Categories: MotoGP

Penyebab Terpuruknya Honda : Tidak Mendengarkan Dani Pedrosa dan Crutchlow, Fokus dengan Marquez

RiderTua.com – Masalah Honda di MotoGP dimulai beberapa tahun sebelum cedera lengan Marc Marquez pada tahun 2020, menurut mantan manajer tim Livio Suppo. Meskipun Marquez memenangkan gelar MotoGP berturut-turut pada 2016-2019, menambah dua gelar juara dunia sebelumnya, kemenangan balapan sesama pembalap Honda mulai sulit pada awal 2018.

Cedera lengan yang dialami Marquez kemudian menyebabkan musim 2020 tanpa kemenangan sebelum bintang Spanyol itu membalas dengan tiga kemenangan di sela-sela operasi lebih lanjut pada tahun 2021. Kesuksesan tersebut menunjukkan bahwa masa terburuk telah berlalu bagi Honda, namun hal tersebut ternyata hanya sebuah harapan palsu. Daya saing RCV terus menurun, meski kondisi fisik Marquez membaik, dan dia tidak memenangkan balapan baik pada tahun 2022 maupun 2023. Marc telah keluar dari Honda untuk bergabung dengan Gresini Ducati musim ini.

Honda Tidak Mendengarkan Dani Pedrosa dan Crutchlow

Saat ditanya kesulitan Honda Livio Suppo menjawab, “Saya tidak tahu apakah kita punya cukup waktu untuk membicarakannya sekarang.. Pertama-tama, sulit membicarakan masalah jika Anda tidak terlibat secara langsung.  Saya terlibat di Honda hingga akhir tahun 2017. Dan kemudian pada tahun 2018, pada dasarnya tim tersebut sama persis dengan yang saya tinggalkan, dengan Dani dan Marc. Dan tetap saja ini merupakan musim yang cukup baik bagi Dani, meski dia tidak mampu memenangkan balapan.”

Cal Crutchlow

Namun, Dani Pedrosa dan Cal Crutchlow memperingatkan Honda tentang masalah yang semakin besar pada motornya. “Anda pasti ingat beberapa wawancara Cal, yang tidak begitu baik tentang motornya!..  Tetapi Dani juga mengeluh (bukan di depan umum, tapi dalam pertemuan teknis) bahwa motornya menjadi semakin sulit untuk dikendarai,” kata Suppo.

Namun dengan Marquez yang meraih gelar pada tahun 2018 dengan sembilan kemenangan, kemudian 12 kemenangan dan satu mahkota lagi pada tahun 2019, kata-kata mereka sepertinya tidak didengarkan. “Tentu saja bakat Marc sangat membantu. Dan mungkin salah satu kesalahannya adalah Honda saat itu tidak mendengarkan pembalap seperti Cal dan Dani,” lanjut Suppo.

Faktanya Honda tidak terlalu peduli dengan hasil pembalap lain, mereka hanya fokus pada kemenangan Marc, kemenangan dan kemenangan. Dan ini mungkin kesalahan terbesar.  Dan kemudian ketika mereka menyadarinya, yang pada dasarnya terjadi bersamaan dengan kecelakaan Marc pada tahun 2020, semuanya sudah terlambat.

“Tetapi itulah mengapa saya tidak berpikir hanya Jerez 2020 yang menjadi alasan utama mengapa Honda mengalami kesulitan besar dalam beberapa tahun terakhir. Itu adalah kombinasi dari beberapa hal,” tambahnya.. Ketika Pedrosa dan Crutchlow pensiun, masing-masing pada akhir tahun 2018 dan 2020, mereka segera diambil alih untuk tugas pengujian MotoGP… oleh pabrikan saingan (KTM dan Yamaha).

“Saya sangat terkejut ketika mengetahui bahwa Honda tidak menawarkan atau tidak menemukan solusi untuk memasukkan Dani sebagai pembalap penguji.. Karena sudah jelas bagi semua orang bahwa Dani memiliki sensitivitas yang tinggi terhadap motor,” kata Suppo.

Pedrosa tetap bersama KTM, di mana dia nyaris naik podium sebagai wild card di Misano musim lalu, sementara Crutchlow adalah pembalap tes resmi dan pembalap pengganti di Yamaha.

ridertua

Leave a Comment

Recent Posts

Pecco Bagnaia : Sering Terjadi Senggolan di Sprint Tapi Kali Ini Gila!

RiderTua.com - Kualifikasi tidak berjalan baik bagi Pecco Bagnaia sehingga hanya menempati posisi ke-7 di grid. Jalannya sprint race pada…

28 April 2024

Ke Tim Pabrikan KTM Musim Ini? Pedro Acosta : Itu Hal yang Bodoh

RiderTua.com - Pedro Acosta menyelesaikan latihan MotoGP hari pertama di Jerez dengan posisi ke-6 hanya kalah 0,4 detik dari pembalap tercepat…

28 April 2024

Jaecoo akan Menjual Mobil BEV dan PHEV?

RiderTua.com - Jaecoo dipastikan akan hadir sebagai merek mobil baru lainnya di Indonesia. Merek dari Chery ini tidak akan hadir…

28 April 2024

Jorge Martin : Marc Marquez Melakukan Kesalahan

RiderTua.com - Pada kualifikasi di trek basah, Marc Marquez merayakan pole position pertamanya dengan Ducati dan Jorge Martin menempati posisi…

28 April 2024

Chery Pastikan akan Merakit Mobil HEV dan PHEV di Indonesia

RiderTua.com - Chery mungkin baru berjualan selama lebih dari setahun setelah kembali hadir di Indonesia. Tapi kali ini mereka menawarkan…

28 April 2024

BMW i5 Resmi Dijual Dengan Harga Rp 2,17 Miliar

RiderTua.com - BMW telah meluncurkan mobil listrik terbaru lainnya di Indonesia beberapa minggu lalu, yaitu i5. Dari desainnya sudah cukup…

28 April 2024