Categories: MotoGP

Alberto Puig: Cara Kerja Ken Kawauchi Berbeda Tapi Bagus

RiderTua.com – Mengenai perubahan personel di garasi Honda, manajer tim Repsol Honda Alberto Puig menjelaskan, “Saya ingin mengatakan sesuatu dengan singkat. Setiap orang berbeda, begitu juga dengan Ken dan Takeo yang telah melakukan pekerjaan ini selama bertahun-tahun, masing -masing memiliki kepribadian yang berbeda. Kami membutuhkan lebih banyak waktu untuk memahami cara pendekatan Ken, tetapi dia bekerja dengan sangat baik di Sepang.”

Seperti diketahui, awal tahun 2023, kita dikejutkan dengan berita bahwa Ken Kawauchi (mantan direktur teknis proyek MotoGP Suzuki) pindah ke HRC (Honda Racing Corporaton) dan menjabat sebagai manajer teknis. Dan yang tidak terduga, Takeo Yokoyama mempersilahkan Ken menduduki jabatannya dan dia diberi pekerjaan baru di Jepang.

Pekerjaan pertama Kawauchi adalah mengawasi tes pribadi dengan tes rider Stefan Bradl di Jerez pada bulan Januari, sebelum dia bekerja dengan pembalap Honda reguler untuk pertama kalinya di Sepang setelah tes shakedown.

Alberto Puig: Cara Kerja Ken Kawauchi Berbeda Tapi Bagus

“Kedatangan manajer teknis Ken Kawauchi membuat pit sedikit berubah. Ini tidak jauh berbeda bak siang dan malam dari pendahulunya Takeo Yokoyama. Tapi dia memerintahkan agar kami mencoba beberapa part yang kami buang tahun lalu, karena tidak bekerja. Adalah hak manajer teknis baru untuk melihat dengan mata kepala sendiri, apa yang ada di tempatnya sendiri. Saya menerima peran ini dan metode ini,” kata Marc Marquez pada tes pramusim di Sepang.

Marc Marquez – Ken Kawauchi

Pada presentasi tim Repsol Honda, Marquez menegaskan bahwa dia harus beradaptasi dengan cara pendekatan yang baru. “Kini kami bekerja dengan cara yang berbeda dan saya harap dengan cara yang produktif untuk masa depan,” ujar rider berjuluk Baby Alien itu.

“Tetapi kami juga harus mengatakan bahwa Takeo telah melakukan pekerjaan yang fantastis dengan tim selama beberapa tahun terakhir. Pekerjaannya di Jepang juga sangat penting sekarang, karena dia mengurus persiapan generasi berikutnya dari orang-orang HRC yang akan datang ke Eropa. Jadi sekarang kami senang dengan line-up kami dan percaya bahwa kami telah membahas semuanya dengan baik. Kami akan mendukung Ken dengan karakter dan gayanya, dan beradaptasi dengan sistem baru yang berbeda tetapi bekerja bagus di Sepang,” lanjut Puig.

Sebagai mantan pembalap Suzuki, Joan Mir memiliki pengalaman bekerja dengan Kawauchi. Apa yang bisa dibawa oleh manajer teknis yang baru itu ke pit Honda? “Seperti yang dikatakan Alberto, setiap orang membawa sesuatu yang berbeda. Saya telah menyaksikan Ken bekerja dan dia sangat metodis, sangat disiplin dan terorganisir,” kata juara dunia MotoGP 2020 itu.

Lihat Juga

“Jika Honda merekrutnya, itu karena mereka percaya pada apa yang bisa Ken bawa. Saya pikir itu bisa menjadi hal yang menarik. Jelas saya tidak bekerja dengan pendahulu Ken, jadi saya tidak bisa mengomentari hal itu. Tetapi saya pikir, Ken memiliki hal-hal menarik dan penting yang dibawanya setelah bekerja dengan merek lain dan mengembangkan Suzuki begitu lama. Dia memiliki informasi yang baik, saya pikir itu akan positif,” pungkas Joan Mir.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Marc Marquez Menguji Rem Jempol untuk Pertama Kalinya

RiderTua.com - Marc Marquez mencoba rem jempol di stang kiri Ducati GP23 pada tes hari Senin di Jerez. Rider Gresini…

2 Mei 2024

Fabio Di Giannantonio : Teknologi di MotoGP Saat Ini Luar Biasa, Saya Menyukainya

RiderTua.com - Semakin dekat pengumuman mengenai peraturan baru MotoGP, semakin terbuka perdebatan tentang teknologi di masa depan. Fabio Di Giannantonio dengan…

2 Mei 2024

Johann Zarco : Bukan Drama, RC213V yang Baru Tidak Ada Kemajuan

RiderTua.com - Pada tes MotoGP hari Senin di Jerez, 4 pembalap Honda Joan Mir, Luca Marini, Takaaki Nakagami, dan Johann…

2 Mei 2024

Tesla Cybertruck akan Dikirim ke Indonesia Mulai Tahun Depan

RiderTua.com - Tesla telah memulai pengiriman Cybertruck di Amerika Serikat tahun lalu, meski untuk pasar global juga tengah dilakukan. Namun…

2 Mei 2024

Sergio Garcia : Saya Belum Masuk Radar Mana Pun!

RiderTua.com - Tak ada yang menyangka, pendatang baru tim MT Helmets - MSI,  Sergio Garcia (Boscoscuro) berhasil memimpin klasemen Kejuaraan…

2 Mei 2024

Wuling Hanya Sediakan Satu Varian Untuk Cloud EV

RiderTua.com - Wuling Cloud EV kini sudah bisa dipesan oleh konsumen Indonesia beberapa bulan setelah modelnya diperkenalkan ke publik. Mobil…

2 Mei 2024