 kaya’ ban bocor gimana tuh om rt? velg gak baling, cuman shock sebelah kanan bocor (jupi-z). biasa nya apaan tuh om rt? shock kah? ato swing arm kah? ato apa?

    • kalo menurut saya paling sederhana laher roda. tinggal dicek aja, standar dobel terus di goyang bannya ke kanan-kiri. kalo oblak berarti laher aus. kalo tidak obalk coba cek bushing swing arm, digoyang-goyang sambil ngebor mas bro 😀
      kalo shockbreaker terasa limbungnya pas bukan di jalan kecepatan rendah.

  13. mas RT mantep banget nih artikelnya nambah wawasan dasar seputer troubleshoot motor. dulu CS1 saya juga pernah gitu, jadi setelan komstirnya berat parah, trus mekaniknya kaget pas mau servis kan di tes, trus dia bilang, waduh ini motor bahaya mas, komstirnya berat sekali, kalau belok dikit bisa jatuh ini. dan setelah beres service motor jadi sangat stabil lagi 😀

  14. Memang banyak mekanik yang sudah memiliki feling bagus terhadap motor. saya pernah ditanya , pernah jatuh? T-nya bengkong. Saya jawab ya. Padahal saya merasa nyaman saja.

  15. Lha sy malah nggak sampai setaun. 6 bulan stir dah goyang- goyang.

    Tapi ya memang jalannya off road.

    Dibawa ke ahass, dibenerin gratis. ( mungkin karena masih baru)
    Hahaha

  16. wkwkwk
    Yg bwh, saya bgt..
    Yg sering saya terjang biasanya rel kereta.
    Kalo poldur, pasti pelan 😉

    Btw, vartech kakakku baru 9bulan stang jg udah berat kang.
    Kalo buat belok berat baliknya, spt ban kempes,padahal angin penuh.
    Paling gr2 jg poldur

    • intinya pemilik motor harus tanggap akan tunggangannya… banyak biker yang gak enak dikit dibiarin saja..ini berlaku untuk semua merk motor… 🙂

  17. Mas itu gambar no 2 bukan kerangka vario tekno( kvbs) tp kerangka vario biasa (kvbw),,jelas sekali perbedaannya

  18. artike bagus nih. pembelajaran yg keren. kadang kita taunya cuma pake tanpa tau kondisi jalan yg dilewati. trus klo motor kenapa2, yg disalahin yg buat motor. masa’ ya ada sih pabrikan yg rela menjatuhkan image-nya dg memproduksi produk cacat? ane pikir sangat beresiko apalagi utk pabrikan besar. image sangat perlu dijaga. jadi, sebelum ngomong aneh2 keluaran mending ya konsultasi sm mekanik beres. jadi konsumen yg lebih “bijaksana” krn pasti ada jalan keluarnya..

  19. bukan saja motor yang kena mas, saya jalur pergi aja sktr 33 poldur, jalur pulang lebih banyak lagi. sehari sekitar 70 an.. sampe bemper ane atit kalo dah nyampe rumah.. hadoooh atttiiiiitt

  20. wah ini info yang sedang aku cari bro…, aku juga lagi stres nih gara2 mikirin motor varioku kalau di bawa di turunan atau di tanjakan terasa oleng kaya mau jatuh tapi kemarinn kata mekanik bengkel katanya masalah komstir kendor dan sekarang udah di kencengin tapi masih tetep aja gk ada perubahan kenapa itu yah bro???

  21. Kalau semua komplain gara2 menghantam polisi tidur setahun bagaimana baru 3bln sudah sert tak pernah menghantam lobang atau polisi tidr keluhan lain kalau nikung miring pantat ngebuang dan pagi akselerasi lelet

  22. woh apakah itu yah yang terjadi pada vario saya.. saya kira karena banya ngak rataa.. jadi gak enak buat belokkk… oke tengkyuu segera di cekk

    wwww.duniatraveling.co.id

Leave a Reply