Capek Keok Melulu, Jonathan Rea Tunggu ‘Kilikan Sakti’ Kawasaki Ninja Terbaru

RiderTua.com – Terbiasa dengan dominasi dan kemenangan, Kawasaki jelas tertekan untuk mengembalikan kekuasaannya.. Pabrikan Jepang itu harus memberikan jaminan kepada Juara Dunia Superbike dan pemecah rekor Jonathan Rea sebelum dia memperpanjang kontraknya hingga akhir 2024. Melihat pengembangan Ducati, berapa banyak peningkatan untuk Ninja ZX-10RR tahun depan? Yang pasti ‘Geng Ijo’ harus mendaftarkan kembali model barunya, karena yang saat ini memiliki putaran mesin di angka 14.600 rpm. Sementara rivalnya: Ducati Panigale V4R 16.100 rpm, Honda CBR1000RR-R 15.600 rpm, BMW M1000RR 15.500 rpm, Yamaha R1 14.950 rpm.

Jelas Rea menantikan ‘kilikan sakti’ atau racikan mesin terbaru dari para insinyur Kawasaki, bukan hanya top speed, namun keseluruhan paket seperti sasis, kelincahan, aerodinamika, cengkeraman mekanis, dan elektronik untuk jabanin ‘roket merah’..

Sebelum kontrak Jonathan Rea dengan Kawasaki Heavy Industries diperpanjang dua tahun lagi hingga akhir musim 2024 pada 19 Juli 2022, ada beberapa pembicaraan di antara para pihak terkait. Pembalap berusia 35 tahun itu ingin melanjutkan dan masih haus akan kesuksesan. Pertanyaan terpenting bagi Rea adalah bagaimana pengembangan Kawasaki di tahun-tahun mendatang.

Kawasaki mengumumkan perbaikan untuk ZX-10RR. Di mana hal ini sudah bocor dari Jepang pada Agustus.. akan ada model homologasi baru untuk tahun depan, diikuti motor baru pada 2024.

Yang terbaru, Kawasaki menghadirkan model homologasi baru di tahun 2021 yang mesinnya bisa berkitir pada 15.100 rpm. Namun karena asosiasi motor dunia FIM tidak mengklasifikasikan ZX-10RR ini sebagai baru, semua mesin Kawasaki di Kejuaraan Dunia Superbike saat ini hanya diperbolehkan berputar maksimal di angka 14.600 rpm.

Ini menempatkan Kawasaki jauh di belakang pesaingnya: Ducati Panigale V4R saat ini memiliki kecepatan maksimum di putaran 16.100 rpm, Honda CBR1000RR-R 15.600 rpm, BMW M1000RR 15.500 rpm, dan Yamaha R1 14.950 rpm.

Agar lolos dengan mesin baru mereka harus menciptakan kejelasan tentang apa yang dimaksud dengan mesin baru, definisi yang tepat telah dimasukkan dalam peraturan teknis sejak tahun ini. Jadi para insinyur Kawasaki tahu internal apa yang harus diubah dan bagaimana FIM mengklasifikasikan mesin sebagai baru. Karena hanya dengan model homologasi baru yang akan mendapat reklasifikasi dengan kecepatan maksimal.

Di awal musim 2021 Kawasaki tidak mendapatkan batas putaran yang lebih tinggi, karena pabrikan Jepang itu banyak bekerja pada sasis, kelincahan, aerodinamika, cengkeraman mekanis, dan elektronik agar dapat mengikuti persaingan yang kuat.

Namun, modifikasi tersebut tidak mampu menyelesaikan masalah power mesin yang tidak mencukupi dan akselerasi yang tidak memadai dibandingkan dengan Ducati yang akhirnya menjadi juara dunia dengan Alvaro Bautista.

Masa Depan Rea Ditentukan Perfroam Motor?

Setelah kekalahan beruntun dari Razgatlioglu (Yamaha) dan Bautista, Rea tidak akan memperbarui kontraknya dengan Kawasaki untuk dua tahun lagi jika tidak ada jaminan dia akan diberikan paket yang jauh lebih bertenaga untuk tahun 2023.

Tes musim dingin pertama pada awal Desember akan digelar di Jerez, kemudian kembalinya Kawasaki Tom Sykes dari tim Puccetti juga akan ada di sana. Sejauh ini, belum ada manajer Kawasaki yang bisa memberi tahu apa yang baru tentang ZX-10RR pada tes pertama tersebut.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Archives