Categories: MotoGP

GASGAS Tech3 2024 bersama Pol Espargaro dan Pedro Acosta?

RiderTua.com – Di GP Portugal pada akhir Maret lalu, terlihat jelas bahwa Pierer Mobility AG berada dalam dilema karena diperkirakan akan terjadi kelebihan pembalap di tim GASGAS Tech3 pada tahun 2024. Pol Espargaro memiliki kontrak untuk tahun 2024, juara dunia Moto2 Augusto Fernandez seharusnya mendapatkan kesempatan untuk menjalani musim MotoGP kedua tahun depan dan mereka juga harus memperhitungkan promosi pemimpin klasemen Moto2 Pedro Acosta ke MotoGP.

Selama berbulan-bulan, pabrikan asal Austria itu mencoba mendapatkan dua slot yang ditinggalkan Suzuki MotoGP dari Dorna. Namun ditolak karena tetap disediakan untuk pabrikan baru seperti BMW atau MV Agusta. Grup Pierer ingin menyerahkan tim MotoGP ketiga yang baru kepada Aki Ajo (dia sekarang menjalankan tim Moto3 dan Moto2 untuk Red Bull KTM).

Pemilik tim asal Finlandia itu masih berharap tim balap akan berkumpul di Silverstone pada awal Agustus dan ada starter tetap dengan Pedro Acosta. Marc Marquez juga berulang kali dikaitkan dengan rencana ini, setidaknya oleh manajer tim Francesco Guidotti.

GASGAS Tech3 2024 bersama Pol Espargaro dan Pedro Acosta

Namun harapan Pierer Group mendapatkan dua slot MotoGP dari tim satelit Gresini, LCR atau RNF juga tidak terwujud. Dan setelah pertemuan antara bos perusahaan KTM Stefan Pierer, anggota dewan Hubert Trunkenpolz dan direktur motorsport Pit Beirer pada hari Jumat di GP Spielberg (18 Agustus) dengan petinggi Dorna Carmelo dan Carlos Ezpeleta, akhirnya menjadi jelas bahwa tidak ada dua tempat tambahan untuk tahun 2024.

Pol Espargaro

Jadi di GP Austria Pierer Group memutuskan bahwa Pol Espargaro dan Augusto Fernandez akan memperebutkan tempat GASGAS kedua bersama Pedro Acosta, yang dianggap sebagai the new Marc Marquez dan di klasemen Moto2 rider berusia 19 tahun itu sudah unggul 50 poin dari Tony Arbolino.

Sekarang sudah jelas, Pol Espargaro dan Pedro Acosta akan membentuk tim GASGAS Tech3 pada tahun 2024. Pierer, Trunkenpolz dan Beirer kini telah menyetujui hal ini.

Setelah cedera serius di Portimao, Pol Espargaro membuat kejutan dengan beberapa penampilan yang kuat, misalnya dengan menempati posisi ke-6 dalam sprint di Spielberg, Grand Prix keduanya setelah istirahat selama 4,5 bulan. Selain itu, Pol juga memberikan kontribusi besar dalam perkembangan KTM RC16 dalam 4 tahun mulai 2017 hingga 2020 dengan 6 kali naik podium dan 2 kali pole position.

Setelah penampilannya yang menjanjikan dan konsisten, rookie Augusto Fernandez akan mengambil peran sebagai tes rider dan pembalap cadangan dari Pierer Group di GASGAS dan KTM di masa depan dan akan mengikuti setidaknya 6 Grand Prix dengan wildcard pada tahun 2024.

“Karena rencana Grand Prix ke-22, menjadi semakin penting bagi pabrikan untuk memiliki tes rider dan pembalap pengganti yang kuat berdasarkan kontrak,” jelasStefan Pierer dan Hubert Trunkenpolz dalam sebuah wawancara.

Augusto Fernandez tidak perlu berkecil hati, Pierer Group pasti masih menginginkan tim MotoGP ketiga untuk tahun 2025, di mana pembalap asal Spanyol itu berpeluang mendapatkan tempat permanen lagi di MotoGP.

This post was last modified on 6 Oktober 2023 19:10

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Pedro Acosta : Tak Ada Pembalap KTM yang Berani Mengeluhkan Getaran Pada Motor?

RiderTua.com - Seperti pada seri sebelumnya, penampilan Pedro Acosta di Le Mans juga membuat kagum. Rookie tim GASGAS Tech3 itu…

17 Mei 2024

Subaru Catat Kenaikan Penjualan Mobilnya di Q1 2024

RiderTua.com - Meskipun Subaru kembali hadir di Indonesia, mereka telah menghadirkan sejumlah mobil disini. Dari SUV sampai mobil sport, semuanya…

17 Mei 2024

Mobil LCGC Daihatsu Tetap Memimpin Penjualan Bulan Lalu

RiderTua.com - Daihatsu dan beberapa merek mobil lainnya di Indonesia mengalami penurunan penjualan yang cukup signifikan pada April lalu. Beberapa…

17 Mei 2024

Mitsubishi Yakin Target Penjualan Mobil Tahun Ini Bisa Tercapai

RiderTua.com - Mitsubishi mengalami penurunan penjualan mobil yang cukup drastis di Indonesia pada bulan lalu. Tidak hanya mereka saja, banyak…

17 Mei 2024

Kawasaki Meguro K3 : Model Klasiknya Masih Dipertahankan, Harga Rp 140 Jutaan

RiderTua.com - Sejak tahun 1960-an, Kawasaki dan Meguro sudah lama menjalin kerja sama yang sampai sekarang pun juga masih merilis…

17 Mei 2024

Honda, Yamaha dan Aprilia Melakoni Tes di Mugello

RiderTua.com - Sesuai aturan konsesi yang baru, sebagai pabrikan yang menempati peringkat D Honda dan Yamaha memiliki kebebasan untuk melakukan…

17 Mei 2024