Categories: MotoGP

Brad Binder ‘Marc Marquez’nya KTM, Hanya Dia yang Mampu Jinakkan RC16

RiderTua.com – Brad Binder kini menjadi acuan KTM di MotoGP dan bagi Afrika Selatan di Kejuaraan Dunia. Bisakah dia dan KTM-nya benar-benar menjadi ancaman besar bagi Ducati?.. Apa yang kita saksikan akhir pekan lalu di Thailand adalah salah satu balapan terbaik musim ini, bahkan di MotoGP modern saat ini. Pembalap asal Potchefstroom itu mengamuk, berusaha sekuat tenaga menempatkan motor KTM miliknya di depan dua motor pabrikan Italia itu. Memang pada akhirnya dia tidak berhasil, namun balapan itu hanyalah demonstrasi kesekian kalinya dari kekuatan Binder, yang telah lama menjadi acuan tak terbantahkan bagi merek Austria itu. Seperti yang selalu dilakukan Marc Marquez sejak kedatangannya di Honda, dan masa jayanya di pabrikan Jepang itu.

Brad Binder Seperti Marc Marquez di KTM

Binder adalah salah satu pembalap yang lulus dari Red Bull Rookies Cup, kejuaraan merek tunggal KTM, sebelum melanjutkan ke tantangan tingkat dunia. Pada tahun 2016 dia menang di kejuaraan dunia Moto3 bersama tim Aki Ajo, yang kemudian menjadi tim resmi KTM di kategori tersebut. Binder kemudian memenangkan kejuaraan Moto2 bersama KTM, sebuah proyek yang berumur pendek tetapi hanya dia yang berhasil membawanya ke level yang lebih tinggi.

Begitu tiba di MotoGP, dia menjadi salah satu dari sedikit pembalap yang meraih kesuksesan pada debutnya, juga menandai tonggak sejarah bagi KTM. Dia empat kali menang balapan (dua kali untuk tahun ini saja) dan sebelas lainnya naik podium antara sprint dan balapan utama, secara matematis dia tetap bersaing memperebutkan gelar hingga balapan terakhir, apa yang pernah terjadi sebelumnya. Tidak mengherankan jika dia terus-menerus terikat kontrak dengan KTM..

Pecco Bagnaia – Brad Binder

Apakah Brad Binder benar-benar kuat bahkan dibanding ke-4 pembalap KTM lainnya? Jawaban datang dari Pol Espargaro, satu dari 4 pembalap KTM yang paling berpengalaman. Pembalap Spanyol itu tidak merahasiakan bahwa dia sangat terkesan dengan apa yang dilakukan Binder, terutama dibandingkan dengan semua pembalap lain yang menaiki RC16. Pembalap Afrika Selatan, saat ini adalah satu-satunya yang mampu tampil gacor dengan KTM.

Di GP Thailand, Espargaro berbicara tentang Binder, “Anda bisa memberi Brad Binder motor Moto2 dan dia masih bisa memenangkan balapan di MotoGP. Binder mampu mengerem lebih lambat dan memiliki kecepatan menikung lebih baik. Kami memiliki gaya balap yang sangat mirip, tetapi sekarang motornya sangat berbeda. Saya tidak mengatakan itu cocok untuknya, melainkan dialah yang terus beradaptasi dengan perubahan motor,” katanya..

Bisa dikatakan kejadian ini mirip dengan Marc Marquez dan Honda di masa keemasan sebelum cedera, yang motornya hanya bisa dijinakkan olehnya. Bisa jadi juga Brad Binder akan benar-benar mampu mengalahkan pasukan Ducati di MotoGP… Mungkin pada tahun 2024?

Berikut ini daftar kehebatan Brad Binder:

  • Pembalap Afrika selatan yang mampu mencetak podium lagi bagi negaranya, setelah lama kekeringan podium. Di mana sebelumnya peraih podium terakhir adalah Mario Rademeyer, (podium ke-3) di kelas 250cc pada GP Afrika Selatan 1985 yang digelar di Kyalami.
  • Pada tahun 2016, Binder menjadi juara dunia Moto3 dan sekali lagi dia menjadi orang Afrika Selatan pertama yang juara lagi setelah sekian lama.. Yang terakhir adalah Jon Ekerold, juara dunia pada tahun 1980 di kelas 350cc.
  • Binder menjadi rookie Moto2 bersama KTM dimana mulai membaik di akhir musim dengan sering podium.. Finis sebagai peringkat dunia ke-3 pada tahun 2018 dan menjadi runner-up di musim terakhirnya di kategori menengah Moto2 tersebut.
  • Setelah tiba di MotoGP, dia terus membuat perbedaan, Brad Binder menjadi pembalap Afrika Selatan dengan podium terbanyak di kelas premier (sembilan) bersama, Paddy Driver, orang Afrika Selatan pertama yang berkompetisi di kelas premier juga..

This post was last modified on 5 November 2023 16:09

Tags: Brad Binder
ridertua

Leave a Comment

Recent Posts

Hasil Practice MotoGP Prancis 2024

RiderTua.com, Le mans — Hasil Latihan (Practice) MotoGP Prancis 2024 : Jumat (10/5/2024), Jorge Martin menjadi rider tercepat dari latihan…

10 Mei 2024

Hasil FP1 MotoGP Prancis 2024

RiderTua.com, Le mans — Hasil Latihan Bebas 1 (FP1) MotoGP Prancis 2024 : Jumat (10/5/2024), Jorge Martin mampu menorehkan catatan…

10 Mei 2024

Pecco Bagnaia : Saya Tidak ingin Marc Marquez ke Tim Pabrikan? Itu Omong Kosong!

RiderTua.com - Juara bertahan Pecco Bagnaia tampil brilian di GP Spanyol. Rider pabrikan Ducati itu mampu mengalahkan Marc Marquez dalam…

10 Mei 2024

Hasil Latihan Bebas Moto2 Prancis 2024

RiderTua.com, Le mans — Hasil Latihan Bebas Moto2 Prancis 2024 : Jumat (10/5/2024), Hasil latihan bebas (FP) Moto2 Bugatti 2024…

10 Mei 2024

Hasil Latihan Bebas Moto3 Prancis 2024

RiderTua.com, Le mans — Hasil Latihan Bebas Moto3 Prancis 2024 : Jumat (10/5/2024), Rider CFMoto Aspar Racing, David Alonso mencatatkan…

10 Mei 2024

Aleix Espargaro : Orang-orang di Luar Trek Tidak Peduli Apakah Kami Membukukan Waktu 1:38 atau 1:33 Menit

RiderTua.com - Aprilia menunjukkan performa kuat di Le Mans dalam beberapa tahun terakhir. Pada 2022 Aleix Espargaro finis ke-3 dan…

10 Mei 2024