Categories: MotoGP

Massimo Rivola : 4 Motor Pabrikan Aprilia? Terlalu Mahal untuk Kami

RiderTua.com – Sejak Massimo Rivola bergabung dengan Aprilia Racing sebagai direktur balap pada tahun 2019, pabrikan asal Noale itu mengalami peningkatan yang signifikan di semua sektor. Aleix Espargaro hanya berada di peringkat 14 dalam klasemen pada tahun 2019, tetapi 2 tahun kemudian dia naik ke peringkat 8. Dan Maverick Vinales yang dipekerjakan oleh Rivola pada tahun 2021 setelah didepak dari Yamaha, juga tampil bagus pada debutnya di Aprilia.

Pada tahun 2022, Aprilia yang dikapteni oleh Aleix Espargaro mencapai tonggak penting berupa kemenangan MotoGP pertama mereka di GP Argentina. Pembalap Spanyol itu juga memperebutkan gelar juara dunia dalam waktu yang lama dan mengakhiri tahun di peringkat 4 secara keseluruhan.

Hasil tersebut membuat Aprilia pede untuk pertama kalinya membekali tim satelit dengan tim RNF di musim 2023. Di GP Catalunya, mereka merayakan kesuksesan terbesar dalam sejarah MotoGP mereka hingga saat ini. Dengan Aleix Espargaro sebagai pemenang, Vinales di posisi ke-2 dan pembalap RNF Miguel Oliveira di posisi ke-5, mereka menunjukkan bahwa RS-GP kini menjadi salah satu motor terbaik di grid start.

Massimo Rivola : 4 Motor Pabrikan Aprilia? Terlalu Mahal untuk Kami

“Hari yang hampir sempurna, mengingat Raul harus mengakhiri balapan lebih awal karena masalah teknis. Pada titik ini saya ingin meminta maaf kepadanya, karena sebenarnya dia mampu finis di 8 besar. Saya juga sangat bangga dengan pembalap kami karena mereka menunjukkan semangat tim yang luar biasa,” ujar Rivola puas.

Massimo Rivola

Bos berusia 51 tahun ini menambahkan, “Senang sekali melihat apa yang telah kami capai dengan pekerjaan kami. Saya berada di sini bersama seorang teman pada tahun 2019, lalu mengatakan kepadanya bahwa saya sangat menantikan untuk melihat di mana kami berada dalam 5 tahun ke depan. Sekarang ketika saya memikirkan tentang itu, aku bisa tersenyum.”

Sekadar informasi, Aprilia bersama Aleix Espargaro hanya berada di peringkat 12 pada 2019 dan Bradley Smith di peringkat 16. Terlepas dari semua euforia, Rivola menekankan, “Ini bukanlah sebuah standar, tapi sesuatu yang istimewa. Karena layout dan permukaan lintasan, ini adalah salah satu lintasan terbaik untuk Aprilia.”

Menjelang GP Misano yang akan datang, bos asal Italia itu meredam ekspektasinya. “Misano bukanlah salah satu trek favorit kami. Saya tahu Maverick cepat di sana karena dia naik podium tahun lalu. Saya harap dia bisa melakukannya lagi tahun ini. Tapi tentu saja para pembalap Ducati sangat kuat, jadi kita harus wait and see,” ujar Rivola.

“Ducati kini memiliki motor yang bekerja sempurna di semua trek. Tentu saja, dengan 8 motor, mereka juga memiliki waktu tempuh yang jauh lebih lama dan oleh karena itu merupakan keuntungan yang sangat besar. Namun hal itu diperbolehkan dan mereka menerapkannya. Jadi kami harus mencari cara lain untuk mengkompensasi kekurangan ini,” kata Rivola mengomentari kekuatan Ducati.

Saat ditanya apakah tim satelit RNF juga akan dibekali RS-GP24 terbaru pada tahun 2024? Rivola memberikan jawaban yang jelas, “Tidak mungkin. 4 motor pabrikan terlalu mahal bagi kami. Hanya jika RNF membayar kami untuk itu, maka oke. Tapi kami mengambil selangkah demi selangkah.”

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Fabio Di Giannantonio Duel Sengit dengan Marc Marquez

RiderTua.com -  Di lap pertama GP Prancis, Fabio Di Giannantonio berduel sengit dengan rekan satu mereknya Marc Marquez.. Pembalap Italia itu…

13 Mei 2024

Fabio Quartararo : Yamaha Membaik Meski Jatuh!

RiderTua.com - Fabio Quartararo mengatakan bahwa Yamaha sudah menunjukkan tanda-tanda positif, bahkan mengenai jatuhnya dia tetap berfikir positif dengan mengatakan..…

13 Mei 2024

Edisi Ulang Tahun Ninja, Kawasaki Luncurkan Ninja 1000SX dengan Warna Khusus

RiderTua.com - Kawasaki memperingati ulang tahun Ninja ke-40 dengan meluncurkan sejumlah model Ninja (ZX-4RR, ZX-6R dan ZX-10R) yang dikelir warna…

13 Mei 2024

BYD Sea Lion 07, Rival Baru Bagi Tesla Model Y!

RiderTua.com - BYD memang dikenal dengan line-up mobil SUV dan hatchback yang cukup bervariasi. Meski demikian, mereka juga menjual mobil…

13 Mei 2024

Chery Siap Luncurkan Tiggo 5x Akhir Bulan Ini

RiderTua.com - Chery telah menghadirkan Tiggo 5x di Indonesia bulan Februari lalu di pameran IIMS 2024. Hanya saja model ini…

13 Mei 2024

Enea Bastianini Menyesal Kalah oleh Marc dan Martin

RiderTua.com - Enea Bastianini menyesal saingannya memperebutkan kursi tim resmi menang, dia tidak mencapai hal yang terbaik di Prancis.. masa…

13 Mei 2024