Exhaust sound alat intimidasi dan cari perhatian para rider…!!!


Exhaust sound atau suara knalpot memang sangat mengganggu bila tidak difungsikan sebagai mana mestinya sesuai standart kebisingan..tapi ukuran standartnya berapa sih dan bagaimana..gak usah pusing2 pakai saja knalpot standart pabrikan :mrgreen:

Alat intimidasi

Pernah saya naik motor nyantai… tiba2 dari arah berlawanan datang motor dengar suara knalpot yang keras minta jalan seolah2 suruh saya minggir karena dia mau salip motor didepannya dengan gaya yang arogan plus mainin gas memberi kesan mengintimidasi saya………………geram juga dibuatnya ….mau juga rasanya tak hadang tuh motor dengan berhenti saja dan menutup jalannyaΒ  tapi akhirnya saya sadar..saya masih waras :mrgreen:

Alat cari perhatian

Ingat pada waktu kampanye segerombolan rider berkolaborasi memadukan alunan suara knalpot bodong /plong tanpa peredam/silencer…. busyett padahal dalam hati bukan simpati yang mereka dapat tapi mangkel iya..

Alat pamer

Motor bebek kalau pakai knalpot standart sunyi senyap..untuk menunjukkan kepada khalayak bahwa “sang pangeran” lagi nongkrong di motor bebeknya, dibuatlah suara knalpot pecah yang bikin sakit telinga……….puas..puassss kata thukul πŸ‘Ώ

Fungsi sebenarnya:

Suara ledakan bahan bakar yang disulut percikan api di ruang bakar memang keras..nah fungsi knalpot selain dalam halΒ  performa juga fungsi estetika..kesopanan..hargai telinga orang lain πŸ™‚ … dan sekarang juga berfungsi sebagai tempat katalisator… go green…

43 Comments

  1. bener, saya juga tidak suka dengan motor2 ber-cc kecil pake knalpot berisik! suaranya tidak enak, sangat mengganggu.

    coba bandingkan dengan suara knalpot motor2 bercc diatas 600CC, walau mereka menggunakanracing exhaust, tapi suara yg dihasilkan lembut, enak didengar..

  2. mang bikin jengkwwweeeeel tapi ya biarin aja lah yg waras ngalah…..moga temen2 yg begitu cepet sadar aja

  3. dulu waktu ane masih muda demen banget pake knalpot racing walaupun pake motor bebek, biar banyak yang nglirik ( perhatian ). ternyata sekarang ane baru nyadar, kalo ngedenger alay lewat pake motor bebek knalpot racing sambil maen2in gas rasanya pengen nyambit tu orang…….!!

  4. Saya kemaren” mau juga sebenrnya make knalpot R9 di ninin 250 kan suaranya jadi merdu gitu . tapi ga jadi πŸ™ soalnya di daerah saya suka ada razia knalpot racing , pdahal suaranya ga gede” amat .

  5. brpa desibel sih yang d perbolehkan oleh undang-undang???klo emang d larang ya seharusnya pabrik pembuatnya yg d tindak, tp skrng malahn makin menjamur pabrik pembuat knalpot bising…terus apa ada aturan tingkat kebisingan tergantug kubikasi motor???mohon pencerahannya mbah… :mrgreen:

  6. Suara knalpot modifan (sering disebut knalpot racing) yang sering dipakai motor-motor lokal kebanyakan suaranya bagai mercon renceng, memekakkan telinga!.
    Tapi yang aneh kalau motor gede model racing, yang sering lihat di jalan macam R6 atau GsxR600 walaupun sudah ganti knalpot racing(seperti leo vince/akrapovic/yoshimura), walaupun lubangnya gede, sampai kelihatan detail lubang saringannya, namun suaranya tetap merdu tanpa memekakkan telinga.

  7. kalau sayah mah dari sejak nempelin pantat di jok motor gak pernah pake knalpot macem-macem, ya satu macem sajah alias standar …. kalau di belakang ada yang suaranya aneh yo monggo silakan nyalip ….

    akhir-akhir ini sering terdengar dari belakang motor yang meraung-raung kaya orang gila kelaparan, karena saya pengendara yang sopan ya sayah ngalah silakan nyalip lay …. pas nyalip ternyata bebek jyadul …. nach yang beginian mah suka saya kejar dan saya salip … lalu saya kentutuin … gak tanggung tanggung pake kentut tak bersuara biar lebih bau …. sambil lewat si jyadul bebek sekalian saya kasih pantat … dan bekok … rasain loe …. xixixi :mrgreen:

  8. Bebek/skutik keluaran baru (5tahun ke belakang) pake knalpot berisik kesannya ………..MENGGELIKAN

  9. Ane paling demen sama suara knalpot standar buatan suzuki. Mulai dari Shogun 110, Arashi125/shogun 125SP, Satria FU, Spin, Skydrive, Titan, Axelo. Suaranya nggak berisik/cempreng, tapi juga nggak terlalu silent.

  10. kata comment mbah dukun ini akibat siklus orang ngidam motorsport tapi gak kesampaian. Dimana siklus tjd pada spt ini.
    beli bebek -> tuning -> rusak -> beli lagi -> tuning lagi -> rusak lagi -> rusak lagi dst. Sampai kapok !

  11. Ditempatku banyak supra fit pake knalpot bobokan. Katanya biar motor lemot yg penting suaranya kenceng xixixi…

  12. klo di tempat ane bnyak motor bebek dr pabrikan sayap itik yg make knalpot racing…gk tanggung-tanggung bnyak yg model midship muffler (serasa motor balap kenceng kali ya)…dan tanpa DB killer astaga naga suara ny dr tu org blum lewat dah nyaring kedengaran gliran di tuggu-tuggu lewat lamaaa banget lewat ny bgitu dh lewat lamaaa banget lari ny (klo cepet lari ny kan suara ny cepet berlalu) jd ibarat ny suara dluan yg lari ny lebih kenceng dr pd motor ny wkwkwkwkwk parah…

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*