Categories: MotoGP

Balapan MotoGP Terbaik 2022: Phillip Island

RiderTua.com – Setelah jeda selama 2 tahun, MotoGP akhirnya bisa kembali digelar di Phillip Island tahun ini. Sebuah fakta yang terus menjadi perbincangan bahwa balapan di kelas utama kini tidak seru lagi karena adanya winglet dan sejumlah perangkat, GP Australia yang digelar 16 Oktober 2022 mampu menyuguhkan balapan yang menarik untuk para penggemar.

Dalam balapan 27 lap tersebut, pertama Fabio Quartararo mengakhiri balapan lebih awal karena melakukan kesalahan. Kemudian pembalap akamsi Jack Miller disingkirkan oleh Alex Marquez. Sebagian besar balapan dipimpin oleh Jorge Martin dan kemudian Pecco Bagnaia, tetapi Alex Rins dan Marc Marquez bertarung hingga garis finis.

Balapan MotoGP Terbaik 2022: Phillip Island

Pecco disambut pembalap tuan rumah saat digelarnya MotoGP Australia 2022

Berikut ulasan 3 teratas yang pada akhirnya berhasil naik podium di Phillip Island:

  1. Alex Rins memberi tim Suzuki Ecstar kemenangan pertama musim ini pada balapan ketiga terakhir sebelum pabrikan asal Jepang itu mundur dari MotoGP.
  2. Marc Marquez berhasil naik podium untuk pertama kalinya setelah menjalani operasi lengan atas keempatnya dan satu-satunya podium tahun ini. Itu juga merupakan podium MotoGP ke-100 dalam karirnya.
  3. Pecco Bagnaia menyelesaikan kebangkitannya yang luar biasa dengan finis di posisi ke-3 (tertinggal 91 poin di paruh musim) dan berhasil merebut keunggulan klasemen dari Fabio Quartararo.

Gap balapan yang signifikan, 3 teratas dipisahkan di garis finis hanya 0,224 detik. Hanya terjadi dua kali dalam sejarah di kelas utama dengan gap yang lebih dekat yakni di GP Australia pada tahun 1999 (pada waktu itu hanya 0,124 detik memisahkan Tadayuki Okada, Max Biaggi dan Regis Laconi) dan pada GP Portugal 2006 di Estoril (0,176 detik). antara Toni Elias, Valentino Rossi dan Kenny Roberts jr.).

Jika melihat 10 besar, GP Australia tahun ini bahkan naik ke posisi kedua di papan peringkat. Brad Binder finis di posisi ke-10 hanya tertinggal 5,940 detik dari sang pemenang Alex Rins. Hanya di GP Qatar 2021 jarak antara pemenang dan posisi ke-10 lebih kecil lagi yakni hanya dalam 5,382 detik.

Inilah highlight dari balapan klasik Phillip Island yang bisa dinikmati lagi, sebelum musim baru dibuka tepat 12 minggu dengan sprint race pertama dalam sejarah MotoGP di Portimao-Portugal.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Kelemahan Motor RS-GP24? Ini Kata Direktur Teknik Aprilia

RiderTua.com - Direktur Teknik Aprilia, Romano Albesiano, menjelaskan apa yang kurang dari RS-GP dan anak buahnya untuk membidik gelar juara…

3 Mei 2024

Maverick Vinales : Meski Ada Tawaran Bagus Saya Ingin Bertahan di Aprilia

RiderTua.com - Meskipun Ducati mendominasi MotoGP di awal musim 2024, Maverick Vinales dan Aprilia mampu bersaing dengan hasil yang sangat mengesankan.…

3 Mei 2024

Marc Marquez Menguji Rem Jempol untuk Pertama Kalinya

RiderTua.com - Marc Marquez mencoba rem jempol di stang kiri Ducati GP23 pada tes hari Senin di Jerez. Rider Gresini…

2 Mei 2024

Fabio Di Giannantonio : Teknologi di MotoGP Saat Ini Luar Biasa, Saya Menyukainya

RiderTua.com - Semakin dekat pengumuman mengenai peraturan baru MotoGP, semakin terbuka perdebatan tentang teknologi di masa depan. Fabio Di Giannantonio dengan…

2 Mei 2024

Johann Zarco : Bukan Drama, RC213V yang Baru Tidak Ada Kemajuan

RiderTua.com - Pada tes MotoGP hari Senin di Jerez, 4 pembalap Honda Joan Mir, Luca Marini, Takaaki Nakagami, dan Johann…

2 Mei 2024

Tesla Cybertruck akan Dikirim ke Indonesia Mulai Tahun Depan

RiderTua.com - Tesla telah memulai pengiriman Cybertruck di Amerika Serikat tahun lalu, meski untuk pasar global juga tengah dilakukan. Namun…

2 Mei 2024