[Review Komentator]: Komentar terseru minggu ini…! About RCV Vs M1

Komentar dari bro 58 ( sudah bisa jadi blogger juga nih sepertinya) πŸ™‚ terlihat sekali sebagai penikmat motogp… mantaf komentarnya…mau tau komentarnya seperti apa… ?

RC212V kencang?
Itu jelas, tidak ada yang membantah.
Tapi apakah tahun 2011 RC212V memang benar-benar di atas M1 untuk memenangkan race?
Ini yang patut dipertanyakan.

Kita berandai-andai saja.
Hilangkan Stoner dari kejuaraan MotoGP 2011, maka Lorenzo akan menjadi juara dunia walaupun absen dari 3 seri terakhir.
Seandainya Rossi tetap di Yamaha dan Stoner tetap di Ducati, duo M1 dipastikan tetap langganan podium seperti musim 2008 – 2010.

Simak komen Pedrosa & Dovizioso mengenai impressi mereka atas RC212V versi 2011.
Kompak mereka menyatakan tidak ada perbedaan signifikan dengan versi 2010 sejak paruh musim ke-2.
Bahkan sampai saat-saat terakhir sesi winter tes, Pedrosa bingung menentukan chassis mana & base set-up mana yang akan dia pilih.
Versi 2010 atau 2011, karena impressi-nya sangat mirip.
Lebih lanjut, Dovizioso yang lebih to the point mengatakan faktor pembeda utama dengan musim lalu adalah masuknya Stoner.
Lap time yang dicapai Stoner memaksa ketiga pembalap pabrikan Honda lainnya meningkatkan limitnya saat membawa RC212V.
Secara mental psikologis, pencapaian Stoner meningkatkan rasa percaya rekan-rekannya akan kemampuan RC212V yang selama 3 tahun sebelumnya dipecundangi M1.
Pedrosa, Dovizioso, & alm. Simoncelli jadi punya pattern baru soal limit kemampuan RC212V.
Teknisi Honda juga jadi punya spirit baru dan tuntunan baru dalam melakukan setting motor tiap race.

Lihat pencapaian Spies & alm. Simoncelli yang sama-sama di tahun ke-2 nya di MotoGP dan sama-sama memakai motor pabrikan.
Prestasi Spies lebih mengkilap, baik dari sisi klasemen maupun pencapaian juara race.
Sama saja dengan tahun 2010, dimana Spies mengungguli alm. Simoncelli saat mereka berdua masih di tim satelit.

Paling gampang mengukur kemampuan RC212V yang sebenarnya adalah saat Pedrosa absen karena cidera.
Hiroshi Aoyama yang memakai motor Pedrosa tidak bisa berbuat banyak.
Prestasinya sama saja dengan saat memakai RC212V tanpa transmisi seamless.

Di seri Valencia kemarin, trio Yamaha selain Ben Spies: Cal β€œrookie of the year” Crutchlow, Nakasuga, & Josh Hayes yang minim pengalaman bisa mengalahkan Hiroshi Aoyama & Toni Elias yang jauh lebih pengalaman.
Saat kondisi sirkuit licin & cuaca tidak menentu, keseimbangan motor & power delivery yang yahud sangat memegang peranan.
Nakasuga & Josh Hayes yang baru pertama kali turun dengan M1, bisa melibas Aoyama & Elias.
Terutama Hayes yang harus mempelajari sirkuit, ban bridgestone, rem serat karbon, & karakter M1 sekaligus, toh bisa mengalahkan Aoyama & Elias.
Any question?

Nah untuk lebih yakinnya kita lihat di 2012..bagaimana kisah M1 Vs RCV πŸ™‚ motor apa ridernya yang top markotop…

52 Comments

  1. intinya, masuknya stoner membawa sepirit baru untuk membejek GASS sedalam dalamnya, menggunakan skilll max, mesin di bejek habis, insinyur di tantang abis , hasilnya?????ckckckckck, HOTT

  2. Bukankah hampir di setiap sesi latihan, kualifikasi dan race RCV selalu dominan Pak RT? Ditambah hasil uji RCV 1000cc juga masih dominan. Justru kekalahan pedrosa dari lorenzo adalah karena mental figt lorenzo. Kalau pertanaannya dibalik, Bagaimana seandainya Lorenzo nunggang RCV? Terus komen Dovi yang seperti itu menunjukkan bahwa selama ini dia memang gak pernah mau memaksimalkan motor, dia baru ngoyo karena malu tertinggal jauh dengan Stoner. Pantesan dilengserkan.

  3. @Mas Wiro
    Oke juga pertanyaannya, dalam posisi seperti itu pasti masing-masing rider betot gas puuool. Tapi kok bisa nyusul padahal jarak cukup jauh? Sing nguntir gas opo mesine?

  4. misalnya hilangkan stoner, coba hilangkan lorenzo. motor kenceng kalo pilotnya gak bisa, ya basi lah. Teamwork. Triforce, motor rider sama mekanik

  5. Apanya yang mantap om??
    Cuma seandainya aja, skalian aja seandainya adriana yang balap juara terus tuh, pembalap yang lain pada ga mo nyalip lebih asik lihat dari belakang πŸ˜€

  6. jujur pasti susah diakui, kalo yg lebih jago sebenernya pembalapnya bukan motornya. tp motor jg penting, tp setelah pembalapnya.

  7. Analisa yang kurang valid karena mengabaikan kenyataan bahwa honda cepat karena memakai teknologi kopling yang hebat sehingga mampu melesat lebih cepat saat keluar dari tikungan.

    • ya itulah yg didapat karena penggunaan mesin V, torsi yg besar. Makanya waktu exit cornering lebih ngacir.

  8. Coba yamaha pake mesin V4 lagi kayak dulu ya, mungkin kejadian kayak di valencia kmarin gak terulang lagi. Maklum mesin inline kalah torsi dari mesin V.
    Tapi menurut saya seimbang lah antara M1 dan RCV. Honda musim ini menang karna stoner. Andai stoner gak ke honda, belum tentu pedrosa podium pertama terus.
    Ingat, yamaha belum pake mesin V dan belum pake kopling super cepat… tapi bikin honda ketar ketir. Gimana kalo udah pake kedua komponen tsb???

  9. @MSI Big Bang XPower II X79 :Ini perhelatan kelas dunia bung !!! semua tim mengeluarkan seluruh kemampuan terbaik yang dimilikinya untuk membuktikan bahwa dia yang terbaik di hadapan dunia…
    menurutku Yamaha bukannya tidak mau memakai teknologi itu tetapi memang teknologi mereka yang tidak kesampaian kesitu…terbukti dari dulu power m1 selalu kalah dari rcv..
    Yamaha unggul dari teknologi handling motor..sampai sekarang honda juga masih kalah stabil handlingya dengan yamaha, walaupun tahun 2011 ini honda lebih stabil dari tahun 2010 kemarin…tetapi untuk kelak kelok masih kalah sama yamaha…
    Jadi kesimpulan dari ane jika dinilai:

    Honda
    Power:8
    Handling:7

    Yamaha
    Power:6
    Handling:9

    • kalo masalah mesin V, yamaha udah bisa bikin bung hahahaha…. liat yzr500, itu udah V4. Yamaha OX-99-11, itu mesin V10 bung.
      Yamaha kalah power? Hahaha…. Liat yamaha M1 era 990cc, powernya 240 hp, setara dengan RC211V yang 240 hp juga padahal 5 silinder hahaha…. RCV masih kalah dari GSV-R & ducati GP dalam hal power.
      Masalah kopling, nanti yamaha juga akan nyusul pake kopling sakti

      Honda
      power: 8 (210 hp/155 kw)
      torque: 8
      handling: 7
      gearbox: 9

      Yamaha
      power: 7 (200 hp)
      torque: 6
      handling:9
      gearbox: ???

      Suzuki
      power: 8 (215 hp)
      torque: 7
      handling: 7
      gearbox: ???

      Ducati
      power: 9 (230 hp/170 kw)
      torque: 8
      handling: 6
      gearbox: 8

      Power beda 10 hp aja dah belagu. Malu tuh sama ducati yg bisa digeber ampe 20000 rpm

  10. kl power ane kira semua banyak yg sepakat kl motor motogp dah over power, seperti dungkapkan spies, wo dont need more, tp torsi di putaran bawah menengah yamaha masih klh dengan honda, putaran atas hrsnya yamaha yg menang (karakter mesin v menang torsi klh power, inline menang power klh torsi).

    yg kadang orang suka lupa kenapa honda mendominasi tahun ini, honda punya 4 motor spek pabrikan, kl satelitnya biasa aja. selain itu semua pembalap honda ex juara, stoner motogp, pedrosa gp 250 n 125, dovizioso gp 125, simonceli gp 250, aoyama gp 250, elias moto2. honda punya dua alien (stoner n pedrosa) n dua calon alien simonceli n dovizioso. yamaha cuma punya satu alien lorenzo, dan satu calon alien spies. cutrclow biasa aja di 800, n edward dah tua.

    perkiraan ane thn depan podium akan lebih banyak yamaha dg masuknya dovi n meninggalnya simonceli. praktis honda tgl pedrosa ma stoner, sdgkan yamaha ada lorenzo spies n dovi. aplg jika yamaha dpt sponsor, rndnya bisa makin kenceng. ga kaya skr. di brno lorenzo br dpt mesin baru.

  11. tetep honda doong paling buanteerrr!!!!!! + joki stoner yang bisa memaksimalkan motor nggak kayak pedro atau dopi!! sayang sang mendiang tidak ikut serta tahun depan..

  12. Intinya dah terjawab => yg juara dunia stoner nyemplak rc212 ya udah yg unggul rc…
    Klo dihapus tuh nama stoner + lorenzo…masi megang rc212v
    Sori ben spies aja menurutku skillnya dah setara pedrosa/divisioso..tp jujur sangat syg m1 hnya unggul di handling dan trek basah…klo trek kering rc212 terlalu jauh..

    Tapi gk selalu gitu..liat race laguna seca…terbukti rc bisa selihai m1 tp jgn dipungkiri power rc terlihat digdaya…m1 kalah telak dan perlu diingat yamaha sepertinya blom bisa meracik kopling pintar ala rcv….knp setelah semua tahu honda make kopling pintar tp semua tim tidak mengikuti? Krn tentunya teknologi ini selain spesial dirahasiakan juga bisa saja dipatenkan dan ini yg membuat yamaha harus mengakui klo mereka kalah..klo rider..baik stoner dan lorenzo seimbang..

  13. Komentar yang aneh, alias koplax…. masa pakai alasan coba hilangkan stoner…
    kalau gitu bisa juga bilang coba hilangkan lorenzo…
    tetap yang menang Honda….
    Coba BUKA MATA LEBAR-LEBAR….
    SPIES yg konsisten tampil pakai M1 pabrikan kenapa kalah sama Pedrosa sampai akhir musim yang absen 4 seri akibat cedra..

    Any question….????

    • coba diitung spies dlosor (dnf) berapa kali setau ane sama dengan pedrosa, spies belum setara dg alien, spies br menang dry race sekali. bandingkan dg rossi waktu di yamaha.

      kl di 1000 ane liat ceritanya lain, kliatannya spies bakal lebih bicara banyak,

  14. secara stoner masuk ducati dan langsung juara, faktanya saat itu desmo sdh lebih dulu meriset mesin 8oo cc dan terbukti power desmo unggul dari lawan2nya terutama trek lurus, ditahun berikutnya dimana lawan2nya sudah meracik mesin untuk menandingi power desmo stoner kteteran, skarang stoner pindah ke honda dan faktanya pula honda sudah meriset kopling yg jauh lebih maknyus dari lawan2nya…. apakah ditahun ke 2 nya stoner akan digdaya spt 2011…????? kita sama2 lihat saja apakah stoner masih bisa jadi kampium….

  15. Busyet….
    Komennya panjang, tapi tetep maksa πŸ˜€

    faktanya M1 diasepin RC ditrek lurus. dan itu bukan cuma spies. Lorenzo jg udah pernah kok….. :mrgreen:

    M1=jago handling, RC=jago mesin.
    handling M1 cuma bisa nganter Lorenzo diatas Pedrosa.
    Mesin RC, snggup nganter Pedrosa hampir setingkat Lorenzo. dan nganter Stoner ke level Alien.

    Dovi??? cuma penggembira aja. makanya didepak ama Honda. motor udah Gres. usaha Minus.

    • nganter stoner ke level alien? sebelum di honda stoner jg dah alien dengan kemenangan terbanyak di era 800cc. liat aja prestasi melandri hayden n rossi waktu di ducati/

      lebih tepat, stoner mengantar RC212v (honda) jadi motor alien n juara dunia.
      dovi penggembira tp 3 di champion ship, gmn dg rossi spies pedrosa n simonceli? berarti pembalalpnya cm stoner nlorenzo?

  16. @rc110 rider setuju bro masing2 ada kelebihan ada kekurangan..nih yg nulis artikel dah jelas arahnya kmn..siap2 FBH pd ngamuk..

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*