Categories: MotoGP

Akankah Rekor Top Speed Mugello 363,6 Km/jam akan Pecah Tahun Ini?

RiderTua.com – Dengan semakin berkembangnya teknologi, top speed di Kejuaraan Dunia MotoGP terus meningkat. Sejauh ini, nilai tertinggi musim 2023 dicetak oleh Maverick Vinales (Aprilia) dengan kecepatan 356,4 km/jam di Red Bull Grand Prix of The Americas (COTA-Texas).

Sebagai informasi, 5 tahun lalu, dengan top speed ini Andrea Dovizioso membukukan rekor mutlak di MotoGP pada FP2 di Mugello (kemudian langsung dilampaui di balapan GP Italia 2018 dengan 356,5 km/jam), kini kecepatan tersebut tidak cukup lagi untuk masuk 10 teratas daftar top speed.

Akankah Rekor Top Speed Mugello 363,6 Km/jam akan Pecah Tahun Ini?

Menariknya, di trek lurus sirkuit COTA sepanjang 1200 m, total ada 14 pembalap MotoGP yang mampu menembus kecepatan 350 km/jam tahun ini. Pada tahun 2022 hanya Enea Bastianini dan Jack Miller (saat itu masih di Ducati) yang berhasil menorehkannya di Austin masing-masing dengan kecepatan 350,6 km/jam.

“Kami mendapatkan top speed, sedikit dari aerodinamika dan lebih banyak dari perangkatnya. Semua hal ini memastikan top speed yang sangat tinggi. Jika kecepatan terus meningkat, zona run-off semua trek akan menjadi terlalu kecil,” ujar Marc Marquez.

Jika menilik dari sejarah, Dani Pedrosa memegang rekor top speed di kelas utama kejuaraan dunia balap motor untuk waktu yang lama. Pada tahun 2009, pembalap Honda itu membukukan 349,3 km/jam di Mugello. Baru 5 tahun kemudian, Andrea Iannone (Ducati) memecahkan rekor tersebut dengan kecepatan 349,6 km/jam di trek yang sama.

Terakhir pada tahun 2015, Marc Marquez memecahkan rekor 350 km/jam untuk pertama kalinya di Doha-Qatar. Namun, rekor kecepatannya hanya bertahan hingga GP Mugello di tahun yang sama. Sejak saat itu, Iannone secara bertahap meningkatkan rekornya menjadi 354,9 km/jam. Kemudian Andrea Dovizioso melanjutkan rekor top speed untuk Ducati di GP Italia 2018 (356,5 km/jam) dan 2019 (356,7 km/jam).

Pada tahun 2021, Johann Zarco mencapai tonggak sejarah lainnya. Pembalap Pramac Ducati itu mencatatkan kecepatan 362,4 km/jam di Doha-Qatar. Pada tahun yang sama, Brad Binder (Red Bull KTM) mampu menyamai rekor ini di Mugello.

Tahun 2022, Jorge Martin (Pramac Ducati) berhasil mencapai kecepatan 363,6 km/jam di slipstream pada lap kedua GP Italia pada lintasan start-finish Mugello sepanjang 1,141 km.

“Ini sangat berisiko. Saat kita masuk ke tikungan pertama, sungguh menakjubkan bagaimana angin menggerakkan motor. Tetap saja, rasanya menyenangkan bisa melaju begitu cepat,” kata Martin sambil tersenyum.

Jack Miller menegaskan, “Pada akhirnya setiap tahun perkembangan teknologi di MotoGP semakin baik. Dan akan ada perbaikan lebih lanjut. Batas kecepatan pada kecepatan 300 km/jam biasanya menjadi masalah besar. Kemudian mencapai 360 km/jam dan sekarang menjadi 363 km/jam. Perbedaan antara 360 dan 370 km/jam tidak besar.”

Dalam 2 minggu kita akan tahu, apakah GP Italia mendatang (9-11 Juni) akan memecahkan rekor kecepatan berikutnya

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Daihatsu Sigra Memimpin Penjualan Mobil Bulan Februari 2024

RiderTua.com - Daihatsu sudah tidak bisa diremehkan lagi soal penjualan mobilnya di Indonesia. Apalagi untuk mobil murahnya, Sigra, yang mampu…

19 Maret 2024

MG Motor Siap Rilis Mobil Baru di Indonesia

RiderTua.com - MG Motor telah sukses dalam meluncurkan dua mobil listriknya di Indonesia pada bulan lalu. Namun itu saja belum…

19 Maret 2024

Manajer Tim GASGAS Tech3 : Penasaran Melihat Aksi Acosta di Portimao, Siapa yang Dia Asapi?

RiderTua.com - Debut Pedro Acosta di MotoGP sungguh menarik. Rookie dari tim GasGas Tech3 itu langsung melaju ke Q2 dengan…

19 Maret 2024

Daihatsu Tak Mau Buru-buru Hadirkan Mobil Niaga Listrik

RiderTua.com - Daihatsu masih memimpin penjualan mobil niaga ringan di Indonesia selama beberapa tahun terakhir. Sementara itu, segmennya kini diisi…

19 Maret 2024

Penjualan Wuling Binguo Menurun Drastis Bulan Lalu?

RiderTua.com - Wuling kini memiliki tiga mobil listrik yang dijual di Indonesia, terdiri dari Air EV, Binguo, dan Cloud EV.…

19 Maret 2024

Miguel Oliveira : Tim Trackhouse Punya Banyak Potensi

RiderTua.com - Segalanya belum berjalan baik bagi Miguel Oliveira mengingat Tim Trackhouse masih dalam tahap pengembangan. Rider asal Portugal itu…

19 Maret 2024