Categories: MotoGP

Bos Aprilia : Tahun Depan akan Lebih Sulit Lagi Karena Motor Peraih Gelar Dunia Ditunggangi Marc Marquez

RiderTua.com – Bos balap Aprilia, Massimo Rivola memasang target menjadi pabrikan terbaik kedua MotoGP musim 2024. Pasalnya, keunggulan Ducati pasti akan semakin sulit dipatahkan.  “Jika kita menyatukan semuanya, kita bisa cepat. Ini semua tentang detail dan kami harus bekerja lebih tekun pada detail tersebut. Hanya tim Ducati yang secara teratur mengalahkan kami dan mereka memiliki keunggulan besar dengan 8 motor di lintasan. 8 motor fantastis dan tahun depan akan lebih buruk lagi karena motor peraih gelar juara dunia dikendarai oleh Marc Marquez,” ungkap bos asal Italia itu.

Rivola menambahkan, “Kedengarannya tidak bagus untuk keseluruhan kompetisi. Ini pekerjaan yang sulit, tapi kami tidak punya pilihan selain menjadikannya motor yang lebih baik dan berhenti membuat kesalahan. Bagaimana cara melakukannya? Kerja tim membuahkan hasil. Kami harus merenungkan apa yang telah kami lakukan sejauh ini dan benar-benar memahami mengapa kami tidak cepat di beberapa balapan. Jika pembalap memiliki lingkungan yang tepat, dia dapat membuat perbedaan. Sedikit tambahan untuk menutup gap terakhir bisa datang dari pembalap. Saya yakin akan hal itu.”

Bos Aprilia : Tahun Depan akan Lebih Sulit Lagi Karena Motor Peraih Gelar Dunia Ditunggangi Marc Marquez

Aleix Espargaro – Maverick Vinales

Dengan peringkat 6 dan 7 di Kejuaraan Dunia untuk Aleix Espargaro dan Maverick Vinales serta peringkat 3 di Kejuaraan Dunia Konstruktor, pada tahun 2023 Aprilia tidak memenuhi ekspektasinya sendiri. Menatap tahun 2024, Massimo Rivola memperingatkan, “Hal terburuk yang bisa kita lakukan adalah bereaksi berlebihan ketika segala sesuatunya tidak berjalan baik. Jika kita melihat paruh pertama musim ini, kami tidak mencapai kecepatan dalam hal performa atau hasil. Kami harus tetap tenang, terus berusaha dan kemudian merayakan dua kemenangan.”

Namun di GP Malaysia Aprilia mengalami kesulitan. “Tetapi di Thailand, di mana kami seharusnya terpuruk, ternyata performa kami tidak buruk sama sekali. Motornya menjadi lebih baik secara keseluruhan. Austria juga merupakan trek yang sederhana bagi kami di masa lalu, namun tahun ini Maverick hampir meraih pole position,” ungkap Rivola.

Namun persyaratan dasarnya adalah RS-GP24 harus full power. “Motor tahun depan harus lebih baik dan tidak ada alasan untuk meragukan hal itu. Jadi pertanyaannya adalah, seberapa baik KTM, seberapa besar peningkatan Ducati dengan keunggulan yang sudah mereka miliki? Dan Yamaha? Apa yang mereka tunjukkan di Sepang agak mengkhawatirkan,” ungkap Rivola merujuk pada posisi 5 dan 7 untuk Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli, sementara tidak ada Aprilia yang masuk 10 besar di GP Malaysia.

Rivola melanjutkan, “Mereka akan mendapat kelonggaran dan kami akan mengizinkannya. Tapi saya terlihat seperti orang bodoh, karena mengapa kami melakukan itu? Tapi masalah yang lebih besar adalah ada 8 Ducati super cepat di lintasan.”

Menyusul lonjakan pesat di musim 2022, Rivola antara lain menyebut ekspektasi berlebihan sebagai mood killer, terutama di paruh pertama tahun ini. Jadi, apakah petinggi di Noale berencana memasuki musim baru dengan ekspektasi yang tidak terlalu tinggi?

Rivola menjawab, “Kita tidak pernah berencana untuk menurunkan ekspektasi. Targetnya harus menjadi pabrikan terbaik kedua. Kami tahu sulit melawan Ducati dengan keunggulan yang mereka miliki sekarang baik secara numerik maupun statistik, dengan semua data yang mereka kumpulkan. Karena saat berada di lintasan adalah jalan berkembangnya motor. Dan dengan cara ini mereka mendapatkan waktu tempuh dua kali lebih banyak.”

“Saya tidak ingin menyinggung siapa pun, karena mereka yang melakukannya dan kami tidak melakukannya. Masalahnya adalah mereka seharusnya tidak diperbolehkan melakukan hal itu. Saya memberi tahu Carmelo (Ezpeleta) mengenai hal itu setiap hari. Saya tidak mengatakan bahwa mereka salah. Mereka menyelesaikannya, mereka berinvestasi banyak, itu bagus sekali. Tapi itu tidak bagus untuk Kejuaraan Dunia,” pungkas Massimo Rivola.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Pedro Acosta Raih Podium Sprint Pertama dan Kini Menempati Peringkat 2 di Klasemen

RiderTua.com - Sekali lagi, rookie MotoGP Pedro Acosta tampil mengejutkan dan lagi-lagi menjadi pembalap KTM terbaik pada sprint race di…

28 April 2024

Cuma Rp 90 Jutaan? Skutik Bongsor Suzuki Burgman 400 Resmi Dirilis

RiderTua.com - Skutik bongsor yang kembali diluncurkan oleh Suzuki Jepang, yakni Burgman 400 kali ini untuk model 2024 telah mendapat…

28 April 2024

Podium Fabio Quartararo Dibatalkan Akibat Tekanan Ban, Dani Pedrosa Dipromosikan ke P3

RiderTua.com - Podium Fabio Quartararo dibatalkan.. Daniel Pedrosa atau Dani Pedrosa (Red Bull KTM Factory Racing) akhirnya dipromosikan ke P3…

28 April 2024

Enea Bastianini : Tidak Semua Rider Ducati Mengalami Masalah Getaran, Gaya Balap!

RiderTua.com - Di posisi ke-8, Enea Bastianini langsung melaju ke Q2 di Jerez pada hari Jumat setelah akhir-akhir ini selalu…

28 April 2024

Hasil Sprint Race MotoGP Spanyol 2024

RiderTua.com, Jerez de la Frontera, Hasil Sprint Race MotoGP Spanyol 2024 — Rider Prima Pramac, Jorge Martin, berhasil memenangkan balapan…

27 April 2024

Hasil Kualifikasi Moto2 Spanyol 2024

RiderTua.com, Jerez de la Frontera - Pembalap Speed Up Racing Fermin Aldeguer mampu menyelesaikan kualifikasi Moto2 Spanyol 2024 yang digelar…

27 April 2024