Aston Martin AMB 001 Pro, Hyperbike Bertenaga Buas!

RiderTua.com – Aston Martin mungkin dikenal sebagai produsen mobil super asal Inggris. Tapi nyatanya mereka juga bisa membuat sepeda motor, seperti AMB 001 yang terkenal itu. Aston Martin kembali mengenalkan AMB 001, kali ini dalam varian Pro di pameran EICMA 2022. Karena memiliki tenaga yang buas, hyperbike tersebut hanya diproduksi 88 unit saja.

Baca juga: Aston Martin Mulai Fokus ke Mobil Ramah Lingkungan

Aston Martin AMB 001 Pro Tampil di EICMA 2022

Melihat dari desain motor yang satu ini, AMB 001 Pro tampil cukup berbeda dari motor sport kebanyakan. Modelnya yang begitu minimalis tapi dapat memberikannya aerodinamika lebih bagi motor. Sehingga model ini sanggup dibawa melaju kencang di lintasan sirkuit.

Perlu diketahui kalau AMB 001 Pro didesain sebagai motor track only, artinya hanya bisa dikendarai di lintasan sirkuit saja. Ini bisa terlihat dari absennya sistem penerangan seperti lampu utama hingga sein, serta kaca spion seperti motor umumnya. Tapi model ini juga bisa menjadi motor koleksi bagi para kolektor yang hanya ingin memajangnya dan tidak perlu dikendarai di jalan raya.

(Top Gear)

Motor Edisi Terbatas

Untuk memudahkannya melaju lebih cepat, Aston Martin membuat AMB 001 Pro dengan bahan serat karbon hingga aluminium billet padat. Dengan semua ini, bobot motor hanya seberat 175 kg saja, cukup ringan untuk ukuran motor bergaya sport. Walau banyak yang menyebutnya sebagai superbike, Aston Martin lebih menganggapnya sebagai hyperbike.

Model ini mengandalkan mesin 1.000 cc Supercharged DOHC V-Twin bertenaga 225 hp, lebih bertenaga dari model lamanya. Tentu ini dapat memberikan performa lebih maksimal, sehingga bisa dibawa kebut-kebutan di lintasan sirkuit. Sistem pengeremannya mengandalkan rem cakram, masing-masing cakram ganda depan dan cakram tunggal belakang.

Sebagai motor berkualitas tinggi, Aston Martin hanya menyediakan 88 unit AMB 001 Pro untuk pasar global. Harganya sendiri belum diumumkan, atau sengaja tidak diumumkan kepada publik karena berupa motor edisi terbatas.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page

%d bloggers like this: