Categories: Otomotif

Inikah Harga Baterai Mobil Listrik Hyundai?

RiderTua.com – Biasanya harga baterai pada suatu mobil ramah lingkungan dapat mempengaruhi harga jualnya. Atau paling tidak komponennya yang masih didatangkan dari luar negeri, sehingga menyebabkan banderolnya juga ikut mahal. Disebutkan harga baterai bisa melebihi atau setara dengan satu unit mobil. Untuk baterai yang dipakai oleh Hyundai, harganya bisa tembus lebih dari Rp 300 jutaan.

Harga Baterai Mobil Listrik Dapat Bervariasi di Pasarnya

Mobil listrik biasanya dapat menjadi pilihan bagus dalam mengurangi emisi yang dihasilkan oleh mobil konvensional. Hanya saja kendalanya yaitu harga baterainya yang dapat mempengaruhi harga jual suatu mobil listrik. Sebenarnya tidak hanya sebatas model BEV saja, tetapi juga mobil ramah lingkungan lainnya yang memakai baterai, seperti PHEV.

Terkadang jenis suatu baterai dapat mempengaruhi harganya, atau bahan baku yang dipakainya dan dimana komponennya didatangkan. Baterai nikel kebanyakan dijual dengan harga cukup mahal, sebagai contoh baterai pada Hyundai Ioniq 5 bisa dibanderol Rp 300 juta untuk short range, dan Rp 400 juta untuk long range. Ini disebabkan karena komponennya yang diimpor langsung dari Korea Selatan.

(Car and Driver)

Beda Kualitas?

Jika ada komponen yang diimpor dari luar negeri, jelas harga jualnya menjadi mahal karena kena tarif impor. Namun Hyundai menargetkan akan segera memulai perakitan baterainya di Indonesia mulai tahun ini. Tetap saja, baterainya masih memakai nikel, bukan LFP (lithium ferro-phosphate) seperti yang digunakan oleh BYD dan Chery.

Sebelumnya Hyundai menyebut baterai LFP kurang ideal untuk mobil listriknya karena memiliki jarak tempuh lebih pendek. Memang tiap jenis baterai memiliki kekurangannya sendiri, dan LFP terkadang berukuran cukup besar, sehingga dapat menambah bobot mobil. Sementara baterai nikel juga disebut cukup membahayakan jika mengalami kerusakan akibat terkena tabrakan atau ditusuk benda tajam.

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Berani Salip Adiknya Alex untuk Menang? Marc Marquez : Saya Lebih Memilih Minta Maaf Ketimbang Minta Izin

RiderTua.com - Menjelang dimulainya MotoGP musim 2024, Marc Marquez ditanya apakah dia siap untuk memulai musim sebagai rekan satu tim…

1 Maret 2024

Hasil Tes Resmi Moto2 Jerez Spanyol 2024 (FP6)

RiderTua.com, Jerez de la Frontera - Kamis (29/2/2024), Dalam sesi tes resmi untuk kelas Moto2 hari kedua (FP6), Celestino Vietti…

1 Maret 2024

Hasil Tes Resmi Moto3 Jerez Spanyol 2024 (FP6)

RiderTua.com, Jerez de la Frontera - Kamis (29/2/2024), Pembalap Red Bull KTM Ajo, Jose Antonio Rueda menjadi yang tercepat dalam…

1 Maret 2024

Hasil Tes Resmi Moto2 Jerez Spanyol 2024 (FP5)

RiderTua.com, Jerez de la Frontera — Hasil Tes Resmi Moto2 Jerez Spanyol 2024 hari kedua sesi kelima (FP5) : Kamis…

29 Februari 2024

Hasil Tes Resmi Moto3 Jerez Spanyol 2024 (FP5)

RiderTua.com, Jerez de la Frontera — Hasil Tes Resmi Moto3 Jerez Spanyol 2024 hari kedua sesi kelima (FP5) : Kamis…

29 Februari 2024

Hasil Tes Resmi Moto2 Jerez Spanyol 2024 (FP4)

RiderTua.com, Jerez de la Frontera — Hasil Tes Resmi Moto2 Jerez Spanyol 2024 hari kedua sesi keempat (FP4) : Kamis…

29 Februari 2024