BMW i4 dan iX Masih Belum Bisa Dirakit Lokal?

RiderTua.com – BMW sudah mulai menjual dua mobil listriknya di Indonesia tahun ini. Model yang terdiri dari i4 dan iX tersebut masih didatangkan langsung dari luar negeri, tepatnya dari Jerman. BMW masih belum bisa merakit kedua mobil listriknya tersebut karena sejumlah pertimbangan. Seperti pabrik produksinya masih dilakukan di kampung halamannya, tidak seperti model lainnya.

Baca juga: BMW 3 Series 2023 Mendarat di Indonesia, Lebih Bergaya!

BMW Masih Belum Bisa Merakit Lokal iX dan i4

Penjualan i4 dan iX baru saja dimulai, tapi sudah ada pertimbangan untuk merakitnya secara lokal. Memang sejauh ini baru ada dua model EV yang dirakit dan dijual di Indonesia, seperti Hyundai Ioniq 5 dan Wuling Air EV. Keduanya juga laris manis di pasarnya, dengan ribuan unit dapat terjual selama sebulan.

Sementara itu, BMW baru mendatangkan i4 dan iX di Tanah Air, itupun unitnya masih didatangkan dari Jerman seperti model lainnya. Padahal BMW memiliki pabrik produksinya sendiri disini, walau baru segelintir model yang bisa dirakit. Untuk bisa merakit i4 dan iX secara lokal tentu tidak semudah yang dibayangkan.

(BMW Group PressClub)

Fokus ke Model yang Sudah Ada

Memang untuk menyiapkan tempat produksi mobil listrik tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Semuanya membutuhkan sejumlah persiapan, termasuk dalam mendapatkan komponen mobil EV seperti baterai dan motor listriknya. Apalagi sejauh ini tempat produksi i4 dan iX baru ada satu di dunia, itupun di kampung halamannya sendiri.

Walau demikian, BMW masih menghadirkan model rakitan lokalnya meskipun bukan i4 maupun iX. Tapi setidaknya mereka dapat fokus ke model yang sudah ada dan masih terjual cukup laris di segmennya. Selain itu, BMW dapat mendorong elektrifikasi mobilnya di Indonesia ketika produsen lainnya sudah melakukannya lebih dulu.

Selain i4 dan iX, BMW juga menjual Mini Electric. Walau angka penjualannya belum setara dengan model Mini lainnya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Archives