Categories: MotoGP

Jonas Folger Dulu Cepat di Yamaha, Kini Siap Sebagai Wildcard MotoGP

RiderTua.com – Tugas utama Jonas Folger pada tes shakedown di Sepang adalah melakukan tes fungsional pada motor KTM RC16 yang akan ditunggangi Brad Binder dan Jack Miller (Red Bull-KTM) serta Pol Espargaro (GASGAS Tech3). Selain itu dia juga menyelesaikan dan mengevaluasi part-part baru. Secara keseluruhan, rider berusia 29 tahun itu hanya menyelesaikan 47 lap selama 3 hari dan tidak ada kesempatan untuk mengejar waktu dengan ban baru.

Pada tes hari pertama, pembalap asal Jerman itu didampingi oleh tim Jack Miller. Dan pada hari kedua oleh kepala kru Pol Espargaro, Paul Trevethan. “Mereka adalah ketiga kru teknologi Brad, Jack, dan Pol pada tes shakedown dan kami menyiapkan motor untuk ketiga tim tersebut. Tim penguji yang sebenarnya tidak ada di lokasi,” ungkap Folger.

Jonas Folger: Balapan Wildcard? Saya Siap!

Folger telah menyelesaikan tiga kali tes dengan KTM RC16 pada 2022, dua kali di Jerez dan sekali di Aragon. Pada musim 2023 ini, KTM telah memilih tiga test track yakni di Valencia, Jerez dan Misano, sehingga Pedrosa dan Folger juga diperbolehkan melakukan tes disana sebelum balapan. Sebagai informasi, Pedrosa akan beraksi di Jerez pada 28 April dengan wildcard.

Jonas Folger – Shakedown Sepang

Pada bulan Januari lalu, Direktur KTM Motorsport Pit Beirer menyebutkan bahwa Folger juga bisa mendapatkan wildcard dan menyebut Sachsenring sebagai tempat yang memungkinkan karena Jonas finis di posisi ke-2 di sana pada tahun 2017, tepat di belakang Marc Marquez.

Seberapa kuat keinginan Jonas untuk mendapatkan wild card bersama KTM di musim 2023? Sambil tertawa Jonas menjawab,” Keinginan itu ada. Tapi saya juga ingin lebih banyak menguji dan yang paling utama mengenal motor lebih baik. Sehingga saya bisa cepat dan konsisten serta mengenal motor luar dalam. Karena hanya dengan begitu, masuk akal untuk menggunakan wildcard pada tingkat performa tertentu. Tetapi jika itu ditawarkan, saya siap. Tentu saja saya akan senang melakukannya.”

Jika Jonas dapat memilih balapan, di mana dia paling ingin beraksi? “Itu sulit dikatakan. Jika ingin mengedepankan performa saya sebagai pembalap, saya akan memilih salah satu trek uji kami, yaitu Jerez, Misano atau Valencia. Dengan kata lain, lintasan yang sebelumnya telah kami uji dan telah saya fokuskan,” tegas tes rider RED BULL KTM itu.

Jonas menambahkan, “Tapi jika tim mengatakan bahwa mereka membutuhkan saya di tempat lain karena ada part baru untuk diuji di trek tertentu, saya akan pergi. Namun dalam hal performa saja, peluang keberhasilannya lebih besar di lintasan uji coba.”

Jonas-Folger-Johann-Zarco-Bradley-Smith

Jonas Folger belum pernah membalap di MotoGP sejak Aragon pada September 2017, dan harus mengakhiri kontrak Tech3 Yamaha karena kelelahan. Sejak saat itu dia belum mencetak poin di Kejuaraan Dunia, bahkan di 4 balapan di Petronas Moto2 Kalex 2019. Apakah sekarang Jonas sudah kembali fit? “Ya, saya merasa fit. Tentunya sebuah perjalanan yang panjang dari tahun 2017 hingga sekarang. Tapi itu baik-baik saja,” jawabnya.

Apakah Jonas tidak khawatir, ketegangan dan tekanan akan menjadi sangat besar dalam dua sesi latihan selama 40 menit pada hari Jumat atau dalam kualifikasi selama 15 menit?
“Tidak, maksudnya karena performa di Kejuaraan Dunia Superbike 2021? Tidak, ada alasan lain. Ini tidak ada hubungannya dengan 2017. Tapi saya sudah selesai dengan topik ini. It’s fine, aku sehat. Siap untuk membalap,” tegasnya.

Jonas juga menggelar event balapan bersama Jesko Raffin. Apakah kegiatan ini terus berlanjut meski ada kontrak dengan KTM? “Ya, ada 8 jadwal yang direncanakan untuk tahun 2023. Mungkin 2 balapan lagi,” pungkas Jonas Folger.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Marc Marquez Kembali ke Honda?

RiderTua.com - Sejak pindah ke Ducati, Marc Marquez memang sejak awal sudah menunjukkan kecepatan dibarisan depan, namun hal seperti ini membuat…

27 April 2024

Dani Pedrosa : Saya Terkejut dengan Performa Acosta dan Masalah yang Dihadapi Miller dan Binder

RiderTua.com - Dani Pedrosa akan tampil di GP Jerez sebagai entry wildcard dan akan menunggangi KTM RC 16 pabrikan ketiga akhir…

27 April 2024

Luca Marini Berharap Mendapatkan Efek Positif dari Tes Jerez

RiderTua.com - Setelah menjadi pembalap pabrikan Honda, pamor Luca Marini semakin memudar. Dia mengharapkan pembalikan tren yang sangat dibutuhkan pada…

27 April 2024

Maverick Vinales : Mungkin Massimo Rivola Ingin Saya Segera Menandatangani Perpanjangan Kontrak

RiderTua.com - Maverick Vinales tampil luar biasa di COTA Austin. Dengan kemenangannya di balapan utama, kini dia berhasil mencetak rekor sebagai…

27 April 2024

Hasil Latihan MotoGP Spanyol 2024

RiderTua.com, Jerez de la Frontera - 10 pembalap yang lolos ke Q2.. Latihan MotoGP di Sirkuit Jerez berlangsung hari ini,…

26 April 2024

Hasil Latihan 1 Moto2 Spanyol 2024

RiderTua.com, Jerez de la Frontera - Joe Roberts menjadi pembalap tercepat pada Latihan 1 Moto2 Spanyol setelah menguasai sesi ini…

26 April 2024