Categories: MotoGP

Alex Rins: Comeback di Valencia untuk LCR Lalu Ngetes Yamaha M1?

RiderTua.com – Setelah gagal balapan di Sepang dan Qatar (diganti Lecuona), belum jelas apakah Alex Rins bisa berlaga di final Kejuaraan Dunia di Valencia. Pembalap LCR Honda itu kembali berlatih dengan superbike 1000 cc untuk pertama kalinya (sejak operasi ketiga) di Sirkuit Catalunya bersama Andrea Iannone (Ducati). Namun akankah pemenang GP Texas itu kembali mengendarai Honda RC213V pada final Kejuaraan Dunia di Spanyol pada 24-26 November? Hal ini belum bisa dipastikan 100 persen.

“Rencananya minggu depan akan dilakukan pemeriksaan rontgen lagi. Setelah itu harus ada kejelasannya,” tegas pemilik tim LCR Honda, Lucio Cecchinello. Sebagai informasi, sama seperti di Sepang, pembalap Superbike Iker Lecuona akan kembali menggantikan Rins di Qatar akhir pekan ini.

Alex Rins: Comeback di Valencia untuk LCR Lalu Ngetes Yamaha M1?

Alex Rins – Honda

Alex Rins crash parah pada sprint race di Mugello pada Juni lalu dan kemudian harus menjalani dua kali operasi dan memakai fixator eksternal selama berhari-hari pasca operasi pertama (itu terjadi di Florence).

Kemudian upaya comebacknya semakin tertunda karena sekrupnya menjadi longgar dan menyebabkan rasa sakit. Rins sempat datang ke GP Barcelona bulan September dan masih berjalan menggunakan tongkat.

Akhirnya dalam waktu singkat Rins memutuskan untuk ambil bagian di GP Jepang, di mana sebenarnya tes rider Stefan Bradl dijadwalkan menjadi pembalap penggantinya seperti di India. Rins menunggangi Honda RC213V di Motegi pada latihan hari Jumat, tetapi mundur karena rasa sakit yang parah (dan tertinggal 3,747 detik) dan menempati posisi ke-21 atau terakhir. Bradl turun tangan untuk hari Sabtu, finis di posisi ke-14 dan mengamankan 2 poin pada race hari minggu meski tidak ambil bagian pada latihan Jumat.

Seminggu kemudian di Mandalika, Rins berada di posisi ke-21 atau posisi terakhir di grid. Tapi dia tetap tenang dalam balapan hari Minggu, mendapatkan keuntungan dari banyaknya insiden di lini depan, sehingga pembalap berusia 27 tahun itu dihargai atas konsistensinya dan kemampuannya untuk bertahan.

“Itu adalah upaya besar untuk menyelesaikan balapan. Setelah 13 atau 14 lap, rasa sakitnya datang, sangat sakit,” keluh Rins setelah finis di posisi ke-9.

Seminggu kemudiandi Phillip Island (20-22 Oktober), mantan pembalap Suzuki itu harus mundur lagi pada latihan hari Jumat dan kemudian langsung pulang ke Spanyol untuk diperiksa oleh dokternya dan kemudian menjalani operasi ketiga.

Kini bos balap Yamaha, Lin Jarvis juga berharap Alex Rins akan siap beraksi lagi setelah istirahat selama 5 pekan. “Saya yakin Alex akan mengikuti GP Valencia untuk LCR dan 2 hari kemudian menguji M1 Yamaha untuk kami,” kata Lin Jarvis.

This post was last modified on 16 November 2023 11:46

Mimi Carrasco

Recent Posts

Superbike Ini Bakal Jadi Khusus untuk Balap? Yamaha R1 dan R1M Akan Discontinue

RiderTua.com - Superbike andalan Yamaha yakni R1 dan R1M telah diumumkan oleh Yamaha UK kalau Yamaha Motor Group akan di-discontinue.…

26 Februari 2024

Jorge Martin Tantang Pecco Bagnaia (Lagi) : Tahun Lalu Saya Banyak Lakukan Kesalahan..!

RiderTua.com - Jorge Martin mengincar gelar MotoGP 2024 setelah nyaris meraihnya di musim sebelumnya. Ini akan menjadi tantangan kecepatan, strategi,…

26 Februari 2024

Nicolo Bulega Masih Belajar Start : Kopling Superbike Panigale V4R Beda dengan Supersport Panigale V2

RiderTua.com - Pada balapan Superpole di Phillip Island, Nicolo Bulega start dari pole position. Namun kemudian didorong ke posisi ke-3…

26 Februari 2024

Andrea Locatelli : Penyebab Crash Belum Diketahui Pasti

RiderTua.com - Andrea Locatelli menunjukkan performa bagusnya mulai dari tes pramusim dan menjadi pembalap Yamaha terbaik di peringkat keseluruhan. Tahun 2024…

26 Februari 2024

Alvaro Bautista : Ban, Kumohon Jangan Meledak!

RiderTua.com - Setelah istirahat panjang karena cedera, Alvaro Bautista mengalami dislokasi beberapa sendi di antara tulang belakang lehernya dalam crash…

26 Februari 2024

Adu Performa Chery Tiggo 5x vs Wuling Alvez

RiderTua.com - Chery telah menghadirkan mobil terbarunya di Indonesia beberapa hari lalu, yaitu Tiggo 5x. Model ini mengisi segmen di…

26 Februari 2024