Categories: MotoGP

Fabio Quartararo: Tak Sabar Melihat Kemajuan Yamaha

RiderTua.com – Fabio Quartararo tak sabar menjalani tes resmi MotoGP pertama musim 2023. Pembalap Monster Energy Yamaha itu sengaja datang ke Malaysia lebih awal agar bisa menyaksikan jalannya tes shakedown sehingga bisa melihat secara langsung aksi tes rider Cal Crutchlow dan lainnya.

Pembalap asal Prancis itu menjelaskan, “Penantian sudah berakhir! Liburan musim dingin sangat panjang, tapi di satu sisi itu baik bagi saya karena saya punya waktu untuk berlatih dan mempersiapkan musim ini.”

Seperti diketahui, Fabio crash dalam latihan motorcross pada bulan Desember sehingga mengakibatkan cedera pergelangan tangan kirinya. Namun baru-baru ini, pemenang MotoGP sebelas kali itu melanjutkan latihan motor di Amerika Serikat.

Fabio Quartararo: Tak Sabar Melihat Kemajuan Yamaha

Jumat (10 Februari), Quartararo akan kembali menunggangi Yamaha M1 untuk pertama kalinya sejak tes Valencia. “Ini akan menjadi musim yang sangat panjang. Kami perlu bekerja dengan baik dalam tes, untuk memastikan kami siap menghadapi musim baru. Saya tak sabar untuk menguji spesifikasi 2023 dan melihat kemajuan yang telah kami buat,” tegas El Diablo.

Yamaha M1 2023 Shakedown Tes Sepang

Quartararo mendapatkan kesan pribadi di pit dan di sisi trek pada awal minggu. “Saya datang ke Sepang sedikit lebih awal dan menghabiskan waktu di trek selama tes shakedown. Saya telah mendengar dan melihat hal-hal baik, dan sekarang saya tidak sabar untuk mencobanya sendiri,” ungkap rider berusia 23 tahun itu.

Apa yang seharusnya membuat juara dunia 2021 dan runner-up 2022 itu percaya diri? Tes rider Yamaha Cal Crutchlow mencapai top speed 335,4 km/jam dalam tes shakedown. Quartararo sendiri mencatatkan top speed 332,3 km/jam dengan M1 di GP Malaysia 2022 pada bulan Oktober. Top speed tertinggi ditorehkan Enea Bastianini (Ducati) dengan 336,4 km/jam.

Jadi, apakah Yamaha benar-benar menemukan lebih banyak kemajuan di motornya? Tes IRTA yang dimulai pada hari Jumat dengan 22 pembalap reguler akan memberikan jawaban yang lebih jelas. Tes yang digelar mulai dari Minggu hingga Selasa, hanya diikuti para tes rider dan rookie Augusto Fernandez (GASGAS).

Manajer tim Yamaha Massimo Meregalli yang juga hadir pada tes shakedown menjelaskan, “Saya terkesan dengan pekerjaan proaktif yang telah dilakukan para insinyur Yamaha selama musim dingin. Kami punya banyak hal untuk dievaluasi di sini. Jumlah suku cadang yang mereka siapkan untuk tes ini sangat banyak. Kami memiliki pembaruan untuk sasis, aerodinamika, swing arm, dan mesin.”

“Saya berharap para pembalap akan menggunakan Jumat pagi untuk kembali ke lintasan. Setelah itu, rencana kerja yang intensif menanti mereka. Akan sulit untuk melakukan semuanya tepat waktu dan dengan ban yang tersedia, dan cuaca juga akan memainkan peran kunci. Tapi kami akan berusaha menyelesaikan sebanyak mungkin untuk memulai 2023 dengan cara yang baik dan benar,” pungkas manajer tim asal Italia itu.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

MG Motor Kembali Tampilkan Maxus 9 Walau Belum Dijual

RiderTua.com - MG Motor telah menghadirkan tiga mobil ramah lingkungan di Indonesia, terdiri dari dua model BEV dan satu model…

3 Mei 2024

Wuling Cloud EV Jadi Lawan Baru Bagi BYD Dolphin

RiderTua.com - Wuling baru saja mengumumkan pemesanan Cloud EV, termasuk estimasi harga dan pengiriman unitnya ke konsumen. Mobil listrik ini…

3 Mei 2024

Seres E1 Masih Bisa Terjual Ratusan Unit Tiap Bulannya

RiderTua.com - Seres E1 baru dijual selama lebih dari setahun di Indonesia, dan menjadi mobil ramah lingkungan pertama dari DFSK.…

3 Mei 2024

Valentino Rossi : Jika Terlihat Lemah di Depan Marc Marquez, Dia Cenderung ‘Melahap’ Kita!

RiderTua.com - Valentino Rossi yang hadir di paddock melihat dengan mata kepala sendiri ketika Marc Marquez vs Pecco Bagnaia duel…

3 Mei 2024

Skutik Baru Yamaha Fluo 125 Buatan Indonesia ini Harganya Bikin Kaget

RiderTua.com - Memang ini merupakan Yamaha FreeGo yang lama, tapi skutik buatan Indonesia ini diekspor ke Brasil dengan nama Yamaha…

3 Mei 2024

Peugeot Hentikan Penjualan Mobilnya di Indonesia?

RiderTua.com - Peugeot telah hadir di Indonesia selama lebih dari tiga tahun, walau mereka baru menjual tiga model. Ketiganya terdiri…

3 Mei 2024