Categories: MotoGP

Michele Pirro Menguji Aerodinamika Baru Ducati

RiderTua.com – Mata para engineer tertuju pada motor Ducati yang ditunggangi test rider Michele Pirro di hari pertama tes shakedown di Sepang. Apakah ini erodinamika yang dirancang oleh Gigi Dall’Igna dan para insinyurnya untuk tahun 2023?

Pirro memulai musim kesebelasnya sebagai pengembang Desmosedici. Dia melakukan pekerjaan dasar untuk juara dunia Pecco Bagnaia dan rekan-rekan semereknya. Hari pertama tes shakedown, tampak fairing baru yang ada di GP23. Dimana fairing baru ini diumumkan Gigi Dall’Igna sebelumnya pada saat presentasi tim di Madonna-Italia. Pirro mengendarai dua GP23 dan mencatatkan waktu 2:02.115 menit.

Michele Pirro Menguji Aerodinamika Baru Ducati

Tes rider Yamaha Cal Crutchlow mencatatkan waktu tercepat di hari pertama tes shakedown MotoGP di Malaysia. Dia membukukan waktu 2:01.146 menit. Tapi secara tidak resmi, Dani Pedrosa secara signifikan lebih cepat dengan KTM RC16 dengan catatan waktu 2:00,4 menit.

Michele Pirro – Augusto Fernandez – Shakedown Sepang

Crutchlow menunggangi tiga motor YZR-M1. Ada dua prototipe 2023 dan Yamaha spek 2022 untuk perbandingan. Fokusnya adalah pada mesin in-line Yamaha baru yang dimodifikasi dan lebih agresif. Seperti diketahui, mesin tersebut lebih sedikit menghasilkan tenaga selama tes Valencia pada November lalu, dibandingkan saat tes di Misano pada September.

Namun ternyata, sejak saat itu masalah tersebut telah dianalisis dan dihilangkan secara menyeluruh. Seperti yang diumumkan oleh manajer proyek Yamaha MotoGP Takahiro Sumi pada presentasi tim di Jakarta. Tes rider asal Inggris itu mencapai top speed 330 km/jam.

Pada tes IRTA 2022 di Sepang, top speed Yamaha terbaik diukur dengan kecepatan 327 km/jam. Itu seharusnya membuat Fabio Quartararo dan rekan setimnya di Monster Yamaha Franco Morbidelli lega. Karena Sepang merupakan salah satu lintasan tercepat. Pole time Jorge Martin dari tahun 2022 dengan Pramac-Ducati setara dengan rata-rata 169,409 km/jam.

Augusto Fernandez menunggangi GASGAS Factory Racing Tech3 RC16 untuk kedua kalinya. Dia adalah satu-satunya pembalap reguler yang diizinkan mengikuti tes shakedown selama 3 hari karena dia satu-satunya rookie yang naik ke kelas MotoGP. Dengan menempati posisi ke-2, pembalap berusia 25 tahun itu keluar dari persaingan dengan sangat baik hari ini. Dia hanya kalah 0,185 detik dari catatan waktu terbaik Cal Crutchlow, yang telah mengikuti 6 balapan terakhir tahun lalu untuk menggantikan Dovizioso di tim WithU Yamaha.

Hasil Tes Shakedown MotoGP Sepang Day 1

Sementara Jonas Folger harus membiasakan diri lagi dengan sirkuit Sepang setelah 4 tahun absen. Dani Pedrosa didampingi oleh mantan kepala kru Jack Miller Cristhian Pupulin pada tes shakedown di Red Bull KTM Factory Racing Team.

Di Honda Test Team, Stefan Bradl mengunggangi dua RC213V di pit. Pembalap asal Jerman itu menjajal model dengan desain ulang aerodinamis, ditambah sistem knalpot baru dari Akropovic dan swing arm aluminium dari Kalex, yang sudah dicobanya sejak GP Misano. Sejauh ini, belum ada berita revolusioner dari Honda. Dengan catatan waktu 2:01,605 menit, Bradl meraih waktu terbaik ke-4.

“Kami sama sekali tidak tertarik dengan langkah-langkah pengembangan di Honda, tetapi kami fokus melihat perubahan di Ducati,” jelas seorang insinyur dari tim rival.

Lorenzo Savadori harus melakukan lap instalasi dengan tidak kurang dari 6 pembalap Aprilia baru di hari pertama. Dia mempersiapkan Aprilia RS-GP 23 untuk tes IRTA (10-12 Februari) yang akan ditunggangi Aleix Espargaro, Maverick Vinales, Miguel Oliveira dan Raul Fernandez. Aprilia muncul dengan versi aerodinamis baru, tetapi Savadori melambat karena kerusakan pada sore hari.

Karena suhu tinggi 32 derajat dan permukaan aspal yang kotor, waktunya sekitar 3 detik lebih cepat dari waktu yang kita lihat di GP Malaysia pada akhir Oktober. Tetapi tim dan pembalap ingin menekankan bahwa fokusnya adalah memilah suku cadang baru, catatan waktu adalah bukan masalah bagi mereka.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Aleix Espargaro : Tidak Ada yang Menyangka Pedro Acosta dan KTM Akan Sekuat Itu

RiderTua.com - Aleix Espargaro salah satu dari pembalap senior yang memuji setinggi langit penampilan pembalap baru dari negaranya, Spanyol.. Pedro…

28 Maret 2024

Honda Sulit Kompetitif : Part Baru di Portimao Tidak Banyak Membantu

RiderTua.com - Pekerjaan pengembangan Honda di MotoGP mengalami kesulitan. Seperti di Qatar, pada balapan akhir pekan Portugal, tidak banyak yang…

28 Maret 2024

Hyundai Siap Tingkatkan Produksi Mobil Listriknya di Indonesia

RiderTua.com - Penjualan mobil listrik Hyundai masih cukup bagus di Indonesia meski dengan kondisi pasarnya selama bulan lalu. Tapi setidaknya…

28 Maret 2024

Hyundai Kembali Menguji Palisade Facelift di Jalan

RiderTua.com - Hyundai mungkin memiliki divisi mobil mewahnya sendiri, yaitu Genesis. Tapi bukan berarti mereka hanya mengandalkan divisinya saja di…

28 Maret 2024

Alasan BMW Belum Umumkan Harga i5 di Indonesia

RiderTua.com - BMW telah meluncurkan i5 di Indonesia sebagai model baru untuk menambah lebih banyak line-up mobil ramah lingkungannya. Mobil…

28 Maret 2024

Mobil Baru Mercedes-Benz yang akan Diluncurkan di Indonesia Tahun Ini

RiderTua.com - Mercedes-Benz telah meluncurkan dua mobil baru di Indonesia, yaitu GLA Facelift dan GLE model terbaru. Meskipun begitu, mereka…

28 Maret 2024