Categories: Safety RIding

Para Instruktur Safety Riding AHM Melaksanakan Uji Kompetensi

PT Astra Honda Motor (AHM) kembali melaksanakan pengujian dan kalibrasi kualifikasi Instruktur Safety Riding Honda pada The 14th Astra Honda Safety Riding Instructors Competition (AHSRIC) 2023. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya perusahaan untuk melatih para instruktur safety riding dalam keselamatan untuk membantu menciptakan budaya keselamatan dan kenyamanan berkendara di tengah masyarakat.

Tujuan dari kompetisi AHSRIC, untuk mengkalibrasi keterampilan instruktur mengemudi baik dari segi keterampilan mengemudi yang aman serta berbagai kebutuhan sosial, dan juga memberikan informasi yang relevan dan menarik. Selain membantu masyarakat memahami pentingnya berkendara yang aman dan menghormati pengemudi lain, tetapi prakiraan bahaya juga digunakan sebagai parameter.


AHSRIC telah memasuki tahun yang ke-14 dan puncak acara ini pertama kalinya diselenggarakan di Pelatihan Keselamatan Sepeda Motor Honda terbesar se-Asia Tenggara, yaitu Astra Honda Motor Safety Riding Park (AHMSRP) di Deltamas, Cikarang. Bekasi, Jawa Barat, pada 12-15 Juni. Terdapat 8 kelas dibuka pada kompetisi ini, yaitu Instruktur Kelas Big Bike, Sport, Skuter, Penasihat Dealer, Penasihat Komunitas Kelas Sport, Penasihat Komunitas Kelas Skuter, Kelompok Instruktur Dealer Honda dan Instruktur Main Dealer Honda Safety Riding Pusat.

Menerapkan AHSRIC akan terus menjadi bagian inovatif untuk mengadaptasi skill pelatih. Tahun ini terdapat kriteria baru untuk semua kelas mengajar lainnya, yaitu ujian untuk para pelatih. Selain itu, skill mengemudi dan materi yang akan diujikan lebih luas karena penambahan kemampuan antisipasi bahaya.


Safety Riding Center Honda Dealer Utama Honda juga menyediakan materi uji inovasi keselamatan, yang bertujuan agar guru/pelatih dapat mengembangkan inovasi pendidikannya sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Hal ini telah diuji dalam kompetisi safety riding yang lebih tinggi tingkat Asia-Oseania.

Tahun ini tes Prediksi Bahaya dengan Honda Riding Trainer (HRT) telah ditambahkan ke Kursus Penasihat tahun ini, yang menjalankan tes teori dan keterampilan. Persaingan semakin ketat dengan penguatan tes keseimbangan (balancing skill) yang diperketat tahun ini dengan kombinasi keseimbangan di kecepatan lambat dan narrow plank.

Seleksi Bertingkat

Sebelum naik ke tingkat nasional, peserta kompetisi AHSRIC 2023 berkompetisi tingkat provinsi pada Februari-Mei lalu. Sebanyak 148 pelatih safety riding, 2.475 advisor safety riding dealer Honda dan 1.414 advisor safety riding komunitas Honda dari berbagai wilayah Indonesia mengikuti kompetisi ini.

Dari hasil pemilihan di tingkat daerah, terpilih sebanyak 175 peserta yang ingin mengikuti lomba di tingkat nasional yaitu, 18 instruktur kelas big bike, 43 instruktur kelas sport, 8 instruktur kelas scooter, 20 instruktur group main dealer dan 8 tim instruktur Safety Riding Center. Tim pelatih dari safety riding, beberapa dealer Honda juga aktif berpartisipasi dalam kampanye safety driving dengan mengirimkan 27 advisor dealer. Dan juga 55 orang dewan dari komunitas kelas sport dan 24 orang dari komunitas kelas skutik hadir dalam acara tahunan bergengsi ini.

 

Andy Wijaya, General Manager Marketing Planning and Analysis AHM, menuturkan AHSRIC merupakan bentuk konsistensi perusahaan agar terus meningkatkan keterampilan maupun pengetahuan keselamatan berkendara bagi para instruktur Safety Riding Honda.

“Kompetisi ini akan menguji kemampuan para pelatih untuk menyebarkan informasi tentang berkendara dengan aman kepada masyarakat luas, khususnya pengendara sepeda motor. Kami berharap para instruktur ini terus aktif untuk menciptakan budaya berkendara aman dan nyaman,” kata Andy.

Kompetisi safety driver ini merupakan cara Honda menyatakan komitmennya untuk mengembangkan budaya berkendara yang aman di seluruh dunia. Honda pun juga menggelar kompetisi yang serupa di negara lain.

Instruktur yang dilatih sebagai bagian dari kompetisi AHSRIC juga bersiap untuk bersaing dengan instruktur safety driving dari negara-negara lain. Mereka adalah bagian dari upaya aktif Honda untuk menaburkan semangat berkendara yang aman ke seluruh dunia.

#Cari_Aman

AHM menyatukan berbagai kegiatan terkait keselamatan jalan raya dengan slogan #Cari_Aman Sejak tahun 2017. Dengan harapan cara pandang baru ini akan meningkatkan minat dan komitmen untuk generasi muda agar selalu mengutamakan keselamatan.

Berdedikasi pada keselamatan berkendara selama dua dekade, AHM bersama dengan jaringan dealer sepeda motor Honda telah menyelenggarakan lebih dari 19.000 kursus pelatihan keselamatan berkendara yang diikuti oleh lebih dari 2,8 juta peserta. Ditemukan lebih dari 23 juta orang telah menggunakan Honda Riding Trainer atau alat simulasi HRT yang tersebar di seluruh Indonesia.

AHM juga mengembangkan Honda Safety Riding Center untuk mengedukasi pengendara sepeda motor tentang keselamatan. Pusat pelatihan berkendara aman ini bekerjasama dengan 8 dealer besar Honda di Serang, Jambi, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Riau, Medan dan Bandung.

Masyarakat juga dapat menggunakan AHM Safety Riding Park, yaitu pusat pelatihan safety riding sepeda motor Honda terbesar se-Asia Tenggara. Safety Riding Center Honda tersedia bagi masyarakat umum untuk pengendara sepeda motor agar dapat belajar tentang keselamatan berkendara, baik di jalan raya atau di jalan off-road.

AHM juga memiliki lima sekolah bimbingan yaitu di Cikarang (Jawa Barat), Menesi (Banten), Binjai (Sumatera Utara), Malang (Jawa Timur) dan Buleleng (Bali), yang telah memiliki fasilitas Safety Riding Lab untuk membantu mendukung penyelenggaraan kursus pelatihan Safety Riding.

Daffa

Leave a Comment

Recent Posts

Valentino Rossi : Pecco Marah Terhadap Pembalap yang Balapan Tanpa Memikirkan Rider Lain

RiderTua.com - Valentino Rossi mengungkap kemarahan muridnya Pecco Bagnaia di GP Spanyol. Meskipun rider pabrikan Ducati itu merayakan kemenangan pada…

6 Mei 2024

Gigi Dall’Igna Diperingatkan, Jika Tidak Segera Mengumumkan Duo Pabrikan Ducati 2025 Maka akan Jadi Bumerang

RiderTua.com - Selaku bos balap Ducati Corse, keputusan mengenai line-up pembalap tim pabrikan berada di tangan Gigi Dall’Igna. Namun Neil…

6 Mei 2024

Marc Marquez Berhasil Mengalahkan Alex Marquez

RiderTua.com - Suasana di garaasi tim Gresini bagus, tapi kedua bersaudara itu tetap harus saling bersaing dan mengalahkan.. Meskipun Marc…

6 Mei 2024

Logo MotoGP Akan Berubah Mulai Tahun 2025.. Ada yang Suka dan Tidak!

RiderTua.com - Logo baru MotoGP akan berubah mulai tahun 2025 meskipun dikatakan tidak akan menyenangkan semua orang, ada apa?.. Yang…

6 Mei 2024

Alex Rins Ingin Tetap Bertahan di Yamaha Meski Banyak Masalah

RiderTua.com - Alex Rins mengaku banyak pekerjaan yang harus dikerjakan di Yamaha.. Namun dia berkomitmen untuk tetap bertahan di masa…

6 Mei 2024

Masalah Ducati Terpecahkan Mereka Telah Menemukan Solusinya

RiderTua.com - Akhir pekan MotoGP di Jerez sangat positif bagi Ducati dengan tiga pebalapnya naik podium dan tes konstruktif untuk…

6 Mei 2024