Massimo Meregalli: Kami Ingin Melihat Semangat Vinales

0

RiderTua.com – Massimo Meregalli (Yamaha): Kami ingin melihat semangat Vinales… Sejauh ini di kelas MotoGP, berada di tempat ke-3 di Kejuaraan Dunia merupakan prestasi tertinggi bagi Maverick Vinales. Pada 2021 dia akan memasuki musim ke-5 bersama Yamaha. Dan berikut penilaian direktur balap Lin Jarvis dan manajer tim Massimo Meregalli tentang pembalap asal Spanyol itu.

Massimo Meregalli (Yamaha): Kami Ingin Melihat semangat Vinales

Fluktuasi kinerja di Maverick Vinales selalu menjadi misteri. Pada tahun 2020, dia tidak dapat memastikan kecepatan dari tes musim dingin selama seluruh musim Kejuaraan Dunia. Hanya meraih satu kemenangan dan berakhir di tempat ke-6 di Kejuaraan Dunia, merupakan kekecewaan pahit bagi Juara Dunia Moto3 2013 itu. Padahal pada balapan ganda awal musim di Jerez, dia tampil solid dan mampu dua kali finis di tempat kedua.

Manajer tim Yamaha, Massimo Meregalli mengatakan pada saat presentasi tim minggu ini, bahwa terkadang dia lebih percaya pada pembalap berusia 26 tahun itu daripada dirinya sendiri. Pria asal Italia itu kemudian menjelaskan dengan tepat apa yang dia maksud.

“Kadang-kadang saya melihat semangat Maverick. Tapi dengan mudah dia kehilangan api semangat  itu. Ketika saya mengatakan bahwa, bahwa saya lebih percaya padanya daripada diriku sendiri, itu karena saya melihat bagaimana dia menyelesaikan balapan.”

Lima minggu sebelum dimulainya musim 2021, Meregalli menegaskan, “Kami akan mendukung dia dan mencoba membantunya, sehingga dia dapat menemukan keseimbangan. Motor tentunya merupakan aspek yang esensial baginya. Karena, ketika dia tidak bisa mengendarai motor seperti yang dia inginkan, maka dengan cepat dia kehilangan rasa percaya diri. Tapi kami cukup yakin, bahwa apa yang kami bawa ke Qatar pasti akan menjadi langkah maju bagi semua pembalap. ”

“Secara konkret ini artinya, Maverick membutuhkan motor yang lebih mudah beradaptasi dengan semua kondisi. Itu adalah area di mana kami benar-benar berjuang tahun lalu. Kami sering kekurangan cengkeraman dan dalam beberapa kasus sangat sulit untuk menyesuaikan motor dengan trek. Kami bekerja sangat keras untuk memiliki motor yang lebih seimbang.”

Ketika Meregalli ditanya, apa yang bisa dilakukan pembalap agar tampil lebih baik? “Kadang-kadang Maverick tidak agresif di awal balapan, apalagi di dua lap pertama dia menyerah. Dengan motor kami, kami harus mendapatkan yang terbaik dari kualifikasi untuk memulai di depan. Karena jika dia memimpin balapan, pembalap bisa memilih garis yang memberinya performa terbaik.”

“Di sisi lain, saat kita tertinggal kita terpaksa mengendarai motor dengan cara yang tidak kondusif untuk performa. Bagian pertama balapan adalah saat Maverick harus bekerja lebih keras. Kami yakin paket yang dia miliki tahun ini akan membantunya untuk bisa cepat dari awal,” jawab Meregalli.

Vinales sudah memasuki musim kelimanya bersama tim pabrikan Yamaha. Hasil akhir klasemen kejuaraan dunia sejak 2017 hingga 2020, peringkat 3, 4, 3, dan 6.

Leave a Reply