Categories: MotoGP

Herve Poncharal: Augusto Fernandez Bak Seorang ‘Hercules’

RiderTua.com – Augusto Fernandez membuat debut yang menjanjikan di MotoGP pada tes di Sirkuit Ricardo-Tormo. Pemilik tim Tech3 Herve Poncharal mengatakan, “Di bulan Agustus, kami tidak tahu apa yang diharapkan pada hari pertama dengan GASGAS RC16. Saya harus mengatakan, Augusto melakukan upaya luar biasa dan berusaha sangat keras. Di pagi hari dia masih tertinggal 3,3 detik, lalu terpaut 2,4 detik di siang hari dan akhirnya memperkecil jarak menjadi 1,6 detik. Itu luar biasa dan catatan waktu yang layak. Augusto memulai tes dengan hati-hati dan meningkat di setiap lap.”

Meski baru pertama jajal motor 1000cc, dia tidak membuat satu pun kesalahan dan dia cukup fokus sebagai pemula, bagai Hercules. Karena Augusto Fernandez akan menjadi satu-satunya rookie yang bersaing pada tahun 2023, dia pasti akan menyabet Rookie of the Year Award, seperti Tito Rabat pada tahun 2016.

Herve Poncharal: Augusto Fernandez Bak Seorang ‘Hercules’

Herve Poncharal menambahkan, “Selasa pagi Augusto berulang kali mencoba beberapa sistem yang baru baginya selama 2 lap. Mulai dari kontrol traksi, rear ride height device hingga perangkat holeshot. Untuk melakukan ini, dia harus terbiasa dengan rem karbon, power mesin yang dua kali lebih besar dan ban Michelin. Sebuah tugas untuk ‘Hercules’. Meski demikian, dia tidak membuat satu pun kesalahan dan dia cukup fokus sebagai pemula.”

Bos tim asal Prancis itu sangat senang karena semua insinyur dari Pierer Mobility-AG (beberapa di antaranya masih mengenakan baju KTM Red Bull) dan dari WP Suspension membuat atmosfer di pit yang sama sekali berbeda sejak hari Minggu.

Poncharal tidak mau berbicara tentang masa lalu yang suram bersama Remy Gardner dan Raul Fernandez. “Kini semuanya berbeda,” tegasnya, yang akan berhenti sebagai pemimpin tim tahun depan dan digantikan oleh kepala kru sebelumnya Nicolas Goyon dan putrinya Mathilde.

Poncharal telah mengalami 2 tahun di MotoGP yang sulit dengan KTM bersama Danilo Petrucci dan Iker Lecuona serta Gardner dan Fernandez, tetapi dia menikmati bekerja sama dengan bos perusahaan Stefan Pierer, anggota dewan Hubert Trunkenpolz dan direktur motorsport Pit Beirer.

“Kita telah beberapa kali ke motorhome Pol Espargaro selama balapan akhir pekan untuk berbicara. Bahkan Hubert dan Pit tetap tinggal di Valencia untuk mendampingi tim saat tes. Tidak ada pabrikan motor lain, di mana bos sangat memperhatikan semua detail. Bahkan dengan Ducati dan Aprilia, dukungan pemilik tidak begitu kuat. Kapan terakhir kali bos Piaggio Group Roberto Colaninno hadir di balapan?” imbuh Poncharal.

BTW, tahun depan, Herve harus mengganti pakaian timnya sekitar 6 kali sehari. Karena merek dan sponsor di kelas Moto3 (Red Bull KTM), MotoGP (GASGAS Factory Racing) dan MotoE berbeda di ketiga seri.

Sekarang Poncharal menjalani liburan musim dingin, tapi pada saat yang sama dia harus mempersiapkan untuk tes MotoGP berikutnya di Malaysia pada awal Februari.

“Saya tidak mengatakan bahwa semuanya akan mudah di musim mendatang. Saya tidak mengatakan bahwa kami tidak akan mengalami kesulitan. Karena mungkin ada kemunduran lagi dan lagi di mana pun.”

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Jack Miller Mengakui Sulit Melawan Acosta, Kaget dengan Gaya Balapnya dan Ingin Belajar dari Rookie MotoGP Itu?

RiderTua.com - Jack Miller mengakui bahwa tidak ada peluang melawan Acosta, pembalap Australia itu terkesan dengan rookie GasGas di Portimao..…

29 Maret 2024

Hyundai Dapat Mengekspor Ioniq 5 N Rakitan Lokal?

RiderTua.com - Dengan Hyundai yang telah meluncurkan Ioniq 5 N di Korea Selatan, model ini akan dihadirkan di negara lainnya.…

29 Maret 2024

Kia EV9 Raih Gelar World Car of the Year Tahun 2024

RiderTua.com - Produk dari Kia sudah tidak bisa diragukan lagi soal kualitasnya. Terlebih dengan model BEV yang dijualnya sejauh ini,…

29 Maret 2024

Hyundai Ioniq 5 Mendapatkan Varian N Lebih Dulu Dari Ioniq 6

RiderTua.com - Hyundai telah meluncurkan Ioniq 5 N sebagai mobil listrik berperforma tinggi pertama dari divisi mobil sport N. Model…

29 Maret 2024

Hyundai Belum Memutuskan Harga Kona EV Terbaru

RiderTua.com - Hyundai Kona Electric generasi terbaru telah dihadirkan di Indonesia, hanya saja harga jualnya tidak ikut diumumkan. Meski mereka…

29 Maret 2024

Honda akan Merilis Lebih Banyak Mobil HEV?

RiderTua.com - Honda baru memiliki dua mobil hybrid yang dijual di Indonesia, yaitu CR-V dan Accord e:HEV. Meskipun dijual dengan…

29 Maret 2024