Categories: MotoGP

Fix! Alex Rins Absen di GP Silverstone

RiderTua.com – Tulang tibia dan fibula Alex Rins patah setelah mengalami crash di Mugello. Pembalap LCR Honda itu baru keluar dari Rumah Sakit 16 hari pasca insiden tersebut, dan terlihat jelas bahwa kaki bagian bawah pembalap Spanyol itu cedera parah.

“Alex Rins tidak akan berkompetisi di Silverstone. Pemulihannya membuat kemajuan yang sangat baik. Tapi saya tidak tahu, kapan dia bisa balapan lagi dan kapan dia akan kembali,” jelas pemilik tim LCR Honda Lucio Cecchinello.

Fix! Alex Rins Absen di GP Silverstone

Kapan Rins comeback ke trek balap? Hal ini akan diputuskan paling cepat pada minggu pertama bulan Agustus. “Kemudian Alex dapat menambah beban pada kakinya yang patah untuk pertama kalinya. Dia juga akan diizinkan untuk mengambil langkah pertamanya sejak insiden crash itu. Jika dia merasa baik, dia akan comeback ke Spielberg pada 20 Agustus atau di Barcelona pada 3 September. Kami belum tahu,” imbuh Cecchinello.

5 hari pasca operasi kedua di Madrid, Alex Rins diizinkan pulang ke Andorra. Crash parah yang dialaminya terjadi di sprint race Mugello pada 10 Juni lalu, ketika rider berusia 27 tahun itu jatuh dengan keras di Arrabbiata 1 (tikungan 8 Sirkuit Mugello) pada hari Sabtu, setelah berada di posisi ke-3 yang menjanjikan di hari Jumat. Operasi pertama untuk memasang fixator eksternal dilakukan pada malam yang sama di Klinik Careggi di Florence.

Dua hari kemudian, rider LCR Honda itu diterbangkan ke Madrid untuk menjalani operasi kedua di Rumah Sakit Ruber pada hari Kamis berikutnya. Para dokter melepas fiksator eksternal dan menstabilkan fraktur dengan pelat dan sekrup.

Pada hari Selasa usai TT Belanda (27 Juni), dengan senang Rins mengumumkan di akun media sosialnya, “16 hari dan kemudian dua kali operasi, kami akan pulang!”

Selain itu, pembalap yang tinggal di Andorra itu memposting beberapa foto yang mendokumentasikan cobaan beratnya. “Foto-foto ini menunjukkan parahnya crash dan kerja keras para dokter. Itu sulit, tapi saya akan kembali lebih kuat secara fisik dan mental. Terima kasih kepada Dr. Vila, Dr. Gomez Arrayas dan Dr. Sangiovanni serta tim mereka atas bantuan dan kerja keras mereka selama beberapa minggu terakhir,” tulisnya.

Alex Rins melewatkan balapan hari Minggu di Mugello serta absen di GP Sachsenring dan Assen. Dan kini juga dipastikan tidak akan ambil bagian di GP Silverstone usai jeda musim panas selama 5 pekan. Setelah menang di Texas-AS, dia naik ke peringkat 3 di klasemen pembalap, tetapi kini turun ke peringkat 13 dan masih menjadi pembalap Honda terbaik.

Sangat mungkin Rins akan absen total selama 3 bulan, mirip yang dialami pembalap GASGAS Tech3 Pol Espargaro yang crash di Portimao.

Sebagai pengingat, Valentino Rossi juga pernah mengalami patah tulang tibia dan fibula yang relatif tidak rumit di sesi FP3 pada Sabtu pagi 5 Juni 2010 di Mugello. Bintang Yamaha itu kemudian melakukan upaya comebacknya 6 pekan kemudian, mulai 16 hingga 18 Juli di Sachsenring dan mampu finis di posisi ke-4 dalam balapan!

This post was last modified on 22 Juli 2023 17:40

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Pedro Acosta : Tak Ada Pembalap KTM yang Berani Mengeluhkan Getaran Pada Motor?

RiderTua.com - Seperti pada seri sebelumnya, penampilan Pedro Acosta di Le Mans juga membuat kagum. Rookie tim GASGAS Tech3 itu…

17 Mei 2024

Subaru Catat Kenaikan Penjualan Mobilnya di Q1 2024

RiderTua.com - Meskipun Subaru kembali hadir di Indonesia, mereka telah menghadirkan sejumlah mobil disini. Dari SUV sampai mobil sport, semuanya…

17 Mei 2024

Mobil LCGC Daihatsu Tetap Memimpin Penjualan Bulan Lalu

RiderTua.com - Daihatsu dan beberapa merek mobil lainnya di Indonesia mengalami penurunan penjualan yang cukup signifikan pada April lalu. Beberapa…

17 Mei 2024

Mitsubishi Yakin Target Penjualan Mobil Tahun Ini Bisa Tercapai

RiderTua.com - Mitsubishi mengalami penurunan penjualan mobil yang cukup drastis di Indonesia pada bulan lalu. Tidak hanya mereka saja, banyak…

17 Mei 2024

Kawasaki Meguro K3 : Model Klasiknya Masih Dipertahankan, Harga Rp 140 Jutaan

RiderTua.com - Sejak tahun 1960-an, Kawasaki dan Meguro sudah lama menjalin kerja sama yang sampai sekarang pun juga masih merilis…

17 Mei 2024

Honda, Yamaha dan Aprilia Melakoni Tes di Mugello

RiderTua.com - Sesuai aturan konsesi yang baru, sebagai pabrikan yang menempati peringkat D Honda dan Yamaha memiliki kebebasan untuk melakukan…

17 Mei 2024