Categories: MotoGP

Joan Mir Harus Mencoba Motor Ducati atau KTM

RiderTua.com – Musim kedua Joan Mir bersama Repsol Honda sepertinya tidak akan lebih baik dari musim pertamanya. Tahun 2023 lalu, rider berusia 26 tahun itu secara terang-terangan mendadak membahas pensiun hanya beberapa bulan setelah meninggalkan Suzuki. Musim pertamanya di Honda, Mir didaulat menjadi ‘king of crash’ dan hasil terbaiknya adalah P12 di Portimao. Jauh berbeda dengan tahun 2020 ketika rider Spanyol itu menjadi juara dunia MotoGP bersama Suzuki.

Masa depannya dan kemungkinan masa depannya di luar MotoGP masih menjadi perdebatan di Jerez pekan lalu. “Ini sulit. Mir sampai pada titik seperti yang dilakukan Marc Marquez di Honda, di mana dia kehilangan motivasi. Apakah lebih baik pergi dan melakukan hal lain?” ujar Sylvain Guintoli.

Joan Mir Harus Mencoba Motor Ducati atau KTM

Sylvain Guintoli menjelaskan bahwa dalam situasi seperti itu, ini adalah hal yang sulit bagi Honda. Mereka harus mengatur performa dan membuat motornya lebih baik. Mereka juga harus mengatur pembalap dan motivasi mereka. Mereka harus menjaga motivasi teman-temannya. Rider-rider ini masih yang terbaik di dunia, mereka bisa saja terjun ke seri lain dan meraih beberapa kemenangan, mereka mungkin tergoda untuk melakukan hal lain.

Joan Mir -Santi

“Karena itu membuat depresi. Ada lebih dari 20 balapan tetapi pada dasarnya, kita hanya balapan dan melakoni tes sepanjang tahun. Jika motor kita tidak mampu kompetitif, sulit untuk mempertahankan motivasi,” imbuh Guintolli.

Neil Hodgson menambahkan, “Dia belum tua. Saya kenal Joan, dia obsesif. Jika menjadi manajernya, pasti akan mencoba untuk membawanya ke Ducati atau KTM.”

Jika Mir benar-benar hengkang dari Honda, dia bukanlah pembalap pertama yang keluar dari pabrikan sayap emas itu dalam beberapa tahun terakhir.

“Lihatlah kakak beradik Marquez. Wajah bahagia. Semua orang di dalam garasi tertawa. Mereka mempunyai uang sepuluh kali lebih sedikit, tetapi mereka bisa bersenang-senang dan berupaya untuk memenangkan balapan,” imbuh Guintolli.

Mir menyelesaikan P9 pada sprint (sebagian besar karena banyaknya pembalap crash di depannya) kemudian P12 pada balapan utama di Jerez akhir pekan lalu. Rekan setimnya Luca Marini bernasib jauh lebih buruk pada debutnya dengan Honda Rc213V, sejak meninggalkan tim VR46 milik sang kakak Valentino Rossi.

Secara keseluruhan, Honda berada di posisi terbelakang di MotoGP dan mereka terus menyaksikan bahkan Yamaha yang notabene adalah sesama pabrikan Jepang berhasil mengungguli mereka.

Joan Mir sedang memasuki tahun terakhir kontraknya di Honda sehingga bisa ditargetkan untuk pergi ke tim lain. Namun setelah 2 musim mendapatkan hasil yang buruk, dirusak oleh mesinnya yang di bawah standar, mungkin dia akan menemukan sesuatu untuk dibuktikan ketika para pesaingnya berebut kursi terbaik di grid 2025.

This post was last modified on 6 May 2024 20:36

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Hubert Trunkenpolz : Berkat Pedro Acosta Strategi Membuat GASGAS Terkenal, Berhasil!

RiderTua.com - Pierer Group menggunakan 4 merek KTM, Husqvarna, GASGAS dan CFMOTO untuk berkompetisi di dunia balap motor. Hubert Trunkenpolz…

17 June 2024

Selain Pembalap, Mekanik, Teknisi, dan Manajer juga Bisa Membocorkan Rahasia

RiderTua.com - Pasar transfer yang ramai saat ini memunculkan sejumlah pertanyaan untuk mengevaluasi kemungkinan perjanjian antara pabrikan dan pembalap. Pengalaman…

17 June 2024

Jetour Siap Rilis Dua Mobil Baru di GIIAS 2024!

RiderTua.com - Jetour sudah lama dinantikan kehadirannya di Indonesia setelah Chery mengkonfirmasi peluncurannya mulai tahun ini. Merek mobil asal Negeri…

17 June 2024

Toyota Rush Masih Menjadi LSUV Terlaris, XL7 Mulai Mengejar!

RiderTua.com - Penjualan Toyota selama bulan Mei lalu memang masih cukup bagus, walau dengan kondisi pasarnya yang belum membaik. Tetap…

17 June 2024

Kontrak Enea Bastianini Berdurasi 2 Tahun di Tech3 KTM

RiderTua.com - Mulai MotoGP musim 2025, Enea Bastianini akan mengendarai RC16 di tim Red Bull KTM Tech3 yang akan memiliki tingkat…

17 June 2024

BYD Mulai Mengirim Atto 3 ke Konsumen Indonesia?

RiderTua.com - Dengan BYD yang telah meluncurkan tiga mobil listriknya di Indonesia, seharusnya unitnya sudah dikirim ke konsumen beberapa bulan…

17 June 2024