[Tips]: Ganti kipas Vario 125 Ngorok ilang !!!

Mud guard Vario 125

8 LANGKAH PENGGANTIAN KIPAS RADIATOR VARIO 125

UNTUK MENGATASI MASALAH NGOROK

Bahan dan kunci yang harus di siapkan:

  1. Kipas pcx atau vario 110 lama
  2. Wadah plastik (untuk tempat radiator coolant)
  3. Kunci t-8
  4. Kunci t-10
  5. Tang


engine vario 125

Urutan kerja:

1.Buka 3 (tiga) baut pengikat pelindung radiator dengan kunci t-8 dan lepas cover radiator

ganti kipas vario

2. Siapkan wadah plastik dan buka klem radiator bagian bawah dg tang ,kemudian tarik dengan perlahan2 selang radiator,awas pastikan kondisi mesin dalam keadaan dingin karena coolant yg keluar pada selang dapat membuat tangan anda melepuh jika mesin pada keadaan panas

ganti kipas vario1

3.Siapkan wadah plastik untuk menampung coolant yg keluar pada selang

ganti kipas vario2

4.Buka tutup radiator bagian atas agar coolant  keluar semua dan lepas semua selang dan kabel yg menempel di radiator.

ganti kipas vario3ganti kipas vario4

5. Buka 4 baut pengikat radiator dengan kunci t-10 dan lepas radiator

ganti kipas vario5

Tampilan zoom in pada radiator

ganti kipas vario6 ganti kipas vario7

6.Buka 3 baut pengikat kipas radiator dengan kunci t-10
ganti kipas vario8

7.Ganti kipas vario 125 anda dengan kipas vario 110 atau pcx

Note:   kipas vario 110 harganya:Rp12.500   PCX:Rp 18.000
Khusus pemasangan kipas pcx dapat PnP(plug and play)/dapat langsung dipasang tanpa ubahan
Kalo menggunakan kipas vario 110  juga bisa pnp.
Ada gap antara bushing tembaga dan baut sekitar 2mm jadi pemasangan kipas vario 110
Dapat di lakukan dengan mengeraskan ke3 baut secara bergantian

Sekilas perbedaan bentuk antara kipas vartech 125 dan vario 110
ganti kipas vario9
Ada jarak sekitar 2-3mm antara baut kipas vario 110 dan vario 125 (vario 125 lebih sempit)

8.Rakit kembali dengan urutan terbalik

Peringatan:
Jangan lupa untuk mengisi kembali radiator anda dengan coolant,pengisian yg benar adalah dengan cara mengisi dari lubang pengisian pada radiator bukan pada reserve tank,setelah penuh nyalakan sebentar motor anda agar coolant bersirkulasi dan menghilangkan udara dari sistem pendinginan,baru kemudian tutup radiator dan isikan sisa coolant pada reserve tank . Cek coolant pada reserve tank,jika posisi coolant ada pada lower level segera lakukan pengisian kembali dengan coolant yg baru sampai pada batas upper level… dan untuk penggunaan kipas beat tidak bisa.. beda dan tidak dapat di pasang di vartech125 (mentok di radiator)

Terimakasih buat bro eko_wong_mojokerto, yang memberikan tips langkah mengatasi ngorok vario dan sudah dicoba pada 5 unit motor vario dan semuanya tidak ada kendala,km ber variasi dari 100 km-10.000 km semuanya SOLVED.

Comments Via Facebook

comments

Aegerter Harus Siapkan 4,9M Jika Ingin Tetap Membalap

Aegerter Harus Siapkan 4,9M Jika Ingin Tetap Membalap di Moto2 2018

Dominique Aegerter adalah rider Moto2 asal Swiss yang bernaung dibawah Kiefer Racing. Dan kini tim itu diinformasikan mengalami kesulitan setelah kematian mendadak manajer timnya Stefan Kiefer. Dengan tidak adanya bos mereka tim asal Jerman itu kini [ Baca Lagi...]

108 Comments

  1. Tak kiro dipijetke opo digurah
    Tujune ra mbahas busi meneh, wis cilik, cendhek, berulir, nyetrum sisan ha ha

  2. penggantian kipas radiator vartek 125 dengan vario 110, sudah saya terapkan sejak bulan juli kemarin heheheheh. ngorok masih ada cuma berkurang drastis…

    • hallo bro p kbr?
      ada masalah ndak dengan operhed, kipas pario 110 kan siripnya kecil bila dibandingkan dgn pario 125. jadi pendinginan kan berkurang tuch!
      udh km berapa parionya, udh pernah diganti rolerny blm?

      • kabar baik. lampu overheat gak pernah nyala bro. mungkin lampunya mati kali wkkwkwkwk. baik menggunakan ron 95 maupun ron 88. roller pasti pada peyang, karena pada saat km 8000-an, dibersihkan di area CVT (kena charge 45 ribu). busettt roller pada gak karu-karuan bentuknya. cuma karena stok roller vartek 125 gak ready, akhirnya roller bawaan tersebut masih aku pakai sampe skrg. km saat ini udah 12.200 an

        busi cpr9 juga gak lama di motor saya (dapat sekitar 1100-an, ndut-ndutan lagi). akhirnya ganti cpr 8 (beli di dealer yamaha-12 ribuan). sampe km 12.200-an (saat ini), blm ada gejala ndut-ndutan lagi. semoga saja awet….

    • critanya mirip nih, hehe,,,
      km ku udah 13rbuan gan,,
      udah ganti cpr9 yg ke 2 ini, gratis.
      sebelum nya pake cpr8 punya mx, nyampe 5-6rbuan km, nyendat lg.
      ganti cpr9 nyampe 1500km dah kumat, klaim lg aja , gratis,,

  3. btw, pak RT, kalo mo nguras air radiator, bukannya sudah ada tuh lingkaran hitam bergerigi yang ditengah ada lubang kunci bintang

  4. ngempos dan busi mati : pake BBM RON 92 ke atas.
    ndut-ndutan : biasanya pada start awal (mesin dingin) bisa diatasi dengan panasin mesin sekitar 5 – 15 menit.

    vario125 saya uda jalan 5000 KM ga pernah ngempos, dangdutan atau ganti busi.
    Kalo ngorok saya biarin aja kan tambah seksi tuch suaranya :). Coz kata pihak AHM ngorok bikin pendinginan lebih optimal.

    • jangan lupa kalo mo beli… berdoa dulu supaya dapat vario125 yang ga bermasalah di kemudian hari coz kadang ada yang uda lakuin cara di atas tapi masih tetap bermasalah.

    • ,alasan bro aldi bener jg, utk mesin ndut2an bs dipanasin sekitar >10 menit,kl 5 menit sptnya kurang deh…mgkn yg jd perhatian disini ketika mesin start awal (pagi hari) it’s ok di panasin lbh lama, yg jd pertanyaan adalah ketika mesin dingin kembali, harus dipanaskan dgn waktu yang sama (saat pagi hari). itulah yang sering saya alami,mengingat saat ini adalah mesin hujan, ketika mesin “off” sekitar 1-2 jam,otomatis mesin kembali dingin dan harus dipanasin >10 menit an.
      saya sdh mengganti busi dengan code CPR9EA, memang lebih bertenaga apalg jika mesin makin panas, dibanding busi bawaan yang lama (CPR7EA), namun pernah terjadi saat pagi hari saat jalan biasa tiba2 mesin spt mau mati…..(kondisi mesin sdh dipanaskan)…mungkinkah ada problem?

      • kalo dipagi hari biasanya saya panasin sekitar 10 – 15 menit dan langsung berangkat jadi ga ada jeda waktu dimatiin lagi. coz pengalaman kalo dimatiin lagi sekitar lebih dari 15 menit baru berangkat bakal ndut-ndutan lagi dan harus panasin lagi.

        Beda kalo abiz dipake perjalanan jauh, meskipun mesin mati sekitar 1 jam dan dipanasin sebentar aja ga bakal ndut-ndutan.

        Kalo punya e pak RT kog beda ya, mesin dingin ke kondisi stasioner kan cuma butuh waktu kira-kira 1 menit, jadi panasin cuma 1 menit bisa langsung geber ga pake ndangdutan … rahasinya apa seh..

      • kalo punya e pak RT kok bisa ya begitu mesin stasioner bisa langsung digeber tanpa ndangdutan ? padahal dari mesin dingin ke stasioner kira-kira butuh waktu 1 menit, jadi bisa disimpulkan vario125 punyanya pak RT dari mesin dingin waktu pagi hari dipanasin cuma 1 menit bisa langsung digeber …. rahasianya apa seh…

  5. pak rt, pak haji taufik, bro p2r, blog kilau biru, dan msh bnyk bloger lainnya yg meminang nih mtor.
    Fakta,,, semua puas dgn honda vario125. Indikatornya, g ada yg jual tuh motor vario to….

  6. Ane ga perlu beli utk tahu caprod(cacat produksi),temen ane barusan beli novmber kmren. Ane tanya ngorok?iya..ngempos?kq tahu…Jgn kaget kalo entar businya cpt minta gnti mas.. Tahu dr mn? Srg baca2 artikel mas,itu matic emang cakep,tp pahe..asal bs maklum dg ke’cacat’annya,ntu metic value bgt. Tp ane ga mau repot,jd msh setia ama beat karbu n tigor 05 ane.

  7. diliat dari designya kayanya punya vartech 110 kurang maksimal dinginin,bentuk sayap kipas kecil ga kaya vario 125,apa ga takut overheat om?

  8. Walopun di bilang motor “bermasalah” tp di kotaku kok susah banget nyari sekennya, duit cm kuat beli yg seken tapi kl plat putihnya mah banyak yg berseliweran, ini pertanda apa yah?

  9. tips urutan menghilangkan ngorok :
    1. Lepat baut radiator
    2. Buang jauh-jauh radiator (kubur di kedalaman 25m bila perlu).
    3. Alternatif lain ; gunakan bantal yang agak tinggi agar tidak mendengkur.

  10. tips urutan menghilangkan ngorok :1. Lepas baut radiator. 2. Buang jauh-jauh radiator (kubur dikedalaman 25m bila perlu) 3. Alternatif lain : gunakan bantal agak tinggi agar tidak mendengkur.

  11. tips menghilangkan ngorok : 1. Lepas baut radiator 2. Buang jauh-jauh radiator (kubur dikedalaman 25m bila perlu) 3. Alternatif lain : gunakan bantal agak tinggi agar tidak mendengkur.

  12. kalo vario125 punya e pak RT kok bisa ya begitu mesin stasioner bisa langsung digeber tanpa ndangdutan ? padahal dari mesin dingin ke stasioner kira-kira butuh waktu 1 menit, jadi bisa disimpulkan vario125 punyanya pak RT dari mesin dingin di waktu pagi hari dipanasin cuma 1 menit bisa langsung digeber ga pake ndangdutan…. rahasianya apa seh…

    padahal punyaku dipagi hari harus dipanasin sekitar lebih dari 5 menit supaya ga ndangdutan ….

  13. vario 125 cbs saya udah KM 9000an… busi bawaan tewas, skrg pk busi gratisan cpr9…. ngorok ga bgitu kedengeran pk kipas bawaan…. masalahnya cuman 1… JOK NYA KERAS…….ga nyaman blas….. beda jauh nyamanya sama skywave yg sblumnya saya pake…:( jok empuk, shock empuk… vario 125 shocknya reboundnya terlalu cepet, jok keras kayak kursi bakso…:(

  14. pak rt kok aku ga oleh bonus,hehehehehehehehehe ngarep mode on 😀 ,untuk masalah mbrebet nanti saya update soale VARTECH125nya lagi saya running dulu kalo dalam 1bulan aman pasti tak update ,saya nggak mau spekulasi biar semuanya tenang dan harapannya vario125 menjadi motor yg AGAK sempurna. masalah ada untuk diselesaikan& dipecahkan bukan untuk dicaci maki (ngambil kata2nya om james bons alias bonsai biker)

  15. mas eko wong moker.. salut mas atas usha pean. problem solved. wlopun ane g pny wtf tp trut lega..
    btw smpyn org dlm honda ta?klo iya brati ada usha ahm untuk mmbntu pngguna wtf. tp klo bkn brati emg pmilik wtf hrus kreatif (tmbh pnter).
    cm jd miris ktika ada case trkait produk yg dbkin pbrikn, tp yg btulin mlah org luar… jjur sya brhrap mas eko org honda. jd ilmu ini jg dkuasai mknik2 ahass lainnya d slruh indonsia. coz g smua org bs bgkar msin trutma prempuan. maaf bl koment sya krg brknan, scra prbadi sya bnar2 salut k ats usha mz eko.

    • @yanusakti saya bukan siapa2 mas,cuma orang yg pengen berbagi aja dg semua (dulu saya mantan mekanik beres,sekarang jadi jukir,wah kok melorot jabatan’ne hehehehehehehe)

  16. Pak RT, itu memang SOP buat ganti kipas radiator, tapi untuk mengurangi pekerjaan, ga perlu nguras air radiator dan ga perlu copot radiator. Buka aja cover radiator, trus buka baut kedudukan radiator, setelah itu geser radiator ke kanan sampai ada rongga yang cukup untuk membuka kipas, ane udah praktekin cara ini di ahass, malah ane ngasih sedikit les privat buat montir ahass…..hehehe, lebih baik menggunakan kipas pcx.

  17. Hati-hati…!!!
    Apa sudah teruji efektifitas pendinginannya?
    Sirip kipas radiator vario 110 lebih kecil dari vario 125, otomatis volume udara yang bisa di isap-tiup juga lebih sedikit.
    Jangan sampai ngorok hilang berganti dengan overheat.
    Apalagi cc & kompresi wtf lebih tinggi dari vario 110

  18. Kasian orang awam dong yang udah makan mentah2 orang2 marketing honda.. Belom tentu mereka baca artikel ini… Yang mereka tau cuma punya motor baru ko udah mesti dibawa ke bengkel dan diganti part nya… Ini terjadi sama kaka ipar gwe, yang akhirnya dijual lagi tu vario 125 diganti sama beat. Mana tanggung jawab AHM.. Jangan bikin bingun konsumen.. Lakukan tes jalanan yang baik sebelum launcing! Jangan mikirin jualan doang…!

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Secercah Harapan (Saya) Terkait Didaftarkannya TPT Honda NC12AF2CBI A/T « Z1rider's Blog
  2. Ngorok Di Vario 125 Teratasi OLEH KONSUMEN Yang Kreatif,Kenapa Bukan AHM..? | Bakul Kangkung Jpr
  3. [sharing] problem dan penyelesaian trouble vario 125 | DIY4ALL

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*