Categories: MotoGP

Lin Jarvis : Fabio Quartararo Ditukar Marc Marquez? Tidak akan Pernah Terjadi!

RiderTua.com – Lin Jarvis tahu bahwa Honda tertarik untuk menggaet Fabio Quartararo. Managing Director Yamaha Motor Racing itu menjelaskan apa yang perlu dilakukan untuk mempertahankan pembalap asal Nice-Prancis itu di tim pabrikan Yamaha.

Saat ditanya, apakah Lin Jarvis takut kehilangan El Diablo? “Saya tidak suka kata takut. Saya sadar akan bahayanya dan salah satu resikonya adalah Honda. Honda menginginkan pembalap top dan Fabio salah satunya. Untuk mempertahankannya kita perlu memiliki motor yang kompetitif. Kami benar-benar harus menunjukkan dengan fakta bahwa kami fokus untuk memaksimalkan motor,” tegas bos asal Inggris itu.

Lin Jarvis : Fabio Quartararo Ditukar Marc Marquez? Tidak akan Pernah Terjadi!

Seperti yang diketahui, Fabio Quartararo tidak melakoni balapan yang mudah tahun ini. Juara Dunia MotoGP 2021 itu berkutat dengan ‘jebakan’ Yamaha dan menuai hasil yang tidak sesuai. Di Silverstone dia mengalami titik terendah dengan posisi ke-22 atau terakhir di grid. “Silverstone adalah mimpi buruk yang istimewa,” keluhnya.

Tak heran jika para petinggi tim pabrikan yang bermarkas di Iwata itu takut kehilangan pemenang GP 12 kali itu sehingga dia ingin pindah ke kompetitor. Apalagi Honda tertarik untuk mengontrak pembalap berusia 24 tahun itu, yang saat ini berada di peringkat 11 di kejuaraan dunia.

Jarvis tidak bisa membayangkan Quartararo bertukar tempat dengan Marc Marquez. “Semuanya bisa terjadi. Tapi Marquez bersama kami? Itu kemungkinan yang tidak akan pernah terjadi. Pasar pembalap akan menunjukkan kepada kita pergerakan yang menarik tahun depan. Akankah Marquez melanjutkan atau pensiun, apakah dia akan tetap bersama Honda atau pabrikan lain?” ujar Jarvis.

Fabio Quartararo – Marc Marquez

Jarvis menambahkan, “Yang saya tahu adalah kami perlu mengubah sistem pengembangan kami. Untuk itulah kami menginginkan solusi cerdas dan karena itu kami akan beradaptasi. Kami benar-benar terbuka, mungkin kami akan menggunakan V4 di masa depan, saat ini kami menggunakan mesin 4 silinder in-line, yang dengannya kami memiliki banyak pengalaman. Masih ada potensi dalam paket kami.”

Jarvis juga melihat potensi dalam diri calon pendatang baru Alex Rins, yang telah ditandatangani kontraknya untuk 2024. “Dia petarung sejati, seorang pembalap yang efisien dan cepat, tapi dia hanya memenangkan satu balapan. Alex memiliki lebih banyak bakat alami dan terkadang mampu menunjukkan hal-hal yang sensasional. Tidak boleh dilupakan bahwa dia adalah satu-satunya pemenang balap dengan motor non-Ducati,” ujarnya.

“Dia memenangkan dua balapan dengan Suzuki dan menang dengan Honda tahun ini. Tentu, Austin adalah trek favoritnya, tetapi dia memiliki sikap dan pengalaman yang positif dengan mesin in-line 4 silinder. Dan dia benar-benar ingin bergabung dengan kami.”

Tetap saja, Yamaha punya plan B seandainya Alex Rins menolak tawaran itu. “Kami punya alternatif. (Tony) Arbolino berkembang dengan baik dan bisa menjadi pilihan untuk masa depan. Tapi kami tidak menginginkan pendatang baru karena ini bukan waktu yang tepat bagi kami untuk memiliki seorang rookie,” tegas Jarvis.

“Kami membutuhkan pembalap yang berpengalaman. Tapi pada akhirnya kita tidak tahu apakah Rins akan lebih baik dari Morbidelli. Pada akhirnya, memilih pembalap selalu merupakan pertaruhan. Tidak ada jaminan. Tapi sudah waktunya untuk membuat perubahan dalam tim dan itu solusi yang bagus, juga untuk Franky, yang akan mendapat insentif baru,” pungkas Lin Jarvis.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Marc Marquez Berhasil Mengalahkan Alex Marquez

RiderTua.com - Suasana di garaasi tim Gresini bagus, tapi kedua bersaudara itu tetap harus saling bersaing dan mengalahkan.. Meskipun Marc…

6 Mei 2024

Logo MotoGP Akan Berubah Mulai Tahun 2025.. Ada yang Suka dan Tidak!

RiderTua.com - Logo baru MotoGP akan berubah mulai tahun 2025 meskipun dikatakan tidak akan menyenangkan semua orang, ada apa?.. Yang…

6 Mei 2024

Alex Rins Ingin Tetap Bertahan di Yamaha Meski Banyak Masalah

RiderTua.com - Alex Rins mengaku banyak pekerjaan yang harus dikerjakan di Yamaha.. Namun dia berkomitmen untuk tetap bertahan di masa…

6 Mei 2024

Masalah Ducati Terpecahkan Mereka Telah Menemukan Solusinya

RiderTua.com - Akhir pekan MotoGP di Jerez sangat positif bagi Ducati dengan tiga pebalapnya naik podium dan tes konstruktif untuk…

6 Mei 2024

Marc Marquez Tidak Tepat di Tim Pabrikan Ducati, Ini Alasannya!

RiderTua.com - Mantan pembalap Neil Hodgson menegaskan, "Marc Marquez ke tim pabrikan Ducati? Saya melihatnya tidak tepat. Tetapi kenapa mereka…

5 Mei 2024

Tak Seperti Biasanya KTM Tampil Mengecewakan di Jerez Musim Ini

RiderTua.com - Dalam upaya menjadi penantang utama Ducati, balapan akhir pekan KTM di Jerez berakhir mengecewakan. Brad Binder berhasil P6…

5 Mei 2024