Categories: MotoGP

Mengapa GP Qatar Semakin Menunjukkan Bahwa Ducati Lebih Dominan di MotoGP dari Sebelumnya?

RiderTua.com – Brad Binder dan Aleix Espargaro memang seperti mempunyai momen sendiri di GP Qatar, tetapi tetap Ducati-lah yang berkuasa. Jorge Martin dan Francesco Bagnaia masing-masing menang di sprint dan balapan utama di sirkuit Lusail. Namun dominasi Ducati jauh melampaui pemenang balapan, karena kehadiran mereka sangat terasa di 10 besar.

Martin memenangkan sprint di depan Brad Binder (KTM) dan Aleix Espargaro (Aprilia), tetapi posisi ke-4 hingga ke-7 semuanya adalah pembalap Ducati. Di grand prix, Pecco menunjukkan kualitas nomor 1-nya dengan meraih kemenangan mengungguli Binder, namun cengkeraman Ducati di posisi teratas bahkan lebih impresif. Martin finis ke-3 dan memimpin 5 pembalap Ducati lain yang finis di belakangnya dengan Marc Marquez P4 dalam debutnya bersama tim Gresini.

Mengapa GP Qatar Semakin Menunjukkan Bahwa Ducati Lebih Dominan di MotoGP dari Sebelumnya?

Pecco Bagnaia – Jorge Martin – Marc Marquez

Namun terlepas dari posisi penyelesaian akhir, baik itu GP24 atau GP23, masih merupakan motor terbaik di grid. Selama bertahun-tahun top speed tidak menjadi masalah, namun cengkeraman tajam, cornering speed, dan kemampuan pengereman motor merekalah yang bikin para rivalnya pusing.

Binder harus bekerja keras untuk finis ke-2 di kedua balapan, tetapi jika menyangkut balapan yang lebih panjang, keausan ban sepertinya juga menguntungkan Ducati.

Untuk memperkuat argumen ini, berikut adalah beberapa statistik yang Ducati berikan untuk membantu pembalapnya selama GP Qatar:

  • Kemenangan Bagnaia membuatnya menjadi juara dunia pertama yang memenangi balapan pembuka musim setelah memenangi grand prix terakhir 2023, sejak Jorge Lorenzo pada 2015/16.
  • Kemenangan Bagnaia di Qatar juga merupakan kemenangan ke-10 berturut-turut Ducati di seluruh balapan, sebuah rekor baru bagi merek Italia dan rekor MotoGP.
  • Setelah terseok-seok di musim 2023 (masih bersama Repsol Honda), finis ke-4 Marc Marquez menjadi hasil terbaiknya sejak P2 di Phillip Island (2022).
  • Kemenangan Jorge Martin dalam sprint adalah kemenangannya yang ke-10 dari 20 balapan dan kemenangan sprint Ducati ke-17 dalam jumlah balapan yang sama.
  • Total 19 kemenangan yang ditorehkan Pecco Bagnaia di MotoGP hanya terpaut 4 dari perolehan Casey Stoner di Ducati.
  • Dengan kombinasi Peccoa dan Martin untuk meraih podium ganda, rekor podium beruntun Ducati diperpanjang menjadi 47 dengan setidaknya 1 pembalap naik podium.

Meski kecepatan balapan terus menjadi kekuatan besar Ducati, performa mereka dalam satu lap juga tetap lebih baik dibandingkan pabrikan lain. Ini adalah kombinasi yang terbukti ‘mematikan’ karena pabrikan seperti KTM dan Aprilia paling dekat sebagai penantang, namun kesulitan untuk melakukannya secara konsisten.

This post was last modified on 18 Maret 2024 18:41

Tags: Ducatimotogp
Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

BYD Siap Membangun Pabrik Mobilnya di Indonesia!

RiderTua.com - BYD telah memulai penjualan mobil listriknya di Indonesia beberapa bulan lalu. Hanya saja modelnya yang dijual disini masih…

2 Mei 2024

Marco Bezzecchi : Motor Tidak Pernah Sebaik Ini dalam Balapan, Sudah Mulai Nyetel!

RiderTua.com - Setelah finis ke-3 pada balapan hari Minggu di Jerez, Marco Bezzecchi yakin segalanya akan berjalan lebih baik mulai…

2 Mei 2024

Chery akan Memulai Ekspor Mobilnya Mulai Tahun Ini

RiderTua.com - Chery telah sukses dalam mencatatkan hasil penjualan yang cukup bagus di Indonesia selama lebih dari setahun. Mereka juga…

2 Mei 2024

Franco Morbidelli : Manuver Terlalu Berisiko, Sleding Jack Miller

RiderTua.com - Jack Miller dan Franco Morbidelli bersenggolan lalu sama-sama terjatuh di lap 18 GP Jerez hari Minggu. Dengan penuh…

2 Mei 2024

Davide Tardozzi : Saya Pusing Ketika Ditanya Siapa Rekan Pecco Bagnaia

RiderTua.com - Juara dunia Pecco Bagnaia kembali naik podium teratas pada balapan MotoGP hari Minggu di Jerez. Jelas hal ini…

2 Mei 2024

Yamaha Bakalan Punya Tim Satelit Pada 2025, Kata Siapa?

RiderTua.com - Rumor yang tersebar di paddock GP Spanyol tetap pada nasib beberapa tim satelit. Seperti diketahui, Yamaha sedang berusaha keras…

2 Mei 2024