Categories: MotoGP

Maverick Vinales : Meski Ada Tawaran Bagus Saya Ingin Bertahan di Aprilia

RiderTua.com – Meskipun Ducati mendominasi MotoGP di awal musim 2024, Maverick Vinales dan Aprilia mampu bersaing dengan hasil yang sangat mengesankan. Setelah meraih kemenangan sprint di Portimao, rider Spanyol itu berhasil menyapu bersih dengan meraih pole position, kemenangan di sprint dan race utama di COTA.

Vinales yang meninggalkan Yamaha setelah dipecat di GP Styrian, kini bisa dibilang sedang dalam performa terbaik dalam karirnya. Namun kejadian itu bisa saja memberikan gambaran yang sangat berbeda, seandainya Maverick Vinales pensiun. Sebuah pertanyaan yang diajukan kepadanya di GP Spanyol akhir pekan lalu. “Ketika itu terjadi, sulit untuk menemukan alasan untuk melanjutkannya. Saya memenangkan banyak balapan. Saya beruntung dalam hal kekayaan, saya baik-baik saja,” ujarnya.

Maverick Vinales : Meski Ada Tawaran Bagus Saya Ingin Bertahan di Aprilia

Rider berjuluk Top Gun itu melanjutkan bahwa satu-satunya hal yang membuatnya tetap datang ke paddock ini adalah kemenangan. Dia selalu punya feeling dan motivasi bahwa jika bekerja keras, dia bisa memaksimalkan bakatnya dengan motor apa pun. “Pada akhirnya, kami berhasil! Saya sudah menduga sebelumnya bahwa saya punya peluang. Tapi saya belum pernah memanfaatkannya sampai sekarang,” jelas Vinales.

Maverick Vinales

Tak hanya konsistensi Vinales yang meningkat sejak bergabung dengan Aprilia, pembalap berusia 29 tahun itu pun tampak jauh lebih bahagia. Ketika dia ditanya apa yang berubah selama bekerja di Aprilia?

Vinales menjawab, “Ini dimulai dari Qatar tahun lalu. Butuh waktu bersama teknisi dan teknisi data saya dari tahun lalu. Valencia adalah konfirmasinya. Saya meraih pole dan rekor lap. Tapi di Malaysia? Motor baru dan saya kesulitan. Saya tidak dapat mempercayainya. Di Qatar kami bisa saja bersaing untuk meraih kemenangan tapi saya merasa tidak nyaman dengan motornya.”

“Di Portimao saya memaksakan diri untuk mengendarai motor ketika saya merasa sangat tidak nyaman. Sejak itu, selalu di depan. Pengalaman membantu. Tahun-tahun pertamaku bersama Suzuki ketika motornya masih benar-benar baru, saya mengembangkan motor tanpa pengalaman. Jadi ini membantu. Saya tahu apa yang dibutuhkan motor itu. Saya tahu saya peka terhadap apa yang berjalan baik atau tidak, dan itu baik untuk pabrikan,” imbuhnya.

Sehubungan dengan musim ini, apakah Vinales yakin dia bisa menjadi penantang gelar? Finis di 5 besar secara konsisten adalah target besar dan menurutnya bisa membuatnya semakin dekat untuk mencapai hasil tersebut.

Vinales menjelaskan bahwa sekarang dia tahu kuncinya adalah motor harus kencang. Akan ada jalur dimana rivalnya jauh lebih kuat. Targetnya adalah masuk 5 besar setiap akhir pekan. “Akan ada akhir pekan di mana kami bisa menang. Yang lainnya P5 bukan P9. Itulah mentalitas kami,” ujarnya.

Seperti kebanyakan pembalap musim ini, kontrak Vinales akan habis akhir musim 2024. Tetapi karena masa depan Aleix Espargaro yang juga masih belum jelas, sebaiknya Aprilia tidak ‘mengunci’ Vinales mengingat performa dan usianya.

Vinales nampaknya berniat bertahan bersama pabrikan asal Noale Italia itu, meski dia mengakui ada opsi bagus di luar sana. “Menurutku ada opsi. Ada proyek bagus. Saat ini saya fokus pada balapan tahun ini bersama Aprilia. Setiap balapan yang saya lakoni seperti Austin atau Portimao, saya lebih kuat dalam bernegosiasi dengan bos. Saya tidak khawatir tentang masa depanku. Saya ingin mencari performa,” pungkas rider yang berhasil memecahkan rekor sebagai pembalap di era MotoGP yang berhasil menang dengan 3 pabrikan berbeda (Suzuki, Yamaha, dan Aprilia) itu.

This post was last modified on 2 May 2024 18:36

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Hubert Trunkenpolz : Berkat Pedro Acosta Strategi Membuat GASGAS Terkenal, Berhasil!

RiderTua.com - Pierer Group menggunakan 4 merek KTM, Husqvarna, GASGAS dan CFMOTO untuk berkompetisi di dunia balap motor. Hubert Trunkenpolz…

17 June 2024

Selain Pembalap, Mekanik, Teknisi, dan Manajer juga Bisa Membocorkan Rahasia

RiderTua.com - Pasar transfer yang ramai saat ini memunculkan sejumlah pertanyaan untuk mengevaluasi kemungkinan perjanjian antara pabrikan dan pembalap. Pengalaman…

17 June 2024

Jetour Siap Rilis Dua Mobil Baru di GIIAS 2024!

RiderTua.com - Jetour sudah lama dinantikan kehadirannya di Indonesia setelah Chery mengkonfirmasi peluncurannya mulai tahun ini. Merek mobil asal Negeri…

17 June 2024

Toyota Rush Masih Menjadi LSUV Terlaris, XL7 Mulai Mengejar!

RiderTua.com - Penjualan Toyota selama bulan Mei lalu memang masih cukup bagus, walau dengan kondisi pasarnya yang belum membaik. Tetap…

17 June 2024

Kontrak Enea Bastianini Berdurasi 2 Tahun di Tech3 KTM

RiderTua.com - Mulai MotoGP musim 2025, Enea Bastianini akan mengendarai RC16 di tim Red Bull KTM Tech3 yang akan memiliki tingkat…

17 June 2024

BYD Mulai Mengirim Atto 3 ke Konsumen Indonesia?

RiderTua.com - Dengan BYD yang telah meluncurkan tiga mobil listriknya di Indonesia, seharusnya unitnya sudah dikirim ke konsumen beberapa bulan…

17 June 2024