Categories: MotoGP

Apakah Yamaha Berusaha Memikat Jorge Martin atau Marco Bezzecchi untuk 2024?

RiderTua.com – Dalam 3 tahun Yamaha mengalami fase terburuk bersama Franco Morbidelli. Itulah sebabnya muncul rumor bahwa rider asal Italia itu akan didepak setelah kontraknya habis akhir musim ini. Ada banyak nama yang diprediksi bakalan menggantikan posisinya. Namun siapa yang mau upgrade ke paket Yamaha M1 saat ini?

Mungkin kita akan melihat beberapa perubahan susunan pembalap yang mengejutkan untuk musim 2024. Tapi tidak ada perubahan yang direncanakan untuk tim pabrikan Ducati Lenovo (Pecco Bagnaiadan Enea Bastianini), Red Bull KTM (Jack Miller dan Brad Binder) dan Aprilia (Aleix Espargaro dan Maverick Vinales). Namun di tim Monster Yamaha, sejauh ini masa depan Morbidelli masih belum pasti. Yamaha dikabarkan tertarik dengan pembalap seperti Jorge Martin dan Marco Bezzecchi.

Apakah Yamaha Berusaha Memikat Jorge Martin atau Marco Bezzecchi untuk 2024?

Jorge Martin kemungkinan bisa menggantikan Franky karena dia akan meninggalkan Pramac-Ducati jika mendapat tawaran dari tim pabrikan. Namun di Le Mans, Martin menegaskan bahwa dia ingin tetap bersama Pramac untuk 1 musim lagi. Rupanya paket Yamaha M1 saat ini tidak terlalu menarik baginya, yang kemungkinan besar Bezzecchi juga begitu.

Di Yamaha, ketertarikan Martin dan Bezzecchi belum terkonfirmasi karena masih ada 15 seri yang harus diselesaikan. Tim Repsol Honda juga memiliki kontrak dengan Marc Marquez dan Joan Mir untuk tahun 2024.

Ketika ditanya mengenai rumor tersebut, Jorge Martin menjawab, “Semua pembalap top memiliki kontrak 2 tahun. Sekarang masih terlalu awal. Menurutku para jurnalis yang membingungkan sesuatu.”

Jadi dia tetap bersama Pramac pada 2024? “Ya, saya kira begitu,” tegas pembalap Pramac Ducati itu.

Tapi apakah ada klausul yang akan memungkinkan Martin keluar hingga Juli jika tim pabrikan seperti Yamaha mengajukan penawaran? “Ya , tepatnya, tetapi para jurnalis tahu lebih baik ketimbang saya,” jawab rider berusia 25 tahun itu sambil tersenyum.

Sekilas Pandang Tampilan Tim satelit untuk Musim 2024:

LCR Honda:
Alex Rins akan tetap bersama tim LCR milik Lucio Cecchinello pada tahun 2024. Mengenai rumor bahwa HRC dapat menukar Rins dengan Joan Mir di Repsol, pemilik tim LCR mengatakan, “Itu tidak masuk akal. Tidak ada diskusi tentang itu. Saya jamin itu.”

Namun kontrak Taka Nakagami berakhir setelah musim 2023. Kemungkinan Taka akan diganti dengan pembalap Moto2 Ai Ogura. Tapi Ogura harus mampu bersaing di puncak di Moto2.

GASGAS Factory Racing Tech3:
Pol Espargaro memiliki kontrak hingga akhir 2024. Pierer Mobility memiliki opsi pada Augusto Fernandez (Juara Dunia Moto2 2022) yang berhasil finis ke-4 di Le Mans untuk melanjutkan musim keduanya di MotoGP. pasalnya, Direktur Motorsport Pit Beirer ingin Pedro Acosta menjalani tahun ketiga di Moto2.

Mooney VR46 Ducati:
Runner-up di klasemen saat ini Marco Bezzecchi dan Luca Marini (peringkat 6 di klasemen) memberikan penampilan yang kuat. Tetapi jika tersedia tempat di tim Pramac, Bez dapat berlabuh di sana.

Gresini Racing Ducati:
Alex Marquez membawa 1 juta euro (Rp 16 miliar) dari Estrella Galicia 0,0 dan menikmati dukungan Ducati. Tim memiliki opsi pada adik Marc Marquez itu untuk tahun 2024 dan kemungkinan besar akan menggunakannya. Fabio ‘Diggia’ Di Giannantonio kemungkinan bisa digantikan oleh favorit Moto2 Tony Arbolino.

CryptoDATA RNF Aprilia:
Pemilik Tim Razlan Razali berencana mempertahankan Miguel Oliveira dan Raul Fernandez untuk 2024. Namun, keduanya terikat kontrak dengan Aprilia Racing dan memiliki kontrak tetap berdurasi 2 tahun dengan opsi untuk 2025 dan 2026.

Prima Pramac Ducati:
Pada 2024, manajemen Ducati ingin melanjutkan dengan duo pembalap yang sama di tim Lenovo dan Pramac. Namun Jorge Martin dilirik tim pabrikan Yamaha. Kontrak Zarco berakhir pada akhir 2023. Dalam performa saat ini, pembalap asal Prancis itu masih dianggap sebagai starter tetap. Tetapi jika pembalap berusia 32 tahun itu goyah di paruh kedua musim, Bezzecchi bisa menggantikannya dan Morbidelli kemungkinan pindah ke Mooney VR46.

Spekulasi tentang perpindahan pembalap ini akan lebih jelas setelah liburan musim panas atau di akhir bulan Agustus.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Bermesin 2 Silinder Harganya Rp 60 Jutaan, Suzuki Rilis GSX-250R Model Baru

RiderTua.com - Suzuki GSX-250R, motor sport touring yang hanya dijual di 2 negara saja yakni Jepang dan China untuk saat…

24 April 2024

Daihatsu Lanjutkan Produksi Rocky-Raize di Jepang

RiderTua.com - Sebelumnya Daihatsu diketahui melakukan manipulasi tes tabrak terhadap sejumlah mobilnya yang dijual di Jepang. Akibatnya beberapa model seperti…

24 April 2024

Citroen Menjual C3 Aircross Dengan Harga Terjangkau Karena Ini

RiderTua.com - Citroen telah meluncurkan mobil terbaru lainnya di Indonesia, yaitu C3 Aircross. Model SUV ini menjadi model ketiga dalam varian…

24 April 2024

Tesla Turunkan Harga Mobil Listriknya Lagi?

RiderTua.com - Tesla masih memimpin penjualan mobil listrik secara global pada kuartal pertama tahun ini. Seharusnya mereka sudah dapat mempertahankan…

24 April 2024

Honda Mobilio Baru Terjual 194 Unit di Q1 2024

RiderTua.com - Honda telah mencatatkan hasil penjualan yang cukup bagus sepanjang Maret lalu. Dengan lebih dari 10 ribu unit mobil…

24 April 2024

‘Rolling in the City’ dengan New Honda Stylo 160

RiderTua.com - Kemarin Selasa 23/04, MPM Honda Jatim mengadakan acara rolling city bersama skutik premium fashionable mereka yakni New Honda…

24 April 2024