Categories: MotoGP

Honda ‘Diasapi’ Yamaha di 2 Seri Pertama 2024, Ini Jawaban Alberto Puig

RiderTua.com – Dalam 2 seri MotoGP pertama musim 2024, 4 pembalap Honda mengumpulkan 14 poin sementara Yamaha mencetak 18 poin meski hanya dengan 2 motor. Sungguh awal musim yang tidak banyak menciptakan optimisme.

Tragisnya, Luca Marini yang merupakan pengganti Marc Marquez hanya menempati peringkat terbawah klasemen tanpa satu poin pun. Keempat pembalap Honda berada di 4 posisi terakhir di grid, yang merupakan awal dari kesulitan mereka. Tidak ada rider Honda yang mencetak satu poin pun dalam sprint race dan Joan Mir finis ke-12 di GP Portimao yang juga diuntungkan dengan crash yang dialami Maverick Vinales (Aprilia) dan Francesco Bagnaia (Ducati).

Honda ‘Diasapi’ Yamaha di 2 Seri Pertama 2024, Ini Jawaban Alberto Puig

Alberto Puig (manajer tim Repsol Honda) mengatakan, “Pembalap kami tidak sepenuhnya puas dengan performanya, tetapi mereka dapat melihat bahwa kami berusaha sebaik mungkin. Kami sedang dalam proses pengembangan, itu jelas.”

Repsol Honda Team 2024 – Joan Mir – Alberto Puig – Tetsuhiro Kuwata -Ken Kawauchi – Luca Marini

Sejurus kemudian Puig menegaskan bahwa saat ini Honda sedang bergerak maju meski hasilnya belum terlihat secara signifikan. Bos asal Spanyol itu juga mengakui, “Pada saat yang sama, pabrikan-pabrikan lain juga mengalami kemajuan.”

Puig menambahkan bahwa pihaknya telah mencapai kemajuan sebanyak yang mereka harapkan. Tapi mereka punya misi dan rencana yang jelas. Tahun lalu Honda sudah mengatakan bahwa ini tidak mudah, tapi mereka menginvestasikan banyak sumber daya dan telah memperkuat proyek ini dalam hal sumber daya manusia.

Sejauh ini proyek MotoGP Honda telah menerima bantuan dari staf yang ditugaskan pada balap Formula 1 untuk mengembangkan RC213V. Tim teknis yang berada di puncak proyek MotoGP Honda juga dirombak untuk tahun ini.

“Jika melihat klasemennya kami belum bisa mengimbangi kompetitor. Tapi itu adalah sebuah proses. Tentu saja, saat ini kami lebih memilih untuk menjadi yang terdepan. Tetapi segala sesuatunya memang apa adanya. Kami akan terus berusaha,” ujar Puig.

Jelas-jelas grip adalah area yang dinyatakan sebagai kelemahan setiap pembalap Honda. Puig menegaskan, “Roda belakang harus lebih banyak kontak dengan aspal saat memasuki dan keluar tikungan.”

Meskipun baru-baru ini Honda mengklaim sudah membuat kemajuan tetapi jelas bahwa mereka membutuhkan lebih banyak kemajuan lagi. Puig menambahkan, “Hanya itu yang bisa saya katakan. Kami menjalankan misi dan memiliki target. Orang-orang paham Honda. Kami tidak akan berhenti sampai kami mencapainya.”

Kapan Honda bisa kembali memenangkan balapan MotoGP? Puig menjawab, “Menurutku kami akan dapat melanjutkan konsesi setelah liburan musim panas. Kami berharap melihat ada kemajuan yang lebih jelas di paruh kedua musim ini. Itulah harapan kami dan wajar untuk mempercayainya. Itu adalah ekspektasi kami.”

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Marc Marquez Menguji Rem Jempol untuk Pertama Kalinya

RiderTua.com - Marc Marquez mencoba rem jempol di stang kiri Ducati GP23 pada tes hari Senin di Jerez. Rider Gresini…

2 Mei 2024

Fabio Di Giannantonio : Teknologi di MotoGP Saat Ini Luar Biasa, Saya Menyukainya

RiderTua.com - Semakin dekat pengumuman mengenai peraturan baru MotoGP, semakin terbuka perdebatan tentang teknologi di masa depan. Fabio Di Giannantonio dengan…

2 Mei 2024

Johann Zarco : Bukan Drama, RC213V yang Baru Tidak Ada Kemajuan

RiderTua.com - Pada tes MotoGP hari Senin di Jerez, 4 pembalap Honda Joan Mir, Luca Marini, Takaaki Nakagami, dan Johann…

2 Mei 2024

Tesla Cybertruck akan Dikirim ke Indonesia Mulai Tahun Depan

RiderTua.com - Tesla telah memulai pengiriman Cybertruck di Amerika Serikat tahun lalu, meski untuk pasar global juga tengah dilakukan. Namun…

2 Mei 2024

Sergio Garcia : Saya Belum Masuk Radar Mana Pun!

RiderTua.com - Tak ada yang menyangka, pendatang baru tim MT Helmets - MSI,  Sergio Garcia (Boscoscuro) berhasil memimpin klasemen Kejuaraan…

2 Mei 2024

Wuling Hanya Sediakan Satu Varian Untuk Cloud EV

RiderTua.com - Wuling Cloud EV kini sudah bisa dipesan oleh konsumen Indonesia beberapa bulan setelah modelnya diperkenalkan ke publik. Mobil…

2 Mei 2024