Categories: MotoGP

Ducati MotoGP: 20 Tahun Pertama Terseok-seok!

RiderTua.com – Dalam 20 tahun, Ducati Corse berhasil memenangkan dua gelar dunia pembalap MotoGP dengan Casey Stoner pada 2007 dan Pecco Bagnaia pada 2022. Untuk pertama kalinya dalam 10 tahun, Ducati Corse akan mempresentasikan tim MotoGP di ajang ‘Campioni in Pista’ pada hari Senin (23/1/23) bertempat di resor ski Madonna di Campiglio Trentino-Italia. Selain Pecco Bagnaia dan rekan setim barunya Enea Bastianini, Ducati juga memperkenalkan tim Aruba.it di Kejuaraan Dunia Superbike dengan Alvaro Bautista dan Michael Rinaldi.

20 Tahun Pertama Ducati di MotoGP yang Terseok-seok

Ada 4 pembalap Ducati yang masuk 8 besar Kejuaraan Dunia MotoGP 2022, meraih 32 podium dengan 8 pembalap dari 4 tim dan juga 12 kemenangan balap dan 16 pole position dalam 20 balapan.

Menjelang presentasi tim Ducati MotoGP 2023, kita terkenang saat pabrikan asal Borgo Panigale itu mengalami kesulitan selama beberapa tahun setelah kemenangan gelar era 800cc yang diraih Casey Stoner (2007 hingga akhir 2011). Kita juga ingat saat masuknya Desmosedici ke MotoGP pada tahun 2003, tepat 20 tahun yang lalu. Ducati tidak terlibat dalam musim MotoGP 4-tak pertama pada tahun 2002 karena mereka ingin mempersiapkan diri untuk kelas utama.

Ducati Merahkan MotoGP & WSBK

Itu sepadan ketika Loris Capirossi dan Bayliss, mengalahkan semua Yamaha dan mengamankan peringkat 4 dan 6 di Kejuaraan Dunia, di belakang tiga pembalap Honda 5-silinder Valentino Rossi (yang juga gagal menang di Ducati), Sete Gibernau dan Max Biaggi. Nicky Hayden peringkat 5 di Kejuaraan Dunia bersama Repsol Honda.

Andrea Iannone memenangkan balapan MotoGP di Spielberg pada 2016 untuk pertama kalinya sejak Stoner di Australia pada 2010. Andrea Dovizioso mencetak poin di Sepang pada tahun yang sama.

Casey Stoner kembali ke Ducati sebagai test rider pada tahun 2016. Pembalap asal Australia itu mempertimbangkan untuk ambil bagian di GP Austria 2016 karena Desmosedici full power tampaknya tidak terkalahkan dalam tes di sana pada bulan Juli. Selain itu Ducati ingin melihat apakah Stoner masih lebih cepat dari Dovi dan Iannone.

“Wildcard untuk GP Austria 2016 adalah masalah serius,” ungkap Stoner beberapa tahun kemudian saat berkunjung ke GP Mugello.

Semua menjadi jelas bahwa Dovi mungkin benar-benar tidak mampu bersaing melawan Marc Marquez, Rossi, Pedrosa dan terkadang Vinales, serta juara dunia MotoGP tiga kali Jorge Lorenzo (2017 dan 2018) yang dijual oleh Yamaha seharga 25 juta (Rp 409 miliar).

Lorenzo berhasil tiga kali menang pada 2018. Tetapi kemudian dengan marah hengkang ke Repsol-Honda, karena CEO Ducati Claudio Domeniciali menegaskan ketidakpercayaannya 8 hari sebelum kemenangan balap pertamanya atas Ducati di Mugello.

Marco Melandri Ducati

Ducati Tertarik Melandri

BTW, fakta bahwa Stoner menunggangi Ducati 800cc baru pada tahun 2007 adalah solusi sementara. Pabrikan Italia justru tertarik pada Marco Melandri, runner-up MotoGP 2005 dan peringkat 4 di Kejuaraan Dunia 2006. Tapi dia masih punya kontrak dengan Gresini-Honda untuk tahun 2007. Jadi Meladri disewa oleh LCR-Honda.

Melandri tidak bergabung sampai 2008 dan terpuruk di peringkat 17 di Kejuaraan Dunia dengan Desmosedici yang ‘nakal’. Stoner menyelamatkan kehormatan Ducati sebagai runner-up, namun dia kalah 93 poin dari juara dunia Rossi (Yamaha).

Untuk tahun 2009, Melandri menunggangi Kawasaki. Nicky Hayden bergabung dengan tim pabrikan Ducati sebagai rekan setim Stoner, tetapi Juara Dunia MotoGP 2006 (di Repsol-Honda) itu tidak menyelesaikan musim lebih tinggi dari peringkat 13 di Kejuaraan Dunia.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Aleix Espargaro : Tidak Ada yang Menyangka Pedro Acosta dan KTM Akan Sekuat Itu

RiderTua.com - Aleix Espargaro salah satu dari pembalap senior yang memuji setinggi langit penampilan pembalap baru dari negaranya, Spanyol.. Pedro…

28 Maret 2024

Honda Sulit Kompetitif : Part Baru di Portimao Tidak Banyak Membantu

RiderTua.com - Pekerjaan pengembangan Honda di MotoGP mengalami kesulitan. Seperti di Qatar, pada balapan akhir pekan Portugal, tidak banyak yang…

28 Maret 2024

Hyundai Siap Tingkatkan Produksi Mobil Listriknya di Indonesia

RiderTua.com - Penjualan mobil listrik Hyundai masih cukup bagus di Indonesia meski dengan kondisi pasarnya selama bulan lalu. Tapi setidaknya…

28 Maret 2024

Hyundai Kembali Menguji Palisade Facelift di Jalan

RiderTua.com - Hyundai mungkin memiliki divisi mobil mewahnya sendiri, yaitu Genesis. Tapi bukan berarti mereka hanya mengandalkan divisinya saja di…

28 Maret 2024

Alasan BMW Belum Umumkan Harga i5 di Indonesia

RiderTua.com - BMW telah meluncurkan i5 di Indonesia sebagai model baru untuk menambah lebih banyak line-up mobil ramah lingkungannya. Mobil…

28 Maret 2024

Mobil Baru Mercedes-Benz yang akan Diluncurkan di Indonesia Tahun Ini

RiderTua.com - Mercedes-Benz telah meluncurkan dua mobil baru di Indonesia, yaitu GLA Facelift dan GLE model terbaru. Meskipun begitu, mereka…

28 Maret 2024