Categories: MotoGP

Franco Morbidelli: Gapnya Tidak Besar Tapi…

RiderTua.com – Sementara rekan setimnya Fabio Quartararo mampu menempatkan Yamaha M1 miliknya di posisi ke-3, Franco Morbidelli lebih lambat 0,764 detik dan akhirnya hanya menempati posisi ke-19. “Gapnya ke puncak tidak besar. Tapi di MotoGP hari ini, itu sangat banyak,” kata Franky yang kalah 1,098 detik dari waktu terbaik yang ditorehkan Pecco Bagnaia (Ducati) pada tes Portimao.

“Tes selama 2 hari yang intensif, karena kami mencoba hal dan banyak partl. Untuk itulah tes dilakukan, saya senang tentang itu. Penting untuk menganalisis data yang dikumpulkan dengan baik dan membuat keputusan yang tepat untuk balapan akhir pekan,” imbuh pembalap berusia 28 tahun itu.

Franco Morbidelli: Gapnya Tidak Besar Tapi…

Bagaimana Franky menjelaskan perbedaan waktu yang besar dengan Quartararo? “Gapnya mirip dengan hari Sabtu, sedikit lebih besar. Saya tidak senang tentang itu. Kami harus menganalisis itu dan mengurangi backlog,” jawab rider blasteran Brasil-Italia itu.

Quartararo dan krunya memutuskan kembali ke sasis 2022 dan aerodinamika di Portimao untuk melangkah maju. Apakah Morbidelli mencobanya juga? “Tidak, menurutku bukan begitu caranya,” jelas Morbido.

Di Portimao, Franky menjadi sorotan dengan semakin banyak winglet di M1-nya. Apakah dia sudah tahu konfigurasi mana yang pada akhirnya akan dia pilih? “Belum, maaf,” jawab singkat murid Valentino Rossi itu.

Taruhannya tinggi untuk Juara Dunia Moto2 2017 itu, karena kontraknya di Yamaha akan berakhir pada akhir musim. Setelah menempati peringkat 19 yang mengecewakan di Kejuaraan Dunia tahun lalu, dia harus meningkat secara signifikan musim ini.

Apakah Franky menilai situasinya lebih baik atau lebih buruk dari setahun yang lalu? Dia menarik napas dalam-dalam dan menjawab dengan hati-hati, “Ini lebih baik bagi saya, saya memiliki lebih banyak informasi dan pemahaman tentang paket, juga dengan tim dan kru. Gap ke atas tidak besar, tetapi di MotoGP hari ini itu sangat banyak. Jadi akan menarik untuk menemukan cara menebusnya.”

Apakah murid VR46 Academy itu melihat Yamaha 2023 mempunyai lebih banyak potensi ketimbang tahun 2022? “Ya, karena top speednya lebih baik. Kami melewatkan itu tahun lalu. Dari segi potensi, rasanya sedikit lebih baik. Motornya memberi kita feeling yang baik pada awalnya, tetapi kemudian saat kita ngepush lebih kencang, terutama saat mengejar waktu, pembalap lain sepertinya menjadi lebih baik saat kami terjebak,” jawab pembalap asal Italia itu.

Apakah Morbidelli merasa yakin bahwa pengerjaannya mungkin dilakukan selama musim dengan mesin berbeda dimana pengembangan mesin akan segera dibekukan? “Ya, saya bahkan tidak memikirkan itu. Tapi itu pasti masalahnya, terima kasih atas sarannya,” pungkas pemenang MotoGP tiga kali itu sambil tersenyum.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Komentar Gigi Dall’Igna Atas Penampilan Marc Marquez, Bastianini, Pecco dan Martin di Texas

RiderTua.com - Meski Marc Marquez mengalami crash saat memimpin GP Amerika, General Manager Ducati Corse Gigi Dall'Igna memuji kecemerlangannya. Pembalap…

20 April 2024

Hasil FP2 WSBK Belanda 2024 : Hujan, Bautista Tercepat!

RiderTua.com, TT Circuit Assen - Hasil FP2 WSBK Belanda 2024 ..Jumat, 19 April 2024, Dalam sesi FP2 WSBK Belanda yang…

19 April 2024

Stefan Bradl : Ketika Marc Marquez Jatuh, Acosta Pasti Tersenyum

RiderTua.com - Stefan Bradl dan Marc Marquez bekerja bersama untuk Honda selama bertahun-tahun. Setelah Baby Alien pindah ke tim satelit…

19 April 2024

Hasil FP1 WSBK Belanda 2024

RiderTua.com, TT Circuit Assen - Hasil FP1 WSBK Belanda 2024 ..Jumat (19/4/2024), Pembalap ROKiT - Motorrad , Toprak Razgatlioglu menjadi…

19 April 2024

Suzuki Pastikan Jimny 3-Door di Indonesia Aman Dari Recall

RiderTua.com - Suzuki sempat melakukan penarikan terhadap Jimny 3-door di Australia beberapa bulan lalu. Belum lagi dengan adanya recall dua…

19 April 2024

Tesla Tunda Pengiriman Cybertruck Akibat Pedal Gas Bermasalah

RiderTua.com - Tesla menjadi salah satu merek mobil listrik yang cukup dikenal di seluruh dunia. Meski demikian, mereka juga dikenal…

19 April 2024