Categories: Moto2MotoGP

Moto2 Membutuhkan Lebih Banyak Pabrikan Sasis?

RiderTua.com – Alfonso ‘Sito’ Pons adalah Juara Dunia 250cc tahun 1988 dan 1989 di Honda (sekarang setara Moto2). Setelah mengakhiri karir sebagai pembalap, pria berusia 63 tahun itu cemerlang sebagai pemilik tim balap. Dia memenangkan Kejuaraan Dunia Moto2 pada tahun 2013 bersama Pol Espargaro.. Memenangkan 31 kali di kelas menengah (250cc) sebagai bos tim. Dan meraih tidak kurang dari 13 kemenangan balap bersama timnya di kelas utama (500 cc dan MotoGP), termasuk kontribusi rider top seperti Criville, Puig, Checa, Barros, Capirossi dan Biaggi. Tim Pons juga berjaya di MotoE World Cup yang sudah ada sejak 2019 dan Jordi Torres menjadi juara 2020 dan 2021.

Pada tahun 2022, anak asuhnya Aron Canet memperebutkan gelar Moto2 di tim Flexbow HP 40. Meski gagal dalam kemenangan Moto2 pertamanya, dia mencatatkan 6 kali finis di posisi ke-2 dan peringkat 3 di kejuaraan dunia di belakang Augusto Fernandez dan Ai Ogura. Selain itu, Sito Pons berhasil memenangkan tiga balapan Kejuaraan Dunia Moto2 pada 2019 bersama Augusto Fernandez.

Moto2 Membutuhkan Lebih Banyak Pabrikan Sasis

Banyak yang terjadi di kelas Moto2. Pada 2019, Honda 600cc digantikan oleh Triumph’s 765cc triples dan pabrikan seperti KTM dan Suter mundur. Dengan Kalex dan Boscoscuro hanya tersisa 2 merek. Apakah itu cukup? “Saya tidak sepenuhnya senang dengan situasinya. Itu jelas. Kejuaraan berkembang dengan baik, it’s oke. Namun kami kesulitan membiayai tim dalam kelas yang berbeda dan menemukan anggaran yang diperlukan. Bahkan jika program TV dari balapan tersebut patut dicontoh, kami kehilangan peringkat awal yang tinggi di TV gratis di seluruh dunia,” jawab Sito Pons.

“Ini menempatkan kami pada posisi yang kurang menguntungkan karena kami membiayai 90 persen tim kami dengan pendapatan sponsor. Dan, tentu saja, negosiasi dengan sponsor menjadi lebih sulit karena rating TV di seluruh dunia turun.”

Ketertarikan juga akan meningkat jika pabrikan ternama dilibatkan. Namun tim KTM, Husqvarna, GASGAS, Honda dan Fantic Moto2 hanya menggunakan sasis Kalex. Kalex memiliki 26 sepeda motor di lintasan, ditambah hanya dua Boscoscuro. Pada 2010, sekitar sepuluh pabrikan ikut ambil bagian.

Pabrikan yang lebih terkenal pasti akan membantu. Ini akan meningkatkan minat pada kejuaraan. Seperti yang kita ketahui, pada tahun 2010 saya adalah bos tim pertama yang membawa Kalex ke Kejuaraan Dunia Moto2 sebagai pabrikan baru.

Awalnya kami tampil sebagai Kalex-Pons. Kami membantu Alex Baumgärtel dan Klaus Hirsekorn dengan pengembangan lebih lanjut. Ini telah menghasilkan kisah sukses besar bagi Kalex.

Alex Baumgartel dan Klaus Hirsekorn – Kalex MotoGP

Kalex kini telah memenangkan sepuluh gelar juara dunia pembalap berturut-turut. Itu cerita yang indah. Namun kenyataannya akan lebih baik untuk kelas kami jika empat atau lima pabrikan sasis lain ikut serta.

Karena Alex Baumgärtel awalnya mengatakan dia tidak bisa memasok lebih dari 14 pembalap. Saya tidak yakin apakah angka itu akurat, tetapi berada dalam kisaran itu. Masalah ini kini telah teratasi karena semakin banyak tim yang membeli dari Kalex. Hampir tidak ada pilihan lain. Masuk akal jika lebih banyak tim memilih Boscoscuro lagi. Itu akan meningkatkan level persaingan di kejuaraan.

Sangat disayangkan setelah musim 2021 NTS juga menghilang. Saya juga menyayangkan jika merek seperti Moriwaki mundur. Mereka memenangkan Kejuaraan Dunia Moto2 pertama pada tahun 2010 bersama Toni Elias. FTR, TSR, MotoBi, Suter dan lainnya juga hilang.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Honda Sulit Kompetitif : Part Baru di Portimao Tidak Banyak Membantu

RiderTua.com - Pekerjaan pengembangan Honda di MotoGP mengalami kesulitan. Seperti di Qatar, pada balapan akhir pekan Portugal, tidak banyak yang…

28 Maret 2024

Hyundai Siap Tingkatkan Produksi Mobil Listriknya di Indonesia

RiderTua.com - Penjualan mobil listrik Hyundai masih cukup bagus di Indonesia meski dengan kondisi pasarnya selama bulan lalu. Tapi setidaknya…

28 Maret 2024

Hyundai Kembali Menguji Palisade Facelift di Jalan

RiderTua.com - Hyundai mungkin memiliki divisi mobil mewahnya sendiri, yaitu Genesis. Tapi bukan berarti mereka hanya mengandalkan divisinya saja di…

28 Maret 2024

Alasan BMW Belum Umumkan Harga i5 di Indonesia

RiderTua.com - BMW telah meluncurkan i5 di Indonesia sebagai model baru untuk menambah lebih banyak line-up mobil ramah lingkungannya. Mobil…

28 Maret 2024

Mobil Baru Mercedes-Benz yang akan Diluncurkan di Indonesia Tahun Ini

RiderTua.com - Mercedes-Benz telah meluncurkan dua mobil baru di Indonesia, yaitu GLA Facelift dan GLE model terbaru. Meskipun begitu, mereka…

28 Maret 2024

Hyundai Umumkan Recall Mobil Listriknya, Indonesia Termasuk?

RiderTua.com - Sebelumnya Hyundai mengumumkan penarikan ratusan ribu unit mobil listriknya di Korea Selatan setelah ditemukan adanya cacat produksi. Tidak…

28 Maret 2024