Categories: MotoGPSuperbike

Saran Bautista : Balapan MotoGP Dikurangi, Balapan Superbike Ditambah

RiderTua.com – Saran Bautista : Balapan MotoGP dikurangi, balapan Superbike ditambah. Karena hanya ada satu balapan di luar Eropa dan hanya ada 12 venue di kalender Kejuaraan Dunia Superbike 2024, promotor Dorna mendapat kritikan dari semua pihak. Namun para pembalap papan atas menunjukkan pengertiannya.

“Bagi saya akan lebih baik jika kami mengadakan lebih banyak balapan di luar Eropa. Saya tidak tahu mengapa hal ini tidak terjadi, mungkin karena kondisi ekonomi. Saya berasumsi Dorna akan melakukan yang terbaik untuk membuat kalender yang bagus. Tapi sekarang ini lebih terlihat seperti Kejuaraan Eropa ketimbang Keajuraan Dunia,” kata juara dunia Alvaro Bautista.

Saran Bautista : Balapan MotoGP Dikurangi, Balapan Superbike Ditambah

Untuk tahun 2023 San Juan telah melanggar kontrak sehingga tidak akan ada balapan di Argentina, juga pada tahun 2024. Mandalika meski sempat dikontrak 10 tahun, namun berakhir setelah tiga kali event. Tanpa dukungan pemerintah atau sponsor besar, perjalanan ke luar Eropa tidak akan menguntungkan bagi promotor Dorna maupun penyelenggara lokal. Oleh karena itu, hanya Australia yang masuk dalam kalender SBK tahun 2024 dan 11 venue sisanya berada di Eropa.

Salah satunya adalah Cremona, trek di sana akan menjadi tuan rumah kejuaraan dunia untuk pertama kalinya dan dibutuhkan banyak kerja keras dan investasi untuk membawanya ke level yang sesuai. Sirkuit Balaton Park di Hongaria juga baru dan proyek konstruksi di sana juga menjanjikan banyak hal.

Bautista menjelaskan, “Saya juga berpikir jumlah event saja tidak cukup. Di Kejuaraan Dunia MotoGP, para pembalap mengeluh karena mereka melakoni terlalu banyak balapan. Mungkin mereka harus meninggalkan beberapa di antaranya dan memberi kami dua atau tiga balapan lagi, itu akan menyenangkan. Kejuaraan kami dimulai pada bulan Februari dan berakhir pada bulan Oktober. Lalu ketika hanya ada 12 balapan, ada jeda yang terlalu lama.”

Alvaro Bautista6

“Saya tahu kalender Formula 1 dan MotoGP akan dibuat terlebih dahulu, baru kemudian kalender kami. Selalu begitu. Tidak mudah bagi kami para pembalap untuk menjalani balapan di akhir pekan, lalu istirahat sebulan. Kemudian balapan lagi, lalu istirahat 2 bulan. Para penggemar merasakan hal yang sama. Kita menjadi bersemangat dalam balapan dan kemudian tidak melakukan apa-apa selama sebulan. Kemudian balapan lagi dan kami hampir tidak dapat mengingat apa yang terjadi terakhir kali,” imbuh rider Ducati berusia 38 tahun itu.

Jonathan Rea mengatakannya dengan lebih diplomatis. “Saya sadar sulit bagi penyelenggara untuk mendapatkan kalender yang bagus. Pada paruh pertama musim, balapan sangat tersebar, namun pada bagian terakhir menjadi sibuk. Saya belum tahu trek di Hongaria dan Cremona. Saya pernah mendengar beberapa hal negatif tentang Cremona, yang mengatakan bahwa treknya sangat kecil seperti trek kart. Tapi saya belum pernah ke sana, jadi saya tidak bisa menilai. Saya suka mengunjungi tempat-tempat baru dan mendapatkan pengalaman baru,” ujar pembalap baru Yamaha itu.

Remy Gardner menambahkan, “Portimao pada bulan Agustus merupakan kejutan bagi saya, ini bisa menjadi balapan yang cukup panas pada saat itu. Kalendernya agak aneh. Fakta bahwa musim ini dimulai di Australia adalah hal yang baik bagiku dan mungkin bagi semua pembalap juga. Saya tidak mengenal pembalap mana pun yang tidak menyukai Phillip Island dan segala sesuatu di sekitarnya.”

“Tapi alangkah baiknya jika kami mengadakan lebih banyak balapan di luar Eropa. Saya suka di Mandalika, tapi saya tidak tahan dengan makanan di sana. Kalau ke sana lagi, saya akan bawa makananku dalam wadah Tupperware. Secara keseluruhan itu mengecewakan. Saya berharap akan ada lebih banyak balapan di luar Eropa di kalender pada tahun 2025 karena saya suka bepergian,” pungkas rider asal Australia itu.

This post was last modified on 6 November 2023 15:03

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Chery akan Memulai Ekspor Mobilnya Mulai Tahun Ini

RiderTua.com - Chery telah sukses dalam mencatatkan hasil penjualan yang cukup bagus di Indonesia selama lebih dari setahun. Mereka juga…

2 Mei 2024

Franco Morbidelli : Manuver Terlalu Berisiko, Sleding Jack Miller

RiderTua.com - Jack Miller dan Franco Morbidelli bersenggolan lalu sama-sama terjatuh di lap 18 GP Jerez hari Minggu. Dengan penuh…

2 Mei 2024

Davide Tardozzi : Saya Pusing Ketika Ditanya Siapa Rekan Pecco Bagnaia

RiderTua.com - Juara dunia Pecco Bagnaia kembali naik podium teratas pada balapan MotoGP hari Minggu di Jerez. Jelas hal ini…

2 Mei 2024

Yamaha Bakalan Punya Tim Satelit Pada 2025, Kata Siapa?

RiderTua.com - Rumor yang tersebar di paddock GP Spanyol tetap pada nasib beberapa tim satelit. Seperti diketahui, Yamaha sedang berusaha keras…

2 Mei 2024

Aleix Espargaro Pensiun? Saya Tidak Bisa Berkata Apa-apa!

RiderTua.com - Aleix Espargaro bisa saja mengucapkan selamat tinggal pada MotoGP pada akhir musim 2024. Pembalap Spanyol itu bisa menjadi…

2 Mei 2024

Raul Fernandez : Mengendarai Aprilia RS-GP24 ‘Seperti Mencicipi Permen’

RiderTua.com - Raul Fernandez yang membalap untuk tim satelit Trackhouse menjadi satu-satunya pembalap Aprilia yang masih menggunakan mesin 2023. Aprilia…

2 Mei 2024