Categories: MotoGP

Solusi Agar Marc Marquez dan Ducati Sama-sama Hepi

RiderTua.com – Ducati masih galau menentukan siapa pembalap yang akan menjadi rekan setim Pecco Bagnaia di tim pabrikan tahun depan. Marc Marquez dari tim Gresini dan Jorge Martin dari tim Pramac sama-sama menginginkan kursi yang saat ini ditempati Enea Bastianini.

Tahun ini Marquez mengendarai GP23 tetapi beberapa kali menegaskan bahwa dia menginginkan motor dengan spesifikasi terbaru pada musim 2025. Simon Crafar (pengamat MotoGP) mengatakan, “Saya pribadi berpikir ada satu cara untuk membuat semua orang senang, memang tidak semua orang tapi mayoritas. Yakni dengan Marc mendapatkan motor pabrikan di Gresini.”

Solusi Agar Marc Marquez dan Ducati Sama-sama Hepi

Simon Crafar melanjutkan, “Dan dia tidak harus mengganti Red Bull (Marquez disponsori oleh Red Bull sementara Ducati menjalin kerja sama dengan minuman energi saingan Monster). Pertanyaan besarnya adalah Enea dan Jorge. Apa yang akan terjadi di sana? Jelas, Jorge juga tidak tahu.”

Pecco Bagnaia – Marc Marquez – Ducati

Martin berhasil memenangkan GP Prancis untuk memperpanjang keunggulannya di klasemen, sementara Marquez berhasil finis P2 setelah menyalip Pecco Bagnaia dengan sangat brilian. “Marquez kembali ke kekuatan lamanya saat sprint dan balapan utama. Benar-benar luar biasa,” kata Crafar.

Crafar menambahkan bahwa Marc start dari P13 dan terus merangsek maju, lalu menyalip Pecco. Sungguh luar biasa. Pecco adalah pembalap yang bagus dan itu bukanlah posisi yang mudah. “Yang dia lakukan adalah mengerem secara miring di tikungan. Ini adalah trek yang lebih pendek. Kita dapat mengerem sekuat tenaga pada tikungan yang pendek, seperti halnya kita dapat mengerem ke atas dan ke bawah. Itulah yang dia lakukan,” imbuh Crafar.

“Dia langsung melaju ke sana untuk mengalahkan Pecco. Keterampilan super untuk melakukannya melawan pembalap yang begitu cepat. Dalam berbagai hal Marc siap untuk naik ke level lain, termasuk dalam menyalip,” jelas Crafar.

Usai naik podium di Le Mans, Marquez menegaskan bahwa masa adaptasinya dari Honda ke Ducati sudah selesai. Meski belum bisa meraih kemenangan pertama bagi pabrikan asal Borgo Panigale Italia itu, dia sudah sering naik podium baik di sprint maupun balapan utama musim ini.

Setelah 5 seri pertama musim 2024, Marquez berada di peringkat 3 tertinggal 40 poin dari pemimpin klasemen Martin. Mengenai cara Marquez dalam menjinakkan motor barunya, Crafar mengungkapkan, “Ini lebih sulit. Di awal musim dia sudah memperingatkan bahwa itu tidak akan mudah. Dia memberi tahu jumlah target yang dia tuju. Sekarang, kita bisa lihat dia senang karena dia punya kecepatan untuk menjadi pemenang.”

“Jika dia mampu menyalip Diggia dengan lebih mudah, lebih cepat, lebih bersih maka dia akan beristirahat selama beberapa lap untuk mengeluarkan asam laktat dan menurunkan suhu ban lalu siap untuk melaju. Untuk mendapatkan kecepatan itu? Itu sebabnya dia sangat bahagia,” pungkas Simon Crafar.

Tags: Ducatimotogp
Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Mobil Listrik Berjarak Tempuh Jauh Paling Banyak Dicari!

RiderTua.com - Mobil listrik yang dijual di Indonesia semakin beragam model dan jenisnya. Dari MPV, SUV, sampai mobil niaga semuanya…

19 June 2024

GAC Aion Mulai Membuka Dealer, Siap Rilis Mobil!

RiderTua.com - GAC Aion telah mempersiapkan segalanya untuk memulai penjualan mobilnya di Indonesia pada tahun ini. Dari jaringan penjualan sampai…

19 June 2024

Joan Mir akan Perpanjang Kontrak dengan Tim Pabrikan Honda, Tapi

RiderTua.com - Nama Joan Mir berulang kali dibicarakan di pasar transfer MotoGP. Seperti 10 pembalap lain yang menjadi starter saat ini,…

19 June 2024

Bergaya Neo-Sport Cafe, Honda CB300R Dapat Warna Baru yang Sangar!

RiderTua.com - Honda CB300R, nakedbike yang bergaya Neo-Sport Cafe pertama kali meluncur di tahun 2017. Kali ini baru saja mendapat…

19 June 2024

Toprak Razgatlioglu Bersama BMW ke MotoGP?

RiderTua.com - Kemenangan sempurna Toprak Razgatlioglu di Misano menjadikannya pembalap BMW pertama yang memimpin klasemen Kejuaraan Dunia Superbike sejak 2012 (Marco…

19 June 2024

Aleix Espargaro : Motor MotoGP Sekarang Semakin Berat

RiderTua.com - Aleix Espargaro telah menyatakan keprihatinannya atas tenaga ekstra yang diperlukan untuk mengendarai motor MotoGP dalam jarak balapan karena…

18 June 2024