Categories: Sepeda Motor

Hanya Dijual 300 Unit, MV Agusta Dragster RR SCS America Special Edition

MV Agusta Dragster RR SCS America Special Edition dengan sentuhan warna bendera Amerika Serikat yang diluncurkan pada 11 Juli 2023, MV Agusta mengatakan ingin kembali lagi ke Amerika dengan motor ini. Bagi yang belum tahu, pada tahun 1975 MV Agusta pertama kali memperkenalkan Amerika 750S ke dunia.

Motor edisi spesial ini ditenagai mesin inline 3 silinder, yang merupakan ciri khas Dragster, 798cc berpendingin cairan, 4-stroke, 12-valve. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga mencapai 140hp pada 12.300 rpm dan torsi 87nm pada 12.800 rpm dengan transmisi enam percepatan, yang memiliki teknologi Smart Clutch System (SCS) 3.0 MV, adalah sebuah kopling otomatis yang digerakkan secara hidrolik.

MV Agusta Dragster RR SCS America Special Edition

Sektor Kaki-Kaki

Motor ini ditopang oleh suspensi depan upside-down Marzocchi fully adjustable dengan diamond-like coating (DLC) dipadukan dengan monoshock belakang fully adjustable progessive dari Sachs. Remnya menggunakan Brembo, dengan sepasang kaliper radial 4 piston dan sepasang floating disc 320mm di depan, dan kaliper 2 piston tunggal dan cakram 220mm di belakang. Kedua rem tersebut telah dilengkap dengan Continental ABS.

MV Agusta Dragster RR SCS America Special Edition Speedometer

MV Agusta Dragster RR SCS America Special Edition meluncur dengan sepasang velg berukuran 17 inci. Roda belakang yang seperti bisa Anda lihat di foto, juga mendapat cover serat karbon yang cukup spektakuler seakan memberikan kesan kokoh pada motor. Dipadukan dengan warna body yang kontras dengan livery merah, putih, dan biru di keseluruhan body motor ini.

Berat bersih motor ini mencapai 175kg, dan bisa diperingan lagi menjadi 166kg jika motor ini sudah dilengkapi dengan opsional Special Parts full exhaust(serta dengan ECU map), yang dikhususkan untuk track use only.

1975 MV Agusta 750S

Sebaliknya, MV Agusta 750S America tahun 1975 ditenagai oleh mesin inline 4 silinder, 789cc berpendingin udara yang diklaim dapat menghasilkan 75hp pada 8.500 rpm. Motor ini menggunakan empat karburator Dell’Orto VHB 26mm untuk membantu menghasilkan tenaganya, dan memiliki gearbox 5 percepatan dengan shaft final drive (gardan).

Suspensinya menggunakan Ceriani, dan pengereman terdiri dari cakram ganda di depan dan tromol SLS di belakang. Berat bersihnya mencapai 234,5kg yang cukup berat.

MV Agusta Dragster RR SCS America Special Edition Front & Rear

Ketika masih baru, MV Agusta 750S America tahun 1975 harganya sekitar $6.000 atau kurang lebih Rp. 89,6 juta. Namun itu dulu, untuk sekarang mereka mengungkapkan bahwa nilai tersebut setara dengan sekitar $35.024 atau kurang lebih Rp. 523,1 juta yang kalau dibandingkan harganya jauh lebih tinggi dibanding MV Agusta Dragster RR SCS America Special Edition sekarang.

Stok dan Harga Dragster RR SCS America Special Edition

Untuk tahun 2023, harga aktual MV Agusta Dragster RR SCS America Special Edition ini mulai dari $28.247 atau sekitar Rp. 421,9 juta. Dengan terdapat nomor seri yang berada tepat di atas triple clampnya, serta sertifikat keaslian. Untuk kesediaan stok, motor ini hanya dijual sebanyak 300 unit saja.

This post was last modified on 19 Juli 2023 09:22

Daffa

Leave a Comment

Recent Posts

Valentino Rossi : Pedro Acosta akan Sulit Dikalahkan di Masa Depan

RiderTua.com - Valentino Rossi membahas pembalap muda berbakat Pedro Acosta.. Dimana setelah hanya empat putaran dalam karirnya di kelas premier…

4 Mei 2024

Marc Marquez : Saya Ingin Motor Sekaligus Tim Pabrikan Tahun Depan

RiderTua.com - Selama balapan kandangnya di Jerez, Marc Marquez memberikan beberapa clue menarik tentang rencana masa depannya di MotoGP. Menjelang…

4 Mei 2024

Fabio di Giannantonio : Saya Tercepat di Tes Jerez Pasti Itu Mengejutkan Semua Orang

RiderTua.com - Selang sehari setelah rekan setimnya Marco Bezzecchi meraih podium pertama tim VR46 di MotoGP musim ini, Fabio di…

4 Mei 2024

Toprak Razgatlioglu : Tahun 2021 Saya Juara Dunia Tapi Tidak Secepat Sekarang

RiderTua.com - Pendatang baru BMW Toprak Razgatlioglu sukses 3 kali menang dan 6 kali naik podium dalam 9 balapan pertama…

3 Mei 2024

Ducati dan Tim Aruba akan Teken Perpanjangan Kontrak di Misano?

RiderTua.com - Kerjasama 10 tahun antara Ducati dan tim Aruba di Kejuaraan Dunia Superbike akan berakhir musim 2024. Pada April lalu,…

3 Mei 2024

Andrea Iannone : Jika Tidak Berada di Level Atas Saya akan Menyerahkan Motor ke Pembalap Muda

RiderTua.com - Setelah 4 tahun tidak membalap Andrea Iannone merasa terganggu dengan kenyataan bahwa rookie dari tim Go-Eleven itu tidak…

3 Mei 2024