
long stroke versus short stroke
Masih seputar seluk beluk dua motor sport baru pabrikan garputala dan Sayap tunggal New Vixion dan CB150R… sebagaimana kita ketahui bahwa Vixion memiliki volume ruang bakar yang Overstroke (57,0 x 58,7 mm) keuntungan nya apa sajakah…???
Overstroke(longstroke):
- Torsi
- Relatif irit
- RPM rendah sudah berasa tenaganya..
- Cocok kota-kota
OverBore(bigbore)
- RPM tinggi
- Tenaga keluar pada putaran mesin atas
- Torsinya kecil
- Cocok untuk long track
Melihat karakter tersebut(lepas dari penjualan Vixion yang sudah melejit) karakter kedua jenis type Bigbore dan Longstroke tadi akan menemukan penggemarnya sendiri-sendiri..kalau diklasifikasikan akan ada kelompok usia tertentu yang gemar torque engine atau mesin yang powerfull …tinggal pabrikan “memetakan” nya berdasarkan target usianya serta klasifikasi motornya… motor sport ya harus bisa kencang… tapi mau ngebut dimana………???
Bagaimana dengan motor sport-nya…???
Sport Yamaha di kelas 150 cc tergolong Unik… !!! apakah ini tentang filosofi..??? atau tujuan strategi penjualan… roh balap yang enak buat harian…??? So Blu………
Kirana Larasati..
sip lek, jossss ki ilmu 😀
http://pertamax7.wordpress.com/2012/11/16/headlamp-honda-k18-mirip-yamaha-byson-dan-berkonde-menerusakan-generasi-headlamp-konde-honda-cb150r-streetfire-kah/
Nebeng Megison ach……
http://nzahry.wordpress.com/2012/11/16/honda-k16-a-k-a-scoopy-fi-siap-meluncur-januari-2013/
hayah 😀
overbore putaran tinggi, nganti ireng ngono bandule 😀
setuju overbore harusnya kruk asnya model bulan sabit kaya diatas. pasti torquenya nampol, akselerasinya maknyuss.
tambah ilmu…
http://wawwiwiwaw.blogspot.com/
Langsung ngebut dimana… 😀 😀
http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=A9pmeA2XGaU&noredirect=1
wkwkwkwkwwkkwkw…..ternyata si cibi-cibi modyar ama motor lemot!!!
Wah bakal panas iki….
walah ternyata oh ternyata…….
kalo versi downgrade nya ,akselerasi nya lebih ganas ato sebalik nya nih…
wah………..saya baru ‘pura2’ tau ada video cantik begini……..
hadugh…. vidio gini masih aja jadi bahan menghibur diri FBY alay….. org udah pada tau… motorbeam media otomotif ecek2….. pengukuran serta syarat2 pengujian ga di perhatikan bener2… cape dedh…. itu r15 ama ceboker… indonesia mah ga ada.. adanya vixion sohc 5 speed.. wkwkwkwk
lihat nich…. komparasi keduanya di ambil dengan profesional….
http://iwanbanaran.com/2012/05/13/yamaha-r15-v2-vs-honda-cbr150r-komparasi-head-to-head/#
profesional advetorial .. 😀 😀
yg ini dari throtle disponsori Honda motor2nya 😀 😀
Drag nya nyari yg paling cepat dpt 100kpj hehe.
“We did a head to head drag to find out which one is faster to a 100 Kph. ”
Tuuuh bukan drag race standar dibatasin ama jarak…. motor tenaga baru keluar di rpm tinggi eh dah garis finis aja…. Makanya di dua video motorbeam selalu ketinggalan
video di atas cbr cm gigi 3 tuh,gigi 3 100 kmpj
orang otomotif tau kalau mesin cb150r itu lebin superior dari cb vixion
-DOHC 6 speed vs SOHC 5 speed
masih aja menghibur diri tu fby…. bilang aja tu sama eko prabowo kasih produk ya yang bagusan dikit napa… jangan setengah2… lama2 yamaha kehilangan identitas sport is faster…
Yeep cari track yg panjang baru deeh … 😀 biar ga kepentok garis finish kalo drag race atau lampu merah .. 😀
R15 is faster than the CBR150R. CBR lacks low end grunt and by the time the CBR comes in its own, the R15 is long gone.
motorbeamdotcom
yg jelas r15 v2 tenaga nya emang pas kalo buat drag kek begituan! Tp kalo bener2 diadu di sirkuit hasilnya ya 5:2 skornya!! Terlepas dari fby mewek kalnw sponsornya honda, yg jelas 2pembalap benar2 profesional dan bergantian… 😆
haha video buatan fby alay,, sudah jelas CBR lebih powerfull ketimbang yamaho rongsok15,, dasar yg buat video aja fby lagi stress masak long straight bisa gitu hasilnya??? udah ketahua banget ngibulnya!!
ngebut dihatimu…
hidup clan cb !!!!!!!
kata siapa cbr kalah ma r15,emang ada yg tau dijarak berapa meter sipengambil gambar berada?jangan2 100m?sama aja HOAX….GAK VALID TUH!
emang kalo drag itu berapa meter yang valid..??
kalau ga salah 1/4 mill atau 600 meter…. video diatas kira2 jua segitu sepertinya
no picture or video = hoax
kaskus mode on ,,, 😀 😀
R15 is faster than the CBR150R. CBR lacks low end grunt and by the time the CBR comes in its own, the R15 is long gone.
motorbeamdotcom
=================
mesti cari track panjang
sekalian aja 300 km, biar gak ada yang finish sekalian kwkwkwkkwkw. namanya juga drag…
panjang trek ko dibahas om,km dikasih motor suruh jalan,pingin diadu ma motor lain kok pilih trek sendiri waxaxaxa..realistis ajalah,ms alesannya trek kurang panjang,misal dijalan ditantang apa harus “trek yg panjang ya & no stop and go” begitu?? mo balapan kok bnyk alasan :-D, but…safety riding first,jln raya milik smua orang jgn kebut2an
pinter2nya rider nya 😀 … kalo lagi bawa R15 terus ditantang CBR… ya cari aja lamer yang ujungnya terlihat lamer lagi… pasti menang…. kalo bawa CBR ditantang R15… nunggu aja pas lewat jalan pantura… 😀
Awas kamu kalo lewat Pantura……….
makanya kalo jd maho’ers tuh jgn dongo2 amat dong! G usah dijelasin kalo drag 200m cbr emang kalah lawan r15 karna karakter bigbore itu tadi! So kalo mw balap cbr vs r15 ayo disirkuit! Mencret2 tuh si overstroke! 😆
sama lo smua diperbudak motor….ha..ha jagahati broo….
SOHC emang cocok buat perkotaan, not on the track…. 😀
JPO oh jembatan… dilema
kota dan touring sebenernya cocok semua mas bro… alesannya lebih irit…. mau ngebut dimana sih…
irit koq masih minum premium…
Overstroke enak bwt macet2an.
wow…ngebut dihatinya Kirana Larasati ajjah
ada ga yg overstroke DOHC?
ada noh! Motor garuk tanah!
SOHC 2 klep pendingin angin juga masih bisa fight dengan SOHC 4 klep pendingin air…wkwkwkwkwk lempar cacing mancing nang kali code…
Awas keno patil mas..wkwkwk
haha, lah iku ono scorpio buat apa…??? wkwkwkwkwk
Padahal SOHC 2 klep nya 200 cc 25,6juta lho mas… masa keok lawan 150cc sohc….
Overbore enak buat di pantura, uh joss lah apa lg jalan indmy-crb, jd kalo ada yg nanya mau ngebut dmn? sini ke daerah ane!
wooohh motor q mung SOHC kang… 😀
tuh tau diri..
legendaku sohc.
@zhe
oowwh ente tinggal dimana bro,???
ane sering gali top speed di pantura gebang- brebes tanjung, ama karang ampel indramayu- cirebon,,,
tapi klo bebek ngebut di pantura, siap2 aja oleng soale kanan kiri kbanyakan sawah angine kencang,, motor batangan aja goyang,,,
pinter2 ridernya ja,lok g biasa maen overbore ya kteteran,overstroke katanya dtanjakan enteng ya mmang enteng tp lok tanjakan jauh lembek lok pinter pkk overbore awalan memang durut n konstan main kopling untk dpt rpm tingi wlpn nanjak bs ngebut tnaga ngisi trz
kalo ditanjakkan pinter2 jaga rpm aja sob, jangan ampe turun drastis ke langsam…
kalo masuk langsam yowes… siap2 betot gas sedikt dalem…
😉
kalo si gs ngebul lagi nanjak cuma kedengeran ngedennya doank ye bray, tp kagak nyampe2..
@roy
Suzuki RC80 Bravo, melakukan Suzuki Jelajah Negri om, pertama x di Indonesia. itu di tahun 90 an awal dan itu cuma 80cc 2 tak 3 speed.
emang ada CS1 jelajah negri? 😆
😉
@gw wannabe!
Cs1 pernah kok jelajah negri.,
tp baru nyampe garut!
@roy
Hedewww…..pak RT nih… Bonuse pasti undersquare longstroke tuh… hehehehe…. tobat..tobat…
pernah pake cbr150… pas di lampu merah setengah mati lawan matic2 alay… tapi kalo dah trek lurus, alus & panjaaaaannnnnnggggggggg manteb nih….
betul,cari2 celah buka gas di rpm 3000 tenaga dah nongol BBM encrit,DOHC musti 10.000 kah? 😀 motor tenaga gede nih = pertamax ngowos,main 10000an 😀 be wise..
fby nyolot semua. Asyyiiikk…
Ngebanggain produk yg g da dimari. wkwkwkwk
realistis aja, new piksen tetep lebih oke ketimbang cb150
percuma engine DOHC, tapi frame nya kurang mumpuni (baca: deltabox/twinspar) ditambah kaki2 (velg,ban) cungkring, mau kenceng juga ndak ada sensasi nya, gak stabil
deltabox piksen sudah teruji, apalagi ditambah velg lebar, di geber diatas 100kph sensasi nya maknyus, anteng bin stabil, torsi juga gedhe, apalagi jalur perbukitan, cornering muantab
kalo cb150r kan buat drag race om, trek 2km buat nyalip nupiksen…
kalo gak ada trek 2km gak bakal ngebut om…
😉
kenceng itu relatip, om
kenceng pelan beda nya gak ada 5menit, wkwkwk
mau balapan dimana sih? kata hansip di blog-race wkekeke
enak byson
byson motor q… wkwkwkkwkwk
setuju sama yg ini, * scara overall nu piksen emg lbh baik dbanding cb15..
*headlamp, spakboard udh diganti..
😀
masih aja nih jualan om thole pantang menyerah pekerja keras, goodjob. smg sukses om. wkwkwkwk…
waduh si thole kok nyebar brosurnye di marih seeh?? Y udah cmungudh ye le!
melihat bore x stroke Vixion (57,0 × 58,7 mm) sepertinya lebih pantas dibilang square, gak cocok dikatakan overstroke, mosok beda tifis 1,7mm udah koar-koar overstroke
NJMX baru bisa dikatakan overstroke (54,0 x 58,7 mm)
@pengamat
jelas mas berow klo liat gambaran keinginan ente,mesine ya mnta pertamax/pertamax plus….qta bcr premium,brooooo…..
ngak juga mzbro tergantung kompresinnya zupiter z 110cc kruk as bulan sabit kompresi 9,3 :1 aman pake premium cuma sayang overstroke.
udah deh motor jepang banyak kelemahan ngasih spek setengah2 terutama buat motor entri level idealnya karakternya kaya cbr250 cuma sayang mongtor premium.
yang murah cuma punya TVS overbore, torsi terbesar 5500-6500rpm, mesin bisa teriak 11500rpm. ane pake tormax puas bgt.
torsi berbanding terbalik dg power masbro,cmiiw
torsi akan sejalan dengan power jika cc nya bertambah… 😀 … yang pusing itu tehnisinya… konsumen mintanya torsi nyuss ama power kencang…. tapi ga mau di overbore dan musti bisa minum premium… hihihihihi… minta Honda Jazz seharga motor Grand… Ngimpi namanya…
ngak usah pusing & ngimpi mazbro, kan udah ada TVS…..wkwkwkwk
murah harga motor yang mana mbah? motor overstroke apa over bore?
Overprice… 😆
MongtorSport ya DOHC Over Bore.
smart komen!
motocross itu oversquare apa overbore? itu jenis motorsport ngga om?
menurut KMI motocros di kategorikan ke offroad bkn sport! Imho, cmiiww..
memangnya pengertian motor sport itu apa sih?
apakah motor full fairing yang posisi ridingnya nunduk atau gimana ya?
klo setau ane sih yang namanya motor sport itu ga selalu mengarah ke moge yang dipakai balapan seperti yg ada di wsbk atau supersport tapi kyk scorpio, cb150, ninja 150r, itu juga motor sport wlpn memang sport turing naked.
Yang mana aja dueh haha
https://pangben.wordpress.com/2012/11/15/review-helm-yang-pernah-saya-pakai/
Netral aja deh…hehe..
http://kommotor.com/video-kartun-motogp-valencia-2012/
minta bonusnya Ida Ayu Kadek (kayaknya gitu ya namanya) mbaaahh,, hehehe 😀
tergantung kebutuhan, tapi aku pernah punya CS1 yang DOHC dan sekarang punya NMP yang SOHC, DOHC putarann atas memang OK, SOHC NMP putaran bawah mantap. http://komunitashondamegaprokebumen.wordpress.com/2012/11/16/apapun-motornya-yang-penting-rossi/
cs1 DOHC….
haaadddeeeeeeeeewwwwwwwwwwwwwwww
cape dehhhhh….
#tepokjidadsampejomplang#
walah mas komunitas honda kok ga paham ploduk ploduk honda to mas..mas,kepriben sira..
mungkin cs1nya udah di modif kale bray.. Hehehe.
klo belom nyobain langsung ya kayak gini…ditrawangin terus….kira2 kyk gini ato gitu ya??
padahal tuh di kelas bebek DOHCnya FU jg g ada yg nandingin….!!! maap klo salah.
betul! Fu blm ada yg nandingin karna unggul di PTWR nya.. Bayangin mesin dohc 16,5ps bobot cuma 97kg plus ban cacing! Hadeeuhh..
itu mah ketjil om…
tapi untuk era sekarang emang joss…
meskipun cb150r overbore tapi klo boreXstroke kaya punya FU + final gear rada gedean dikit dari CBR150, saya kira masih bisa bejaban dengan vixion di putaran bawah menengah… meskipun tetep kalah sediiikiiiiit 😛
kok CS1 DOHC sih??????
motor sport 150cc.?
Malu ah koar2 motor sport tp bisa dkentutin motor indihe 200cc sohc..
😀
@bengs
Banyak busi yg menang…. ada yg ketinggalan di tiga drag race…. 😀 😀
http://www.youtube.com/watch?v=lYoiiuLSatk
Masing-masing tentu memiliki kelebihan dan kekurangan to …
http://nofgipiston.wordpress.com/2012/11/16/berbagai-part-variasi-pendukung-untuk-motor-touring/
OverStroke (V-ixion) : suara mesin halus,minim getaran
OverBore (CB150R) suara mesin kurang halus,getaran lumayan.
emang ente tahu?
sotoy!
haha. . .
FB neh orng. .
kaya pernah bwa new vixi n CB150 aj lo broo. . !!
ngaspal aj blm tuh motor , hrga aj blm keluar tuh motor , dnger suara nya aj blm prnh lo. . .!!
STREES ap GILA lo bro. . ??
Kebanyakan kita2 cm tau overbore itu tenaga atas, overstroke tenaga bawah, padahal kedua istilah tersebut hanya perwakilan dari ukuran diameter cranckshaft/ kruk as……
semakin besar diameter kruk as maka semakin ringan gerakan piston, sebaliknya semakin kecil diameter kruk as maka semakin berat gerak piston, walau penjelasannya tdk sesimpel itu, karna ada faktor rasio gir dan final gir, namun pastinya rasio gir dan final gir mengikuti desain dr kruk as, bukan sebaliknya…..
analoginya seperti memutar sebuah roda dgn tangan kita, semakin keluar posisi tangan saat memutar maka semakin ringan gerak putar roda, namun kecepatan putar rendah, kebutuhan tenaga untuk memutar pada awal putaran cukup rendah namun ketika putaran meninggi, kebutuhan tenaga untuk memutar jg bertambah (konsumsi bbm)…… inilah overstroke….
nah klo overbore maka posisi tangan kita saat memutar ada pada bagian kedalam (diameter kruk as kecil)….
hasilnya kecepatan putar roda tinggi, namun gerak roda pada awal pitaran akan jd berat….. maka tentunya dibutuhkan tenaga yg lebih besar dibanding saat posisi tangan ada pada bagian yg agak keluar (konsumsi bbm) namun ketika kecepatan putar sudah meninggi maka kebutuhan akan tenaga mengurang……
Soal konsumsi overbore akan efisien pada kecepatan menengah keatas……
klo overstroke akan efisien jika kecepatan rendah ke menengah……
selain hal ini ada jg penjelasan mengenai kenapa ukuran bore yg lebih besar bisa menghasilkan tenaga putaran atas yg kuat hingga menghasilkan speed yg lebih tinggi dibanding ukuran stroke yg panjang…….
yg sy tau semakin besar ukuran luas bidang yg menerima dorongan (ledakan bbm) maka semakin besar pula kekuatan pergerakan bidang tersebut (sy agak bingung tuk penjelasannya pada bag ini….hehehe sori bros…..
———————————————–
o y pak rt, sy lebih setuju dgn bro “sejutaumat”, klo vixion pantasnya disebut square ketimbang overstroke, walau agak overstroke…..
nice komen!
pencerdasan otongmotif om!
klo honda stroke nya sama shg hemat biaya produksi dan typenyapun bs saling kanibal, honda jg ada yg sm di diameternya contoh diameter tiger sm dg megapro, stroke gl pro sm dg stroke gl 125.
yamaha jg punya misal diameter jupie mx sm dg vixion… klo jupie mx mau bore up tinggal aplikasi aja pnya kakaknya dijamin plek dan cm ubah dikit doang..
koreksi bro,antara vixion dan mx bukan diameternya/ bore yg sama, tp langkahnya/ stroke…..
Contohnya JupiMX pake blok sileinder vixion… ini yg mak nyoosssssss… di youtube dah terbukti cbr150 aja keok2 kalah telak…
@AAA
basi! Drag dengan jarak pendek segitu tenaga cbr yg sbenarnya blm keluar nyink! 😆
jarak panjang bukan drag Om. 😀 😀
yzfr-15v2 power 17ps torsi 15,03nm max speed 147kpj.. (torque character)
cbr150r power 17,8ps torsi 12,66nm max speed 165kpj.. (speed character)
so jelas pd umumnya cbr kalah kalo adu drag lawan r15 tapi.,,
.
.
.
.
.
Tidak di sirkuit.. 😎
abis tikungan langsung melejit R15 nya… tapi diujung line disalip sama CBR 150… 😀 … (koq kaya liat M1 vs RCV yah) fast bike itu jika disebuah sirkuit dapat memaksimalkan mesinnya… baik itu berkarakter torsi maupun power… makanya moto GP tiap trek pasti setting ulang mulu… 😀 ya kan ya kan…. hehhehe
udahlah… gak usah saling ejek. mana yang sreg ya dbeli, sesuai keinginan aja,
kalo ane plih overbore, maklum suka jalan jauh,
trus kalo start ane jg g suka alay, biasa kalem tp begitu jalan bsa diajak maen2,,makin lama makin sip,,kalo mtor overstoke bwt kota2, enteng..
wah topspeed power 17,6hp bisa ngalahin yg powernya 26hp..padahal berat ga nyampe 50kg bedanya..
😀
cbr250r berkarakter torque bray! Makanya di kondisi standard top speed kalah lawan adeknye sendiri… so udah jd hukum alam kalo motor2 yg berkarakter torque akan memble di topspeed begitupun sebaliknya kecuali special engine cmiiww..
jossss pencerahan’a mas broh!
ihhh sedang ngibul lagi………
masa ya cbr 150 lebih kencang dari cbr 250…. mmm
@kevin:
dulu msh ada yg lbh konyol lagi, top speed hsx 125 standar setara sama cs1 standar..
Juosss
http://belitong.wordpress.com/2012/11/16/opini-drag-race-kok-jadi-patokan/
Idealnya New Vixion cocok untuk segala usia konsumen
Jiwa Muda : Oprek dikit new vixion sudah ngacir
Jiwa Tua : Pelan-pelan saja oke
Jiwa Tua Raga Muda :Safety Riding
Jiwa Muda Raga Tua :Buat mejeng tambah gagah seperti muda lagi (*gara-gara motornya)
Kalau traliss memang kental aura old vixion namun masih kebapak-bapakan
( maaf yaa nyebut merk)
iq jongkok ente!!!!
Kalo saya atas tua,,,,bawah muda…. So, gak masalah kalo dikasih bonusnya….gkgkgkgkgk..
gue ngerti kenapa di video itu CBR Kalah. Ya jelas dari pengakuan ridernya dia ngegas cbr dari Rpm rendah. Nih kutipanya di youtube. “I was the one riding the CBR…and I was
riding the R15 too at other times. The
results were same even after swapping
the bikes. The CBR just doesn’t have the
low and mid range that the R15 has. In
fact I was so sure that the CBR would leave the R15 in the RVMs at the end of
the strip. But unfortunately all my
assumptions were dashed to bits. The
CBR is so lame in making power and by
the time you hit the peak RPM, the R15
is already on song.”
nah berarti orang India gak biasa pake overbore. Setau gue kalo lo mau ngedrag pake CBR ya awal start nge gas dari Rpm tinggi. ( gas di gantung ) sedang dia gak. Ya jelas skill pengaruh semua.
wuih master fbh nih!!! Mantap!! Kok skrg ente jarang ”manggung” di blog r2 bray?? 😡
kalau disimulasi jalan raya… artinya yang punya low dan mid power yang bagus maka itulah yang akan jadi kendaraan jalan raya yang sesuai…. mosok tiap lamer mau gantung RPM.. tiap mau nyelip truk dari keadaan konstan low speed harus gantung RPM tinggi dulu.. imho
saya rasa jika dikeadaan jalan raya sebenarnya kita tidak bisa lagi berbicara skill rider dalam drag.. makanya dari jaman dulu SOHC selalu dipakai untuk motor massal dari bebek, skutik, sampai sport di cc kecil… alasannya bukan DOHC lebih modern.. wong jaman dulu teknologi DOHC sudah ada… tapi lebih ke “cocok” annya dalam keadaan kondisi jalan raya sebenarnya… what do you think?
@rr army!
gk gitu2 amat kalee… Koplak bener lu! Ngurut gas cbr sama aja ama motor lain kok, cuman ‘sedikit’ lebih dalam aja n g perlu di dramatisir lah! 😈
loh.. seperti pake baju kemeja trus bawahannya celana kolor kan ya ga cocok.. meskipun bisa aja kalo ke mall pake outfit seperti itu tapi kan tetep ga cocok…. tapi ketika kita mau tidur… celana kolor jelas pas banget.. nyaman dipake ketimbang pake jins… bukan berarti celana kolor itu jelek kan… saya ga pernah bilang DOHC itu jelek lho ya apalagi inferior….
yup.. 😆
Komentar smart, lanjutkan mzbro
@ roy gue udah kelas 3 bentar lagi ujian.
@ rr army gue bahas masalah drag di video bukan harian. Kalo untuk harian keduanya imbang. R15 torsi sama tenaga di dapat di rpm rendah, tapi posisi duduknyya itu bro megelin. Kalo cbr mesti gantung. Adi kalo buat harian mendng vixion atau cb 150R aja. Kalo buat touring cbr 150R buat gaya R15. Adil kan ?
menurut KMI motocros di kategorikan ke offroad bkn sport! Imho, cmiiww..
hayah
wuih master fbh nih!!! Mantap!! Kok skrg ente jarang ”manggung” di blog r2 bray?? 😡
nyasar!
gk gitu2 amat kalee… Koplak bener lu! Ngurut gas cbr sama aja ama motor lain kok, cuman ‘sedikit’ lebih dalam aja n g perlu di dramatisir lah! 😈
gubrak!! Nyasar lg.. Sorry om er-te
gubrak!! Nyasar lg.. Sorry om er-te
kalo pengetesan drag dr rpm 0, mungkin bnr r15 menang…
tapi saat anda ketemu dijalan n ga sengaja terkompor..
apa iya janjian dulu, “eh start dr rpm 0 ya” 😆
sekalian aja ngadu ama ninja150 2tak jarak 200m, tp janjian dulu “start dr rpm 0 ya, ga bole mancing Rpm” 😆
laen kelas lah bray! gmn seehh!! Ninja 2tak ye lawane nsr, rgr, tzm etc!!!! 😡
rgr keok om ama ninja sekarang…

mungkin lebih tepatnya RGV Gamma… 😆
kalo untuk NSR bukan yang R tapi RR dan SP…
brarti bro belom tau maksud saya… (miss)
point yg saya jadikan perbandingan bukan dari kelas motornya bro… 😆
@roy
yg saya maksud gmn cara start ya disesuaikan juga dgn karakter motornya…
dr pandangan luar aja, 1 torsi bwh, 1 nya power atas… lalu start’nya dr rpm 0…
(utk kelas yg sama) karakter yg menang utk drag jarak bbrp meter udah ketauan donk…
lalu hubungannya dgn ninja150 2tak apa? “intinya hanya membandingkan sesuatu yg terbalik dari karakter mesin itu sendiri” 😆
masuk akal mas bro… ketika jalan santai di rpm 5000an gear 5 jelas jangan kepancing yah… mosok minta start di rpm 0 😀 … ditunggu di lamer depan aja kalo gitu…
(simulasi jalan raya)
@ kevin gue setuju bro. Hahaha kocak banget lo. Masuk akal juga RPM 5000 cbr kan udah sedikit keluar tenaganya. Yah mending yamaha ngeluarin R15 terus di tes media Indonesia. Kan otomotif.net punya vericom tuh. Nanti kita bandingin.
Kalo liat jarak drag nya dari si pengambil gambar jaraknya 14 tiang listrik, biasanya jarak tiang listrik itu sekitar 50 meter antar tiang jadi jarak drag nya kira2 14 x 50 meter = 700 meter.
wowww…jauh juga tuh dragnya mas bro!
kalo pengin sensasi motor sport beneran y pilih overbore.kalo squer sih sensasi bebek biasa kali xixixixi….imho…(yg pernah coba vixion and cbr pasti tahu sensasinya)
mau ngebut ya pake DOHC!
kalau ngebut pakai SOHC? pilih yang overbore!
beres kan!
memangnya knp kalo mau ngebut hrs pilih yg overbore?
memangnya yg overstroke ga bs ngebut ya bro?
memangnya ngebut harus panjang ya treknya?
yah, yg nyiptain tuh mesin kan udah bilang, SOHC n DOHC pnya segmen yg beda.. g puas, tinggl digabungan aj.. jd SDHC
paling bosan liat fbh kutang,,, sok motor paling kenceng,,, padahal semua orang tau material honda itu asalan,,, perhatiin aja,,liat sekeliling mu,,, ane ngak usah sebut,,,cukup semuany perhatiin,, malahan bagusan suzuki dari pada honda untuk materialny,,, dirumah ane pake yamaha suzuki,,, tapi ngak ada yang minat ma honda,,, orang pake honda cuma mikir iritnya,,, pake aja gerobak ditarik kuda,,,
secara garis besar dohc adalah gen balap,sdg sohc adalah tipe buat harian,…jd gk perlu byk memutar lidah lagi..cepat ya cb150,sdg santai ya new vixion.gtu lhoh…
Emang,mesin overstroke ga ada apa-apanya kalo di jalan lurus panjang..
Gue pake Tiger revo,tiap bulan pulang kampung dari bekasi-tegal..
Paling enak di pantura indramayu-cirebon,disana jalan Lurus panjang mulus..
Sempet ada vixion mo ngejar,setengah mati ga bisa-bisa sampe ane turunin gas biar dia bisa jejerin ane,setelah lumayan deket,ane tancap gas lagi,dia susah payah ngejar ane..hahaha