Categories: MotoGP

Sekilas Peraturan Baru Tes MotoGP untuk 2023

RiderTua.com – Komisi Grand Prix menyesuaikan peraturan tes untuk semua kelas Kejuaraan Dunia MotoGP tahun ini. Karena jumlah balapan akhir pekan meningkat (musim 2023 akan menjadi 21 balapan untuk pertama kalinya), tes akan dipersingkat. Berkenaan dengan musim 2023, perubahan ini berlaku usai final musim 2022 di Valencia. Aturan baru juga menjelaskan, mengapa tim Liqui Moly Husqvarna Intact hanya menjalani tes bersama Darryn Binder pada November.

Sekilas Peraturan Baru Tes MotoGP untuk 2023

Di kelas kecil, tes pribadi sangat terpengaruh. Bukannya 7 hari, pembalap Moto2 dan Moto3 hanya diberi kesempatan 4 hari pengujian, antara satu hari di akhir musim dan musim berikutnya. Pengecualian dibuat untuk pemula dari kedua kelas. Usai balapan terakhir musim, pendatang baru dapat menguji tanpa batas hingga 30 November.

Hal ini sudah terjadi tahun ini misalnya Darryn Binder yang pindah ke Kalex tim Liqui Moly Husqvarna Intact GP setelah berakhir musim MotoGP-nya. Pembalap asal Afrika Selatan itu melakukan tes di Valencia dan Jerez pada November. Rekan setimnya Lukas Tulovic menyelesaikan musim Kejuaraan Dunia Moto2 lengkap pada 2019, itulah sebabnya pembatasan tes berlaku untuk juara seri Eropa tersebut.

Pengecualian juga dibuat untuk ‘tim konsesi’ yang baru diperkenalkan di Kejuaraan Dunia Moto2. Pabrikan sasis yang belum mencapai 6 poin konsesi dalam 2 tahun terakhir, masih bisa menjalani tes pribadi selama 7 hari.

Sistem poin bekerja seperti di kelas MotoGP. Ada 3 poin untuk menang, 2 poin untuk juara 2 dan 1 poin untuk juara 3. Dengan demikian, MV Agusta termasuk dalam kategori ini.

Seperti sebelumnya, akan ada tes IRTA selama 3 hari untuk Moto2 dan Moto3 sebelum dimulainya musim, yang akan berlangsung di Portimao mulai dari 17 hingga 19 Maret 2023. Ada juga tes resmi selama 2 hari usai GP Spanyol pada 2 Mei di Jerez dan setelah GP Inggris pada 7 Agustus di Silverstone.

Tes Kelas MotoGP

Jumlah tes juga akan semakin dikurangi di kelas premier. Program untuk musim 2023 adalah sebagai berikut:

  • Tes selama 1 hari usai balapan akhir pekan terakhir musim ini di trek yang sama pada akhir musim, seperti yang terjadi di Valencia pada 8 November 2022.
  • Tes shakedown selama 3 hari sebelum tes resmi pertama yang hanya diperuntukkan bagi tes rider dan rookie MotoGP digelar 5-7 Februari 2023 di Sepang.
  • Tes resmi selama 3 hari usai jeda musim dingin dan sebelum balapan pertama musim ini pada 10-12 Februari 2023 di Sepang.
  • Tes resmi selama 2 hari setelah jeda musim dingin dan sebelum balapan pertama musim ini pada 11 dan 12 Maret di Portimao.
  • Dua kali tes selama 1 hari pada hari Senin atau Selasa usai balapan akhir pekan dengan trek dan tanggal yang akan disepakati antara tim dan Dorna/IRTA. Pada 2023, pilihan jatuh pada Jerez (1 Mei) dan Misano (11 September).

Tags: motogp
Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Pecco Bagnaia : Banyak Data Membantu Menyelesaikan Masalah Ducati, Tapi Selalu Sulit Diprediksi

RiderTua.com - Balapan pembuka musim di Qatar berjalan luar biasa bagi Pecco Bagnaia. Sang juara bertahan itu sukses memenangkan Grand…

6 Mei 2024

Valentino Rossi : Pecco Marah Terhadap Pembalap yang Balapan Tanpa Memikirkan Rider Lain

RiderTua.com - Valentino Rossi mengungkap kemarahan muridnya Pecco Bagnaia di GP Spanyol. Meskipun rider pabrikan Ducati itu merayakan kemenangan pada…

6 Mei 2024

Gigi Dall’Igna Diperingatkan, Jika Tidak Segera Mengumumkan Duo Pabrikan Ducati 2025 Maka akan Jadi Bumerang

RiderTua.com - Selaku bos balap Ducati Corse, keputusan mengenai line-up pembalap tim pabrikan berada di tangan Gigi Dall’Igna. Namun Neil…

6 Mei 2024

Marc Marquez Berhasil Mengalahkan Alex Marquez

RiderTua.com - Suasana di garaasi tim Gresini bagus, tapi kedua bersaudara itu tetap harus saling bersaing dan mengalahkan.. Meskipun Marc…

6 Mei 2024

Logo MotoGP Akan Berubah Mulai Tahun 2025.. Ada yang Suka dan Tidak!

RiderTua.com - Logo baru MotoGP akan berubah mulai tahun 2025 meskipun dikatakan tidak akan menyenangkan semua orang, ada apa?.. Yang…

6 Mei 2024

Alex Rins Ingin Tetap Bertahan di Yamaha Meski Banyak Masalah

RiderTua.com - Alex Rins mengaku banyak pekerjaan yang harus dikerjakan di Yamaha.. Namun dia berkomitmen untuk tetap bertahan di masa…

6 Mei 2024