Categories: MotoGP

Marc Marquez Gembira, Honda Menangis Bahagia!

RiderTua.com – Marc Marquez telah kembali menjadi pusat perhatian dan bisa membuat Honda lega, meski bagaimanapun dia terus kehilangan podium selama 15 seri. Dengan mampu meraih pole dan finish P-4 Marc terlihat gembira, dan tentunya Honda kini bahagia.. Selama akhir pekan race MotoGP di Motegi, juara dunia 8 kali dari Cervera tersebut mencapai posisi terdepan (pole position) setelah tiga tahun dan menempati posisi ke-4 setelah balapan, dengan serangan kemenangan di akhir balap melawan pembalap KTM Miguel Oliveira. Berita terbaik dari pit pembalap nomor 93 tersebut yaitu lengan kanannya yang terus membaik, setelah sesi di trek tidak terasa sakit, walau hanya merasa kelelahan.

Terlepas dari segalanya, dia adalah pembalap terbaik dari tim sayap emas, 7 detik di belakang pemenang balapan, Jack Miller. Sebagai perbandingan, Pol Espargaro finis ke-12 dengan selisih 17 detik, Alex Marquez ke-13, dan Taka Nakagami terakhir dengan kalah 43 detik.

Setelah kekacauan di Aragon, Marquez kembali bersinar di garasi HRC. Hasilnya menanamkan kepercayaan diri, meskipun dirusak oleh layout yang menutupi kelemahan utama motor RC213V ketika masuk ke tikungan dan melakukan pengereman. “Saya ingin langsung menyerang dari awal, tapi saya punya masalah kecil di lap pertama,” kata juara dunia delapan kali tersebut.

“Ada banyak pembalap yang menyalipku, lalu saya mengubah pemetaan, masalah kemudian terpecahkan dan saya menyelesaikan balapan dengan pikiran yang tenang.” Secara fisik dia belum pulih 100% tetapi sudah mendekati kondisi optimal, yang seharusnya bisa dicapai selama musim dingin, menurut perkiraan para dokter.

“Saya bisa membalap seperti yang saya inginkan hanya untuk satu lap. Tapi ketika harus mengendalikan kejadian tak terduga atau mengubah arah, saya masih menghadapi beberapa kesulitan. Saya masih bisa memperbaikinya dan meningkatkannya. Kami tidak boleh lupa bahwa ini baru balapan kedua setelah saya kembali.”

Staminanya mulai meningkat, dan lawannya harus mulai hati-hati. Lap terbaiknya adalah lap ke-4, dengan 1’45”9, tetapi pada lap ke-17, dia masih membukukan lap di 1’46”0 dan di lap 19 pada 1’49”1.

“Saya sangat senang karena saya tidak merasa rasa sakit sepanjang balapan.. Memang benar hujan pada Sabtu lalu banyak membantuku untuk menghemat tenaga dan start dari pole position. Kami juga harus tetap tenang karena sirkuit ini tidak terlalu berdampak pada titik lemah motor kami. Inilah mengapa saya bisa melaju cepat dari FP1, meskipun saya membalap persis dengan motor yang sama dengan di Aragon, tapi disini kami lebih dekat dengan yang lain. Jika balapan dalam kondisi yang normal (tidak ada hujan) saya akan finis di posisi 7, 8 atau 9.”

Di garasi Honda, mereka hampir menangis bahagia ketika pembalap bertalenta asal Cervera tersebut berhasil mendapatkan pole dan kembali ke pit lane setelah menempati posisi ke-4 di seri Motegi. “Kebahagiaan harus menjadi yang pertama dan terpenting baginya, karena dia telah melewati saat-saat sulit,” kata Puig..

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Honda Catatkan Hasil Penjualan Mobil yang Bagus Bulan Lalu

RiderTua.com - Honda mungkin juga mengalami perlambatan penjualan mobil di Indonesia sepanjang kuartal pertama tahun ini. Tapi setidaknya hasil yang…

23 April 2024

BYD akan Merilis Pikap D-Cab Terbarunya Minggu Ini

RiderTua.com - BYD telah dikenal dengan mobil listriknya di pasar global, dari hatchback, sedan, sampai SUV telah dijualnya. Namun hanya…

23 April 2024

Chery akan Hadirkan MPV Terbaru Melalui Exeed

RiderTua.com - Chery memang dikenal dengan sejumlah model yang dijualnya di pasar. Meski mereka juga memiliki merek mobil lainnya, salah…

23 April 2024

5 Tim MotoGP Ini Bisa Mengalami Perubahan Besar di 2025

RiderTua.com - Dengan hanya 6 pembalap yang dipastikan berada di grid MotoGP 2025 sejauh ini dan 3 tim satelit yang…

23 April 2024

Toyota Avanza Masih Pimpin Segmen LMPV Meski Penjualan Menurun

RiderTua.com - Toyota masih membuktikan sebagai pemimpin penjualan mobil di Indonesia. Tak terkecuali di segmen low MPV, dimana Avanza tetap…

23 April 2024

Lorenzo Savadori, Stefan Bradl dan Dani Pedrosa Tampil dengan Wild Card di GP Jerez

RiderTua.com - Jumlah grid MotoGP akan bertambah menjadi 25 dengan kehadiran 3 pembalap wild card di Jerez akhir pekan ini.…

23 April 2024