Seperti Danilo Petrucci di MotoAmerica, Toprak Lebih Baik Tetap di WSBK

RiderTua.com – Di tahun 2023, Danilo Petrucci memiliki peluang membalap di World Superbike dan MotoAmerica. Namun Direktur olahraga Ducati Paolo Ciabatti lebih mengarahkannya ke seri Amerika, meskipun menyerahkan keputusan kepada rider berusia 32 tahun itu. Seperti diketahui, tim Barni Ducati akan memperebutkan Kejuaraan Dunia Superbike 2023 bersama Xavi Fores. “Itu tergantung pada apa yang diinginkan Ducati. Mereka memiliki Danilo Petrucci dan mereka harus menempatkannya di suatu tempat. Itu bukan kapasitas saya, saya tidak bisa mempengaruhi keputusan,” tegas Barni.

Hal yang sama terjadi di Yamaha dengan Toprak Razgatlıoğlu yang seharusnya tidak berpindah ke MotoGP dulu. Karena hanya R1 Toprak yang sanggup membendung kedahsyatan speed Ducati Panigale dan Kawasaki Ninja. Dengan hilangnya Toprak di WSBK dan belum tentu langsung gacor di MotoGP, Yamaha akan lemah di kedua kategori MotoGP maupun WSBK.. Meskipun Toprak punya potensi sangat kuat di MotoGP tetap butuh waktu adaptasi..

BTW, Petrucci menjadi runner-up di seri AS MotoAmerica tahun ini dan kalah dari Jake Gagne (Yamaha). Ducati menawarkan Danilo dua opsi untuk tahun depan. Dia dapat melanjutkan dengan Tim Warhorse HSBK di Amerika dan kembali bertarung untuk meraih gelar di sana, atau pindah ke Barni Racing di Kejuaraan Dunia Superbike.

Paolo Ciabatti: Superbike? Kami Butuh Danilo Petrucci di MotoAmerica

Barni Ducati dan Petrucci memenangkan Italian Superstock Championship bersama-sama, dan pada tahun 2011 mereka menempati posisi ke-2 di FIM Superstock 1000 Cup. Danilo kemudian pindah ke Kejuaraan Dunia MotoGP, di mana dia membalap hingga akhir 2021, 2 kali menang dan naik podium 10 kali.

“Barni dan Danilo telah berteman selama bertahun-tahun. Tapi Danilo, manajernya Alberto Vergani dan Barni juga tahu bahwa di Superbike kami sudah memiliki Bautista, Rinaldi dan Bassani, semuanya bisa menang atau naik podium. Apakah kita membutuhkan pembalap lain yang bisa melakukannya dengan baik, yang bisa menunjukkan bahwa Ducati itu kompetitif? Tidak!” kata direktur olahraga Ducati Paolo Ciabatti.

“Sebaliknya, di kejuaraan lain kami membutuhkan Danilo, kami tidak punya penggantinya di sana. Di mana kita lebih membutuhkannya tahun depan di Amerika. Yang memutuskan bukan Ducati, tapi Danilo. Kami hanya menawarkan, apa yang bisa kami lakukan untuknya di Amerika. Dia mendapat tawaran dari tim dan mungkin juga dari Barni. Jika kami mengungkapkan keinginan, kami ingin dia membalap di Amerika,” tegasnya.

Selain itu, Petrucci dapat memperoleh lebih banyak uang secara signifikan di Amerika ketimbang di Kejuaraan Dunia Superbike. Ciabatti menegaskan, “Tim di sana sangat kuat. Grup Warhorse dimiliki oleh keluarga asal Pennsylvania keturunan Italia, yang antara lain memiliki sejumlah toko sepeda motor termasuk Ducati New York dan beberapa dealer Harley-Davidson. Mereka adalah pebisnis sejati. Mereka ikut balapan karena dapat membantu meningkatkan penjualan motor dan suku cadang.”

“Mereka memiliki dedikasi tetapi berorientasi pada bisnis. Uang yang bisa dia peroleh di Amerika tidak bisa dibandingkan dengan apa yang akan dia dapatkan di Kejuaraan Dunia Superbike. Di sisi lain, trek balap di Kejuaraan Dunia lebih aman yang juga penting bagi Danilo. Dan balapan di Amerika, itu artinya kita menghabiskan banyak waktu di sana. Kita bisa terbang bolak-balik, tapi itu tidak ideal. Kami akan mendapatkan gambaran yang lebih jelas akhir minggu ini. Feeling saya, dia akan memilih membalap di Amerika,” pungkas bos asal Italia itu.

Kapan Toprak ke MotoGP?

Kapan Toprak bisa pindah adalah ketika pembalap kedua Yamaha WSBK bisa mengimbangi dan sering podium.. Karena pembalap kedua WSBK Yamaha saat ini cukup jauh peringkatnya dibanding Toprak .. Andrea Locatelli berada di peringkat 5 dunia dengan 245 poin, sementara Toprak di peringkat dua dunia dengan 487 poin atau selisih 242 poin..!!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page

%d bloggers like this: